Mitos dan Fakta Menstruasi Yang Perlu Kamu Tahu

Menstruasi merupakan hal wajib yang pasti akan dilalui semua wanita normal di dunia. Ada banyak mitos dan fakta menstruasi yang perlu kamu tahu nih guys kebenarannya. Takutnya malah mempercayai hal yang tidak benar. Ketika seorang wanita memasuki usia subur, mereka pasti akan mengalami menstruasi untuk pertama kalinya yang menandakan organ seksualnya telah matang.

Mitos dan Fakta Menstruasi Yang Perlu Kamu Tahu
Menstruasi

Seperti yang kita tahu, banyak mitos tentang menstruasi yang masih diyakini masyarakat sampai sekarang dan bertentangan dengan fakta-fakta ilmiah. Dengan gaya hidup sehat dan seimbang akan menjaga keseimbangan hormon dan kesehatan siklus menstruasi yang biasanya terjadi sebulan sekali. Berikut ini mitos dan fakta menstruasi yang perlu kamu tahu ladies.

Mitos dan Fakta Menstruasi

Mitos: Minuman dingin bisa memperlambat menstruasi

Fakta: Salah

Sebenarnya mau minum air dingin atau air hangat tidak berpengaruh dan tidak ada hubungannya dengan siklus menstruasi seseorang. Siklus menstruasi diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesterone dalam tubuh. Keseimbangan hormon-hormon ini dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis kita. Nah ketika hormon ini tidak seimbang, maka siklus menstruasi juga akan tidak teratur, bisa lebih cepat atau bahkan lebih lama dari sebulan. Faktor lain yang mempengaruhi menstruasi yaitu faktor fisik seperti kelelahan, stres, dan penyakit.

Mitos: Meminum soda bisa mempercepat menstruasi

Fakta: Salah

Kita memang sering mendengar kalau sedang menstruasi minum soda bisa memperlancar haid. Sebenarnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan kalau minum minuman bersoda bisa memperlancar proses menstruasi. Seperti yang kita tahu, menstruasi dipengaruhi oleh hormon dan faktor psikologis. Minum soda itu hanya memberi efek segar. Yang perlu diperhatikan nih ladies, bila mengkonsumsi minuman bersoda secara teratur dalam jangka panjang, maka bisa mempengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Akibatnya akan mempengaruhi keseimbangan hormon yang berkaitan dengan siklus menstruasi.

Baca Juga Chloe Christos Menstruasi Selama 5 Tahun 

Mitos: Tidak boleh keramas saat menstruasi

Fakta: Salah

Kalau mitos yang satu ini memang sudah sangat popular. Ketika menstruasi banyak orang bilang lebih baik jangan keramas kalau belum benar-benar selesai haid. Ini merupakan kepercayaan sebagian orang. Kenyataannya, selama menstruasi semua wanita harus menjaga kebersihan tubuh yang optimal mulai dari tubuh hingga kebersihan rambut. Perlu diketahui, mencuci rambut saat menstruasi tidak akan menyebabkan gangguan menstruasi. Mencuci rambut bahkan akan menciptakan rasa nyaman dan rileks karena bersih dan harum.

Mitos: Berhubungan badan saat menstruasi tidak akan menyebabkan hamil

Fakta: Salah

Banyak orang berpikir kalau berhubungan badan saat wanita sedang haid tidak akan menyebabkan hamil. Berhubungan badan saat menstruasi memang memiliki peluang kecil untuk hamil, tapi bukan sama sekali tidak akan hamil ya ladies. Ini karena sperma masih bisa masuk ke vagina dan bisa bertahan selama tujuh hari. Sedangakan sel telur bisa bertahan selama tiga hari saja. Jika periode menstruasi seorang wanita tidak teratur, maka bisa terjadi salah perhitungan sehingga kehamilan tetap bisa terjadi walaupun melakukan hubungan badan saat menstruasi sekalipun.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment