Mitos dan Fakta Jerawat Yang Harus Kamu Tahu

Semua orang pasti membenci jerawat di wajah karena dapat mengurangi kesempurnaan penampilan. Ada beberapa mitos dan fakta jerawat yang harus kamu tahu karena kebanyakan orang hanya tahu mitos yang berkembang tanpa tahu kebenarannya. Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering membuat seseorang merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Jerawat sebenarnya disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan oleh kelenjar minyak di kulit.

Mitos dan Fakta Jerawat Yang Harus Kamu Tahu
Mitos dan Fakta Jerawat

Ditambah lagi timbulnya jerawat juga sangat dipengaruhi oleh faktor hormonal. Walaupun jerawat bisa menyerang semua umur dan tidak hanya dibagian muka saja, kebanyakan para remaja yang mengalami jerawat parah dalam masa puber. Bahkan ada beberapa pendapat atau mitos kalau mengonsumsi makanan berminyak bisa menyebabkan jerawat. Mitos lain bahkan menyebutkan adanya jerawat berarti karena sedang jatuh cinta. Lebih jelasnya, berikut beberapa mitos dan fakta jerawat.

Mitos dan Fakta Jerawat

Mitos atau Fakta: Malas membersihkan wajah akan menyebabkan jerawat

Memang sebaiknya cuci muka atau membersihkan wajah terutama sebelum tidur. Jerawat itu muncul karena kulit kotor. Namun perlu diingat, kamu hanya perlu mencuci muka dua kali sehari dengan air hangat atau pembersih wajah. Sebagian orang malah cenderung mencuci muka berkali-kali sehari untuk menghindari jerawat. Padahal itu tidak baik dilakukan dan akan membuat kulit menjadi iritasi dan kulit menjadi trauma. oleh karena itu kulit muka kita akan terlihat lebih buruk. Pastikan juga kamu harus mencuci muka di malam hari untuk menghapus riasan, kotoran, dan keringat.

Mitos atau Fakta: Memencet jerawat menyebabkan jerawat baru

Sebenarnya memencet jerawat tidak diperlukan karena memencet jerawat akan menyebabkan peradangan yang lebih buruk. Sehingga jerawat akan menyebar ke daerah sekitarnya bahkan penyembuhannya bisa tertunda. Lebih baik obati jerawat dengan memberikan salep, krim, atau gel khusus jerawat untuk membantu mengurangi peradangan. Carilah produk yang mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat karena mereka sangat efektif dalam mengobati jerawat.

Mitos atau Fakta: Makanan cepat saji menyebabkan jerawat

Kita tahu kalau makanan cepat saji atau junk food memang tidak baik untuk kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan makanan berminyak dan makanan cepat saji seperti kentang goreng, burger, atau cokelat tidak berdampak pada kesehatan kulit sama sekali. Tetapi lemak pada kulit yang bisa membuat kulit berminyak dan menyumbat pori-pori sehingga akan menyebabkan jerawat. Lebih baik batasi konsumsi susu dan tingkatkan konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah yang terbukti mengurangi pencegahan jerawat.

Mitos atau Fakta: Jerawat akan hilang dengan sendirinya

Jerawat disebabkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat. Umumnya disebabkan oleh minyak alami pada kulit. Apalagi jika pori-porimu tersumbat, maka bakteri kulit bisa menyebabkan peradangan dan dapat memperburuk keadaan. Jadi, jerawat harus diberikan perawatan yang tepat untuk menyembuhkannya.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment