Penjelasan Dan Fakta Menarik Momo Challenge

Banyak sekali challenge yang viral di sosial media dan diikuti banyak orang. Belakangan ini, tantangan yang viral di media sosial cukup memprihatinkan. Salah satu contohnya yaitu Momo Challenge. Challenge ini dikabarkan sudah meresahkan warga di seluruh dunia karena dalam beberapa kasus, ada beberapa remaja yang mengakhiri hidupnya setelah memainkan challenge viral ini.

Momo ChallengePengertian Momo Challenge

Momo Challenge merupakan permainan tantangan yang sempat viral. Menurut thesun.co.uk, berdasarkan Computer Crime Investigation Unit di the Mexican state of Tabasco, permainan ini berawal dari Facebook yang anggota ditantang berkomunikasi dengan nomor tak dikenal. Para pemainnya diminta mengirimkan gambar kekerasan ke orang lain dalam aplikasi WhatsApp. Nomor misterius tersebut juga mengancam pemain jika mereka tidak mengikuti hal yang diperintahkan.

Fakta Menarik Momo Challenge

Berawal Dari Media Sosial

Seperti pesan-pesan berantai lainnya, Momo Challenge mulai menghantui warganet melalui WhatsApp. Awalnya, gambar mengerikan dari sesosok wanita ini ramai beredar di media sosial. Ketika dihubungi, akun Momo tersebut akan mengirimkan pesan berisikan ancaman dan mengutuk orang yang tidak membalas rangkaian pesannya. Dari berbagai informasi, nomor ponsel yang digunakan oleh pelaku penyebar pesan tersebut berasal dari berbagai negara, seperti Jepang, Kolombia hingga Meksiko.

Ancam Pengguna Menyakiti Diri Sendiri

Momo Challenge memaksa pengguna untuk menyakiti diri mereka sendiri atau informasi pribadi mereka akan disebar di Internet. Bahkan mengancam pengguna untuk menyakiti orang terdekat, sehingga memaksa mereka melakukan apa yang “Momo” katakan.

Fakta Momo ChallengeFoto Profil Momo

Foto profil Momo di WhatsApp memakai gambar dari patung wanita burung buatan Link Factory, sebuah perusahaan efek khusus di Jepang. Kala itu, patung Momo berada di galeri seni di Ginza, Tokyo, dan merupakan bagian dari pameran tentang hantu. Kemudian foto patung tersebut mulai tersebar di sosial media.

Akibat Momo Challenge

Dari pihak berwenang di Argentina, mereka sempat mengeluarkan peringatan kepada orangtua setelah seorang remaja tewas karena Challenge tersebut. Fox News melaporkan, seorang gadis berusia 12 tahun bunuh diri di distrik Escobar, di kota Ingeniero Maschwitz karena berhubungan dengan tantangan itu.

Gadis itu tewas dengan menggantung dirinya di pohon halaman belakang rumahnya. The Buenos Aires Times melaporkan, ia merekam aksinya di smartphone sebelum bunuh diri. Pihak berwenang mengatakan itu mirip dengan game bunuh diri berbasis media sosial.

Kesimpulan

Momo Challenge dianggap sangat berbahaya karena meminta penggunanya untuk melakukan sesuatu yang berbau kekerasan, bahkan bunuh diri. Tantangan ini telah tersebar di Argentina, Amerika Serikat, Prancis, dan Jerman.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment