Mitos dan Fakta Tentang Diet Yang Populer

Berbagai program diet diikuti banyak orang untuk mendapatkan tubuh langsing dan sehat. Sebenarnya ada beberapa mitos dan fakta tentang diet yang popular berkembang dimasyarakat. Buat kamu yang tidak hanya ingin bentuk badan yang indah sesuai impian tetapi juga tubuh yang sehat, kamu harus tahu kebenaran mitos dan fakta tentang diet tersebut. Ada banyak cara untuk membuat tubuh kita sehat. Salah satunya dengan menjaga berat badan ideal dan mengikuti program diet sehat. Berikut ini mitos dan fakta tentang diet yang populer.

Mitos dan Fakta Tentang Diet Yang Populer
Mitos dan Fakta Tentang Diet

Mitos dan Fakta Tentang Diet

Mitos: Minum Air Dingin Akan Menjadi Lemak

Fakta: Salah

Suhu minuman entah itu hangat atau dingin sebenarnya tidak berhubungan dengan obesitas seseorang atau tidak akan menjadi timbunan lemak. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang lemak, baca juga 4 Mitos Dan Fakta Penting Tentang Lemak. Yang perlu diperhatikan itu kandungan kalori dalam minumannya seperti mengandung gula atau pemanis tidak. Walaupun ada anggapan bahwa air dingin akan menyulitkan pencernaan lemak di lambung, kenyataannya kandungan kalori itulah ysng membuat kamu semakin gemuk, bukan air dinginnya. Ditambah lagi, minuman berkarbonasi memiliki lebih banyak kalori daripada air biasa.

Mitos: Makan Malam Akan Membuat Lemak Lebih Cepat

Fakta: Salah

Banyak orang yang percaya kalau makan pada malam hari atau sebelum tidur bisa langsung menjadi timbunan lemak. Sebenarnya, makan malam atau makan siang tidak mempengaruhi kecepatan seseorang menjadi gemuk. Maka dari itu efek memakan makanan 500 kalori di pagi hari sama dengan efek mengkonsumsi makanan 500 kalori pada malam hari juga. Yang perlu diingat dan yang paling penting itu adalah jumlah kalori yang kamu makan bukan waktu makannya.

Mitos: Minuman Diet Soft Drink Bisa Membuat Kurus

Fakta: Salah

Apapun jenis minumannya dan fungsinya sekalipun sebagai minuman untuk diet, soft drink masih mengandung kalori. Untuk diet yang benar, hindari asupan kalori yang tidak perlu. Jadi, jangan terlalu banyak minum minuman yang berkarbonasi bahkan jika diberi label sebagai diet soda sekalipun.

Mitos: Makan Dalam Porsi Kecil Dengan Frekuensi Sering Bisa Membuat Kurus

Fakta: Bisa Benar atau Salah

Secara umum, prinsip diet yang harus kamu tahu adalah makanan yang kamu makan harus seimbang asupannya. Kebiasaan makan yang baik adalah tiga kali makan utama dan dua kali memakan camilan di antara waktu makan utama. Diet memang tidak jauh dari asupan kalori yang kita konsumsi. Jadi, satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah komposisi dan jumlah kalori makanan tersebut. Jangan lupa mengkonsumsi buah dan sayuran dan lebih baik menghindari makanan yang digoreng. Makanannya lebih baik direbus.

Mitos: Apabila Orang Tua Gemuk, Anaknya Juga Akan Gemuk

Fakta: Bisa Benar atau Salah

Secara medis memang faktor genetika atau turunan bisa mempengaruhi seseorang cenderung mengalami obesitas. Tetapi, obesitas merupakan fenomena multifaktorial yang disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan. Jadi bukan hanya turunan saja ya, kalau pola hidupmu sehat dan orang tuamu gemuk, maka kamu tidak akan obesitas. Faktor lingkungan tersebut termasuk diet dan olahraga. Jika orang tuamu gemuk, cobalah untuk berubah dengan makan sehat dan berolahraga secara teratur.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment