Asuransi Jiwa Perorangan Yang Harus Kamu Tahu

Masyarakat modern sekarang sudah mempertimbangkan untuk menggunakan asuransi. Memang banyak jenis-jenis asuransi. Kali ini aku akan bahas asuransi jiwa perorangan yang harus kamu tahu bagi kamu yang ingin menerapkan asuransi tersebut. Pemilik polis asuransi jiwa perorangan biasanya adalah orang yang membayar premi dan satu-satunya orang yang dapat membuat perubahan pada kebijakan yang telah dibuat. Sebenarnya ada beberapa cara untuk membayar premi. Premi merupakan jumlah uang yang harus kamu bayarkan untuk membeli polis asuransi jiwa tersebut, seperti pembayaran sekaligus atau serangkaian pembayaran angsuran.

Asuransi Jiwa Perorangan Yang Harus Kamu Tahu
Asuransi Jiwa Perorangan

Asuransi Jiwa Perorangan

Asuransi jiwa perorangan merupakan produk asuransi jiwa yang dipasarkan secara individual oleh perusahaan asuransi. Karena proses pemasaran secara individual atau langsung kecalon yang akan diasuransikan, maka proses seleksi dari calon tersebut juga secara individual. Ini yang menyebabkan tarif preminya menjadi lebih mahal. Asuransi jiwa perorangan juga lebih mahal daripada asuransi jiwa kelompok karena risiko lebih terkonsentrasi hanya pada satu orang. Ini memungkinkan pemegang polis untuk memilih cakupan lebih sesuai yang mereka inginkan.

Walau premi yang harus dibayar lebih mahal, jumlah premi asuransi perorangan juga sangat bervariasi. Hal ini disebabkan karena perbedaan kondisi dan karakteristik masing-masing calon yang akan diasuransikan. Oleh karena itu, walau beberapa kebijakan dipublikasikan kepada individu yang memiliki usia yang sama, periode waktu yang sama, dan uang pertanggungan asuransi sama, jumlah premi bisa berbeda. Jumlah premi asuransi setiap orang dapat berbeda karena kondisi kesehatan atau hobinya yang berbeda.

Sebagai contoh jika orang yang akan diasuransikan menderita penyakit tertentu yang bisa mengancam pada harapan hidupnya, maka dia akan dikenakan tarif premi yang lebih tinggi daripada biaya premi yang diterapkan pada orang yang sehat. Selain itu untuk orang yang punya hobi olahraga ekstrem seperti parasut atau lainnya akan dikenakan tarif premi lebih tinggi juga daripada seseorang yang hanya memiliki hobi bermain musik. Ini dikarenakan faktor resiko orang punya hobi ektrem lebih tinggi. Maka biaya premi tergantung kondisi orang tersebut.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment