Tips Cara Melembabkan Kulit Kering Yang Efektif

Banyak orang berjuang mengatasi kulit kering yang dehidrasi. Kulit kering cenderung gatal, menjengkelkan, dan dapat membuat garis-garis halus dan kerutan lebih terlihat. Untuk mengatasi kondisi ini, ada beberapa tips dan cara melembabkan kulit kering yang efektif dan perlu kamu coba. Cara melembabkan kulit kering ini harus kamu lakukan secara teratur agar kulit jadi normal.

Kondisi kulit kering jelas lebih umum di iklim dingin. Bahkan beberapa dari kita menderita kondisi seperti ini sepanjang tahun. Untuk melembabkan kulit, penting untuk mengunci kelembapan alami tubuh kita. Percaya atau tidak, jika kulit kita menjadi sangat kering maka bisa timbul retakan kecil. Jika cukup parah, retakan di kulit ini bisa menjadi titik masuk bagi infeksi kuman dan bakteri.

Cara Melembabkan Kulit KeringCara Melembabkan Kulit Kering

Jadi, kondisi kulit yang seperti ini bukan hanya mempengaruhi tentang penampilan kita, tetapi juga bisa menyebabkan infeksi. Menjaga kulit kita terhidrasi adalah langkah penting dalam menjaga tubuh kita bebas dari bahaya. Berikut adalah beberapa cara melembabkan kulit kering yang efektif agar tetap tampak muda.

Memilih Pembersih Yang Tepat

Kulit kering membutuhkan pembersih untuk wajah dan tubuh yang mengandung bahan yang dikenal menyediakan kelembaban yang sangat dibutuhkan. Carilah pembersih wajah yang diformulasikan untuk menargetkan kulit kering. Produk tersebut biasanya lebih kaya kandungannya, berkrim, dan teksturnya seperti lotion.

Carilah bahan-bahan seperti Aloe Vera yang menenangkan dan juga sebagai bahan penghidrasi kulit yang luar biasa. Hindari sabun batangan yang mengandung deterjen dan pewangi yang kuat. Jangan gunakan sabun ini di wajah dan juga selektif saat menggunakan sabun batang di tubuh.

Tips terbaik: Lebih baik hanya membersihkan muka menggunakan air hangat karena air yang terlalu panas dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Batasi pemandian dan mandi hanya dalam beberapa menit atau terlalu lama. Hal ini karena semakin lama kamu mandi, semakin besar kemungkinan kulit badanmu mengering. Terlalu lama terpapar air terutama air panas dapat mengurangi minyak alami dari kulit.

Khusu untuk wajah, cuci muka menggunakan air hangat dan jangan menggosok muka terlalu keras. Menggosok kulit dengan handuk juga bisa menghilangkan minyak alami wajah. Oleskan tubuh dan pelembab wajah tepat setelah muka atau badan dikengeringkan tapi kulit masih lembab. Hal ini akan membantu menyegel air serta minyak alami tubuh.

Menggunakan Pelembab dan Lotion

Untuk wajah, lebih baik pertimbangkan untuk menambahkan serum pelembab yang mengandung vitamin dan antioksidan ke perawatan kulitmu. Kemudian diikuti lotion harianmu dengan SPF di siang hari dan krim malam sebelum tidur. Produk-produk ini dapat membantu melembabkan kulit dan meminimalkan munculnya garis-garis halus.

cara melembabkan kulit tubuh yg keringUntuk badan, gunakan body lotion yang bagus segera setelah mandi. Fokuskan pada siku, lutut, dan kakimu karena area ini biasanya yang menunjukkan kekeringan kulit. Jangan lupa untuk sering menggunakan lotion apabila kulit mulai kering lagi.

Menggunakan Humidifier

Cara melembabkan kulit kering selanjutnya yaitu menggunakan humidifier. Di musim dingin, pelembap adalah suatu keharusan bagi kita yang memiliki kulit kering. Alat pelembab udara atau humidifier akan sangat membantu kulit keringmu. Kamu bisa menaruh alat pelembab ini di kamar untuk membantu kulit saat kamu tidur.

Ada beberapa produk humidifier ini yang kecil di pasaran. Kamu  bisa membelinya dan menyimpan satu di meja kerjamu. Sehingga, pada siang hari bisa mengatasi masalah kulit keringmu.

Tips terbaik: Jika kamu tidak memiliki humidifier, kamu bisa menggunakan panci berisi air panas di atas kompor untuk menghasilkan efek yang sama. Kalau tidak, kamu bisa isi tempayan dengan air , tutup, dan biarkan mendidih sepanjang hari.

Menggosok Badan Dan Muka

Pengelupasan kulit yang baik dari wajah ke jari kaki benar-benar dapat membantu kulitmu mempertahankan kelembapan. Menggosok dengan baik dan tidak terlalu kasar akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengganti dengan sel-sel kulit sehat yang baru di bawahnya. Jika kulit mukamu mengelupas, produk perawatan kulit seperti serum dan pelembab akan menyerap lebih cepat dan efektif.

Melembabkan Dari Dalam

Cara melembabkan kulit kering terakhir adalah menjaga kulit terhidrasi dengan minumlah air putih biasa, bukannya kopi, soda, jus, atau lainnya. Karena minuman berasa tidak memiliki efek untuk kulit kering. Jika kamu memilih produk perawatan kulit untuk menargetkan kulit kering, carilah bahan-bahan seperti Aloe vera, kedelai, oatmeal, asam hyaluronic, dan asam lemak esensial yang dapat membantu menyegel kelembapan.

Carilah juga shea butter, minyak zaitun, almond, kelapa, dan minyak alpukat. Semua bahan alami menakjubkan tersebut dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kulit. Sedikit perubahan pada rutinitas harianmu pasti dapat membantu mengurangi tanda-tanda kulit kering.

Kesimpulan

Ada beberapa cara melembabkan kulit kering yang efektif seperti di atas untuk mengatasi kondisi tersebut. Setelah tau tips terbaik, rutinitas menjaga kelembapan kulit diperluka untuk hasil yang memuaskan.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment