Fakta dan Mitos Daging Kambing Jika Dikonsumsi

Banyak orang suka mengkonsumsi daging kambing karena daging ini merupakan makanan umum bagi orang-orang di seluruh dunia. Selain rasanya yang lezat, banyak mitos daging kambing untuk kesehatan yang beredar jika dikonsumsi. Hampir semua orang bahkan percaya mitos daging kambing tersebut yang belum jelas faktanya dan akhirnya malah menghindari mengkonsumsi.

Mitos Daging KambingFakta dan Mitos Daging Kambing

Mitos yang paling populer yaitu tidak semua orang dapat menikmati daging kambing dengan nyaman karena takut tekanan darah meningkat setelah memakannya. Sebenarnya, kita tidak perlu menghindari makanan tertentu asalkan tidak berlebihan karena kandungan gizinya juga dibutuhkan tubuh. Berikut ini adalah beberapa fakta dan mitos daging kambing yang perlu kamu tahu.

Mitos: Daging kambing bisa memicu darah tinggi

Fakta: Di bidang kesehatan, banyak para ahli kesehatan percaya bahwa daging hewan ini bukan pemicu utama untuk hipertensi atau darah tinggi. Jadi, tidak masalah jika kamu mau memakannya yang penting dalam porsi yang pas dan tidak perlu dihindari sama sekali.

Tidak ada penelitian ilmiah tentang daging kambing atau domba yang dapat memicu tekanan darah tinggi. Hal ini hanyalah mitos populer yang tersebar dan dipercaya publik. Walapun daging hewan pemakan rumput ini bisa jadi pemicu, itupun kalau kamu mengkonsumsi makanan dengan jumlah protein terlalu besar.

Mitos: Daging kambing lebih sehat dari pada daging sapi

Fakta: Banyak orang yang belum tahu kalau daging kambing ini lebih menyehatkan dari pada daging sapi yang sering kita konsumsi. Kambing mengandung lebih banyak asam lemak tak jenuh daripada daging sapi. Lemak tak jenuh inilah yang lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita daripada lemak jenuh.  Sedangkan kandungan lemak jenuh yang cenderung meningkatkan tingkat kolesterol darah dalam daging kambing malah 8,5 kali lebih rendah daripada daging sapi.

Mitos: Dapat meningkatkan kejantanan pria

Fakta: Banyak sekali orang percaya kalau sering makan daging ini bisa meningkatkan kejantanan pria. Padahal, hormon yang memengaruhi libido adalah hormon testosteron. Hampir semua jenis daging mengandung banyak protein. Jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu dapat memiliki efek pada pembentukan testosteron dan libido bisa meningkat. Jadi, tidak hanyak daging hewan pemakan rumput ini, daging lainnya pun sebenarnya punya fungsi sama.

fakta daging kambingMitos: Bau amisnya tergantung dari cara memotongnya

Fakta: Mungkin ini jadi salah satu alasan kenapa banyak orang tidak suka makan dagingnya karena bau amis jika tidak dimasak dengan benar. Bau amis daging kambing bukan tergantung dari cara memotongnya, tapi jika kita menyembelih kambing di bawah tekanan atau sedang stress maka membuat dagingnya berasa buruk.

Jika mau mendapatkan rasa yang enak, maka sembelih hewan tersebut dalam keadaan tidak stress. Agar kambing atau domba tidak stres, hewan tersebut harus dijaga dengan baik sebelum dipotong dan jika sisembelih, potong segera dengan pisau yang sangat tajam.

Mitos: Daging kambing atau domba tidak baik untuk wanita hamil

Fakta: Nyatanya daging ini sangat aman jika dimakan oleh ibu hamil. Tidak berpengaruh sama sekali untuk kandungannya kecuali kalau kondisi ibu hamil tidak menderita hipertensi dan bisul akut. Jika tidak terkenal kondisi tersebut, tidak masalah mengkonsumsi nya.

Mitos: Makan daging kambing dan durian bersamaan tidak baik

Fakta: Mitos ini tergantung dari riwayat kesehatan orang yang memakannya. Walaupun tidak ada kaitan antara durian dan daging, tapi buah durian adalah jenis buah yang mengandung cukup banyak lemak. Sedangkan dalam daging domba juga mengandung banyak lemak.

Oleh karena itu jika keduanya dikonsumsi bersamaan oleh orang-orang dengan riwayat penyakit jantung, maka penyakitnya akan memburuk. Tetapi jika keduanya dikonsumsi oleh orang yang sehat-sehat saja, itu tidak akan berdampak negatif pada kesehatan. Hanya merasa kekenyangan yang luar biasa.

Kesimpulan

Banyak orang suka dan bahkan ada yang menghindari mengkonsumsi daging kambing karena banyak mitos daging kambing untuk kesehatan beredar dimasyarakat. Hampir semua orang bahkan percaya mitos daging kambing tersebut yang belum jelas faktanya. Semoga dengan beberapa fakta diatas bisa merubah pandanganmu terhadap daging enak ini.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment