Fakta Dan Mitos Unik Tentang Tidur Malam

Tidur Malam
Tidur Malam

Tidur Malam – Tidur malam merupakan aktivitas untuk mengistirahatkan tubuh dan seluruh organ kita dari kegiatan sehari-hari. Tidur juga sebuah kebiasaan terpenting bagi kebutuhan manusia. Ada beberapa fakta dan mitos unik tentang tidur malam yang perlu kamu tahu. Banyak orang hanya meyakini mitos-mitos yang beredar di masyarakat tanpa tahu faktanya.

Fakta Dan Mitos Tidur Malam

Orang yang kurang tidur biasanya karena begadang ataupun karena insomnia. Banyak resiko yang timbul jika kamu kurang tidur. Resiko kesehatan tersebut bisa berpengaruh terhadap psikologi dan fisikmu. Oleh karena itu, usahakan tidur cukup setiap harinya. Ada banyak pendapat atau mitos tentang tidur yang diyakini banyak orang. Berikut ini adalah fakta dan mitos tentang tidur malam.

Mitos: Bangun tengah malam menyebabkan kelelahan di pagi hari

Fakta: Banyak orang yang sering tiba-tiba terbangun pada malam hari. Bangun tengah malam belum tentu menyebabkan kelelahan kalau tidur lagi. Berbeda kalau tetap begadang sampai pagi. Sebenarnya, hal seperti ini adalah siklus yang alami dialami oleh kita. Bangun tiba-tiba tergantung pada pengaruh lingkungan dan kebiasaan setiap orang.

Tidur Malam
Tidur Malam 1

Sebagai contoh, orang yang terbiasa tidur tanpa lampu akan mendapatkan siklus tidur hanya selama beberapa jam. Mereka akan bangun di malam hari dan kembali tidur. Sedangkann orang yang biasa bangun malam untuk salat malam akan terbiasa bangun dijam tertentu. Mitos kelelahan dapat terjadi jika kamu tidak tidur di malam hari, tetapi tidur di pagi hari dan bangun pada siang hari.

Mitos: Menonton TV bisa membuat tidur lebih cepat dan nyenyak

Fakta: Faktanya, tertidur di depan TV atau komputer bisa mengurangi produktivitas hormon melatonin dalam tubuh. Hormon melatonin adalah hormon tidur. Ketika kamu tidur menghadapkan ke TV atau layar komputer, cahayanya dapat mengganggu kinerja hormon dalam tubuhmu. Ditambah lagi, radiasinya juga bisa memicu penyakit seperti kanker. Lebih baik jika kamu mulai merasa ngantuk, matikan TV dulu dan usahakan tidur di dalam kamar.

Mitos: Menghitung domba bisa membuat lebih cepat tidur

Fakta: Menghitung domba merupakan metode yang sangat populer dan telah berhasil bagi banyak orang yang memiliki masalah tidur. Faktanya, sebuah penelitian mengungkapkan hal yang sebaliknya. Orang yang menghitung domba sebelum tidur akan tidur lebih lama sekitar 20 menit daripada orang yang menggunakan metode lain. Menghitung domba juga membuat orang lebih merasa cepat bosan.

Mitos: Orang bisa berlatih untuk tidur dalam waktu singkat

Fakta: Berlatih agar bisa tidur dalam waktu singkat adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Faktanya, manusia membutuhkan waktu yang cukup untuk tidur setiap harinya. Walaupun ada orang yang bisa melakukan metode ini, biasanya tidak akan bertahan untuk waktu yang lama. Akan ada waktunya tidur dalam waktu singkat itu tidak berfungsi. Lebih parahnya lagi, tidur sebentar dalam waktu yang lama atau bahkan tidak tidur sama sekali adalah kebiasaan yang sangat buruk bagi kesehatan.

Mitos: Minum alkohol sebelum tidur membuat tidur nyenyak

Fakta: Banyak orang yang percaya kalau minum alkohol malam hari sebelum tidur bisa membuat tidur kita tambah nyenyak. Memang alkohol bisa membuat kita tidur lebih cepat karena efek obat penenang di dalamnya. Tetapi, alkohol juga membuat kualitas tidur terganggu. Jika kita langsung tidur, alkohol mulai diproses di dalam tubuh. Karena sifatnya panas dalam tubuh, alkohol bisa membuat waktu tidur berkurang dan mudah bangun. Kualitas tidur pun menjadi terganggu.

Kesimpulan

Tidur adalah aktivitas mengistirahatkan tubuh. Tidur malam merupakan kebiasaan terpenting bagi kebutuhan manusia. Ada beberapa fakta dan mitos unik tentang tidur malam yang perlu kamu tahu.

Hal ini penting karena banyak orang hanya meyakini mitos-mitos yang beredar di masyarakat tanpa tahu faktanya. Resiko yang disebabkan jika kamu kurang tidur bisa berpengaruh terhadap psikologi dan fisikmu. Oleh karena itu, usakan tidur yang cukup setiap harinya.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment