Fakta Dan Mitos Tentang Kecepatan Akses Internet

Kecepatan Akses Internet
Kecepatan Akses Internet

Di era modern ini, banyak orang telah merasakan teknologi yang disebut internet. Dengan adanya koneksi ini kita bisa mencari informasi apa saja yang kita inginkan lewat smartphone atau PC. Hanya saja, banyak yang mengeluhkan kalau kecepatan akses internet kadang lemot dan malah menyalahkan jasa providernya.

Hanya sedikit orang yang tahu fakta dan mitos tentang kecepatan akses internet. Informasi seperti ini juga penting buatmu, karena fungsi internet telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas manusia.

Fakta Mitos Kecepatan Akses Internet

Sistem komunikasi, transaksi pembelian dan penjualan, dan pendidikan juga telah didasarkan pada sistem komputer terintegrasi yang dapat menghubungkan semua pengguna melalui internet. Tentu saja ada dampak positif dan negative dari internet. Untuk kenyamanan, banyak orang mau mengeluarkan uang banyak demi lancarnya koneksi. Berikut ini beberapa fakta dan mitos tentang kecepatan akses internet.

Mitos: Akses internet lewat saluran telepon lebih cepat

Fakta: Kenyataannya kecepatan internet akses dial-up sebenarnya disebabkan oleh teknik kompresi dari berbagai jenis file seperti teks dan gambar. Maka ukurannya menjadi lebih kecil sehingga memudahkan kamu mengirim atau mengunggah di jaringan. Apalagi, akses data via dial-up line juga memiliki waktu-waktu tertentu.

Ada juga penurunan besar kecepatan akses internet selama jam-jam kantor yang sibuk. Karena pada jam sibuk inilah banyak orang yang mengakses. Otomatis kecepatan akses internet akan turun. Bahkan gangguan pada koneksi jaringan internet dianggap lebih sering terjadi ke koneksi internet lewat telepon atau dial-up.

Mitos: Kecepatan akses sama untuk semua website

Fakta: Kecepatan internet itu tidak pernah konsisten dan tidak pernah sama untuk semua website. Kadang bisa sangat cepat hingga sangat lambat atau loading terus. Jadi, jangan heran kalau kecepatan akses internet melemah ketika mengakses situs-situs tertentu. Cepat atu tidaknya koneksi bisa disebabkan oleh lalu lintas bandwidth dari situs yang terlalu penuh.

Contohnya, ketika jutaan orang seluruh dunia menonton siaran piala dunia langsung disatu web, maka situs tersebut pasti mengalami masalah karena lalulintas terlalu penuh. Akibatnya konekse melambat. Tidak peduli seberapa cepat akses internetmu saat menonton siaran langsung itu, tentu akan mengalami masalah kecepatan yang sama dengan pelanggan internet lain yang kecepatan berkecepatan standar.

Mitos: Spesifikasi komputer tidak mempengaruhi kecepatan internet

Fakta: Sekarang, para pembeli elektronik atau gadget hanya memilih desain yang bagus dan fungsi kamera atau internetnya tanpa memperhatika spesifikasi perangkat yang bagus. Memang sih kalau hanya sekedar bermain sosial media atau browsing biasa tidak perlu spesifikasi yang lebih atau kinerja ekstra.

Kecepatan Akses Internet
Kecepatan Akses Internet 1

Hal ini berbeda jika kamu suka bermain game online atau mau membuat desain grafis melalui PC yang membutuhkan spesifikasi lebih agar lancar. Memang kecepatan akses internet bisa tetap berjalan dispesifikasi yang ketinggalan. Hanya saja, perkembangan konten internet sekarang membutuhkan komputer dengan perangkat keras dan perangkat lunak terbaru untuk memaksimalkan akses ke konten.

Jadi, agak percuma kalau kamu memilki akses broadband berkecepatan tinggi tetapi komputer tidak memadai sehingga tidak bisa memanfaatkan akses sesuai kemampuannya.

Mitos: Kecepatan penuh akses bisa didapat jika meretas provider

Fakta: Banyak isu yang tersebar kalau kita bisa meretas provider, maka akan mendapatkan koneksi yang lebih kuat. Sebenarnya, meretas provider untuk mendapat akses tak terbatas dan gratis itu tidak mudah karena sistem keamanannya.

Kemungkinan peretasan terjadi sangat kecil karena aksi kita akan mudah dideteksi oleh sistem dari penyedia internet. Bahkan jika sampai ketahuan, provider bisa memblokir IP kita dan kita tidak bisa menikmati internet dari jasa penyedia tersebut.

Mitos: Menggunakan aplikasi tes internet untuk mengetahui kecepatan kit nya

Fakta: Cara seperti ini tidak bermanfaat. Menurut beberapa penelitian, cara ini sangat tidak membantu karena mayoritas aplikasi pengujian internet tidak benar-benar mengukur kinerja tingkat internet. Yang diukur hanya kapasitas data yang bisa di tangani koneksi internet. Akibatnya, banyak pengguna tidak percaya hasil tes aplikasi tersebut dan terus menikmati layanan internet dengan kualitas rendah.

Kesimpulan

Dengan adanya koneksi internet kita bisa mencari informasi apa saja yang kita inginkan lewat smartphone atau PC. Hanya saja, masih banyak yang mengeluhkan kecepatan akses internet kadang lemot dan menyalahkan jasa providernya.

Semoga dengan beberapa fakta dan mitos diatas, wawasan kamu lebih bertambah dan bisa memilih layanan terbaik untuk koneksi datamu.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment