Fakta Dan Mitos Menarik Batuk Dan Pilek

Batuk Dan Pilek
Batuk Dan Pilek

Batuk dan pilek biasa terjadi di pergantian musim dan banyak cara untuk membantu mengobati dan mencegahnya. Batuk dan pilek juga salah satu penyakit paling umum yang dialami banyak orang. Oleh karena itu, penting buatmu mengetahui fakta dan mitosnya. Sebagian besar batuk tidak berbahaya tetapi bisa sangat mengganggu aktifitasmu. Sekarang ini ada banyak mitos beredar di masyarakat dan bahkan sering terjadi kesalahpahaman.

Fakta Dan Mitos Batuk Dan Pilek

Mengetahui apa itu fakta dan mitos tentang batuk dan pilek dapat membantu kita untuk mencegah terkena penyakit ini. berikut ini beberapa fakta mitos menarik tentang batuk pilek.

Mitos: Semua batuk disebabkan infeksi

Fakta: Salah

Walau umumnya batuk disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, tapi tidak semua batuk atau pilek disebabkan oleh hal tersebut. Ada beberapa penyebab batuk yang lain seperti alergi, keberadaan benda asing di saluran udara, penyakit refluks gastro esofagus (GERD), atau gagal jantung. Oleh karena itu penting bagi kita menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang penyakit.

Mitos: Batuk berkepanjangan pasti disebabkan oleh tuberkulosis (TBC)

Fakta: Bisa benar atau salah

Salah satu gejala seseorang terkena TBC memang batuk dalah jangka waktu yang lama sampai berbulan-bulan. Tetapi ada beberapa penyebab batuk kronis atau batuk berkepanjangan selain tuberculosis seperti pneumonia, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), alergi, asma, kanker paru-paru, dan sebagainya. Untuk memastikan, lebih baik kamu langsung periksa ke dokter bila mengalami kondisi tersebut.

Mitos: Konsumsi antibiotik membuat batuk cepat sembuh

Fakta: Salah

Sebagian besar batuk disebabkan oleh infeksi virus bukan bakteri. Itu artinya kalau kita konsumsi antibiotik maka tidak akan mempengaruhi apa pun termasuk mempercepat proses kesembuhan. Antibiotik hanya diberikan jika batuk disebabkan oleh bakteri. Ditambah lagi, penggunaan antibiotik yang tidak cocok bisa sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kuman menjadi resisten. Sehingga membutuhkan dosis yang lebih tinggi lagi untuk memusnahkannya.

Fakta Dan Mitos Menarik Batuk Dan Pilek
Batuk Dan Pilek 1

Mitos: Hujan atau hawa dingin menyebabkan batuk pilek

Fakta: Salah

Banyak sekali yang percaya kalau hujan-hujanan atau sedang pergantian musim menyebabkan batuk dan pilek. Padahal penyakit ini secara umum disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri dan tidak disebabkan oleh hujan atau udara dingin. Terkecuali orang yang punya penyakit asma dan alergi, maka udara dingin dapat memicu serangan asma.

Mitos: Obat batuk menyebabkan kantuk

Fakta: Bisa benar atau salah

Sebagian obat memang tertera bisa menyebabkan kantuk. Tetapi hanya obat batuk yang mengandung chlorpheniramine antihistamine yang dapat menyebabkan kantuk. Oleh karena itu, obat yang tidak dikombinasikan dengan antihistamine tidak akan membuat kamu mengantuk. Sebelum mengkonsumsi, lebih baik kamu lihat dulu kandungan zat nya. Jika mau berkendara atau lainnya, disarankan jangan mengkonsumsi obat batuk yang bisa menyebabkan kantuk dulu.

Mitos: Sebaiknya tidak mandi saat batuk pilek

Fakta: Salah

Mitos ini sangat dipercaya kebanyakan orang. Mereka berpikir kalau mandi malah mengakibatkan batuk pilek tambah parah. Padahal mandi tidak akan membuat batuk dan pilek lebih parah. Kebalikannya, mandi bisa membuat tubuh lebih bersih dan menjaga dari sumber penyakit seperti bakteri. Apalagi bisa membuat badan kita tambah segar.

Mitos: Makan sup atau minum alkohol bisa menyembuhkan batuk pilek

Fakta: Salah

Biasanya orang yang terkena flu, demam, batuk, pilek pasti akan diberi makanan hangat seperti sup panas atau bahkan minum alkohol. Hal ini bertujuan agar badan menjadi hangat dan cepat sembuh dari penyakit. Makanan dan minuman panas memang membuat tenggorokan terasa lebih baik dan tubuh lebih hangat, akan tetapi bukan berarti bisa menyembuhkan batuk dan pilek.

Kesimpulan

Batuk dan pilek umumnya memang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, tapi ada faktor penyebab lainnya. Penting buatmu mengetahui fakta dan mitosnya agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Dengan mengetahui fakta dan mitos di atas, diharapkan kamu tidak salah kaprah dan bisa mencegah terkenal batuk pilek.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment