Obat Antibiotik

Sebenarnya, ada banyak sekali jenis obat antibiotik yang tidak hanya membingungkan pasien tetapi juga para dokter. Agar tidak salah membeli, ada beberapa jenis obat yang banyak di gunakan masyarakat di dunia dan paling populer. Merk obat ini bisa jadi alternatifmu jika mau membeli sendiri di apotik. Tapi yang perlu diingat, jangan sembarangan beli atau terlalu sering mengkonsumsinya.

Obat Antibiotik

Jenis Obat Antibiotik Paling Sering Digunakan

Pemilihan obat antibiotik tidak boleh sembarangan. Wajarnya, obat harus cocok dengan kuman penyebab infeksi atau sakit dan harus mulai dari dosis yang paling rendah dan jenis paling sederhana. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, lebih baik konsultasi ke dokter atau apoteker dulu sebelum membeli obat. Berikut ini adalah obat antibiotik yang paling populer dan sering digunakan di dunia.

1. Amoxicillin

Obat terpopuler pertama yaitu amoxicillin. Obat ini merupakan jenis obat dari kelas penisilin. Lebih spesifik lagi termasuk kelompok aminopenicillin serta obat populer lainnya seperti ampisilin. Amoxicillin gunanya sangat luas mulai dari perawatan infeksi kulit, gigi, telinga, saluran pernafasan, dan saluran kemih.

Obat Antibiotik
2. Tetracycline

Obat ini merupakan obat yang terkenal diantara kalangan pekerja seks. Obat tetracycline merupakan pilihan utama yang sering digunakan mereka karena fungsinya untuk untuk mengobati infeksi kelamin seperti chlamydia atau kencing nanah. Karena sudah mulai di salah gunakan, penggunaan antibiotik jenis ini mulai dibatasi.

Jika mengkonsumsi terus-menerus, ditakutkan akan memicu masalah resistensi yang membuat kuman kencing nanah jadi kebal terhadap antibiotik. Jika hal itu terjadi, maka akan semakin repot untuk penyembuhan seseorang jika terlanjur kebal terhadap kuman infeksi ini.

Obat Antibiotik

3. Cefadroxil

Obat ketiga yaitu Cefadroxil. Obat ini merupakan generasi pertama antibiotik tipe Cephalosporin yang bekerja sama dengan Amoxicillin dan obat lain di kelas penisilin. Obat ini bisa mengatasi berbagai jenis infeksi seperti infeksi saluran kemih, ginjal, penyakit tulang, kandungan, dll. Cefadroxil bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri.

Gunakanlah antibiotik sesuai yang dibutuhkan karena Cefadroxil termasuk obat keras. Oleh karena itu, selalu ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker. Jika, penggunaan cefadroxil yang berlebihan atau tidak diperlukan, maka akan mengurangi efektivitas dan membangun kekebalan pada obat tersebut.

Cefadroxil

4. Erythromycin

Selanjutnya adalah obat Erythromycin. Obat ini sering diberikan kepada pasien yang alergi terhadap penisilin dan termasuk kelompok macrolide. Penggunaan dan fungsinya lebih luas daripada penicillin atau sefalosporin. Obat ini berguna untuk pengobatan sejumlah infeksi bakteri termasuk infeksi saluran pernafasan, infeksi kulit, infeksi klamidia, penyakit radang panggul, dan sifilis.

Obat Antibiotik

5. Ciprofloxacin

Obat terakhir yang paling banyak digunakan adalah Ciprofloxacin. Ciprofloxacin adalah jenis antibiotik fluoroquinolone, salah satu jenis obat paling canggih saat ini. Obat ini digunakan untuk mengobati sejumlah infeksi bakteri termasuk infeksi saluran kemih, infeksi pernapasan (sinusitis, pneumonia, bronkitis), dan juga infeksi kulit. Perhatikan selalu dosis yang harus dikonsumsi karena semua jenis obat pasti ada efek sampingnya.

Ciprofloxacin
Kesimpulan

Ada beberapa jenis obat antibiotik yang banyak di gunakan masyarakat di dunia dan paling populer. Pemilihan dan konsumsi obat tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan yang diresepkan dokter. Jika tidak, bakteri yang menyebabkan infeksi bisa mengganggu kesehatan dan jadi kebal atau resistan.

Obat Antibiotik

Scroll to top