Fakta Tentang Otak Manusia Dan Keistimewaannya

Otak manusia merupakan salah satu organ yang paling penting dan paling kompleks di tubuh manusia. Banyak fakta tentang otak manusia dan kemampuannya yang belum kita tahu. Otak kita merupakan pusat pengaturan struktur pusat yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri dari 100 juta sel saraf atau neuron.

Beberapa fakta tentang otak manusia yaitu berfungsi sebagai alat penyimpanan yang menyimpan dengan aman ingatan berharga seseorang, memberi manusia dengan kemampuan fisik dan kognitif yang cukup, dan memengaruhi kepribadian dengan menggabungkan kesadaran manusia bertahun-tahun yang memberikan gairah, gerak, dan emosi seseorang.

Fakta Tentang Otak ManusiaFakta Tentang Otak Manusia

Sampai sekarang, otak kita masih jadi pertanyaan besar bagi umat manusia seperti bagaimana cara kerjanya atau apakah otak pernah beristirahat atau tidak dan lainnya. Setelah bertahun-tahun mempelajari otak manusia, ada beberapa fakta tentang otak manusia yang perlu kamu tahu.

Otak Bisa Mempelajari Pesan Tersembunyi (Subliminal Messages)

Secara sadar, kita pasti tidak langsung tahu pesan yang tersembunyi pada objek atau media tertentu dan sering mengabaikannya karena dianggap tidak penting. Tetapi, otak kita bisa mempelajari pesan tersembunyi tersebut dan langsung mempengaruhi pikiran bawah sadar kita. Sehingga lama-kelamaan akan mempengaruhi perilaku orang-orang secara tidak langsung dan sadar.

Pesan tersembunyi ini biasanya dibuat oleh sebuah perusahaan sebagai acara promosi untuk mempengaruhi seseorang untuk membeli produk mereka. Bahkan kadang pesan tersembunyi ini digunakan di bidang politik untuk menciptakan propaganda dalam masyarakat.

Otak Tetap Aktif Setelah Kepala Dipenggal

Berdasarkan pengamatan dari beberapa penelitian di otak, diketahui kalau otak manusia masih bisa tetap aktif selama beberapa detik setelah kepala dipenggal. Tidak langsung mati seketika tanpa gerakan. Para dokter percaya kalau hal tersebut adalah refleksi kedutan otot setelah dipenggal.

Mantan direktur Laboratorium Kesatuan Biologi Saraf Terapan di Universitas Surrey, Dr. Harold Hillman, mengatakan bahwa kematian terjadi karena pemisahan antara otak dan sumsum tulang belakang. Karena terpisah inilah, setelah beberapa detik dipenggal masih menunjukan refleksi kedutan otot.

Otak Manusia Berwarna Abu-Abu

Banyak yang tahu kalau otak kita sebagian besar berwarna abu-abu. Karena itulah seluruh bagian otak kadang disebut sebagai materi abu-abu. Selain abu-abu, sebenarnya ada beberapa bagian memiliki materi putih yang mengandung serabut saraf untuk menghubungkan materi abu-abu.

Ada juga komponen yang berwarna hitam yang disebut substansia nigra. Substansia nigra merupakan neuromelanin hitam, pigmen khusus yang sama dengan warna kulit dan rambut serta sebagai batas ganglia basalis.

kemampuan otak manusiaOtak Manusia Merupakan Otak Terbesar

Walaupun banyak hewan yang fisiknya lebih besar dari kita seperti gajah, gorilla, badak atau lainnya, otak kita adalah otak dengan ukuran terbesar dibandingkan dengan otak binatang. Berat rata-rata otak manusia dewasa adalah sekitar 1.361 kilogram.

Berat rata-rata tersebut hampir sama dengan bobot otak lumba-lumba yang dianggap sebagai hewan cerdas. Kecerdasan juga berhubungan dengan berbagai komponen di otak dan mamalia memiliki korteks serebral terbesar yang bertanggung jawab untuk fungsi memori, komunikasi, dan pemikiran.

Obat-obatan Bisa Melubangi Otak

Tidak semua jenis obat dapat menyebabkan lubangnya otak. Sebuah studi menyatakan kalau penggunaan obat-obatan seperti ganja dapat menghilangkan sedikit memori kita. Sedangkan obat-obatan seperti kokain atau ekstasi dapat menyebabkan lubang di otak. Lebih baik kita hindari konsumsi obat-obatan terlarang tersebut.

Hal lain yang dapat menyebabkan lubang di otak adalah hasil dari trauma atau dampak fisik. Selain itu, sebuah studi dari New Scientist menyatakan bahwa penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang bisa menyebabkan pertumbuhan otak yang abnormal secara permanen. Hal tersebut yang menyulitkan untuk mengubah perilaku pecandu.

Otak Bekerja Lebih Kreatif Dan Baik Saat lelah

Menggunakan otak untuk memecahkan masalah, menjawab pertanyaan, dan mengambil keputusan sebaiknya dilakukan saat otakmu lelah. Walaupun kamu orang yang rajin, tapi jika mau mencoba melakukan karya kreatif,  kamu akan benar-benar lebih beruntung ketika otakmu lelah atau terpojok.

Saat merasa sangat lelah, otak tidak akan mampu menyaring gangguan dengan baik dan jauh lebih efisien dalam mengingat hubungan antara ide atau konsep. Hal ini bagus karena kerja kreatif membutuhkan menghubungkan gagasan, bersikap terbuka terhadap ide-ide baru, dan berpikir dengan cara baru. Jadi otak yang lelah jauh lebih bermanfaat ketika mengerjakan proyek kreatif.

Kesimpulan

Banyak fakta tentang otak manusia dan kemampuannya yang belum kita tahu. Tapi setelah bertahun-tahun mempelajari otak, beberapa fakta unik telah kita ketahui. Fungsi umum otak yaitu sebagai alat penyimpanan ingatan, memberi kemampuan fisik dan kognitif yang cukup, dan memengaruhi kepribadian.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment