Etika Mengunjungi Bar Di Inggris Perlu Kamu Tahu

Etika Mengunjungi Bar Di Inggris
Etika Mengunjungi Bar Di Inggris

Bar adalah bagian penting dari kehidupan dan budaya masyarakat di Inggris. Bar disana terkenal dengan sebutan Pub (Public House), tempat minum yang terbuka secara umum. Jika suatu saat kamu pergi ke Inggris dan ingin mengunjung bar, setidaknya ada beberapa etika mengunjungi bar di Inggris yang perlu kamu tahu. Informasi seperti ini penting agar kamu tidak salah bertingkah atau dianggap aneh. Seperti yang kita tahu, kebiasaan setiap negara pasti berbeda.

Etika Mengunjungi Bar Di Inggris

Dulunya, istilah Pub Ini menandakan rumah seseorang yang telah dibuka untuk umum. Sekarang, pub atau bar merupakan tempat minum yang diiringi alunan musik santai dan tempat berkumpul dengan keluarga atau rekan kerja. Berbeda ya kalau di Indonesia. Kalau di negara kita hampir mirip kafe. Sambutan mereka sedikit lebih hangat dari pub atau bar lain di dunia. Berikut ini etika mengunjungi bar di Inggris.

Cara Memesan Dan Bergaul Di Bar

Ketika kamu berkunjung di bar, jangan heran kalau tidak ada layanan meja di pub-pub Inggris. Kamu harus cari meja kosong sendiri, kemudian pilih menu yang kamu mau dan menuju ke tempat bartender untuk memesan. Para pelayan bar disana sangat professional dan sadar siapa pemesan selanjutnya. Jadi kamu hanya perlu menunggu giliranmu untuk dilayani.

Jangan pernah sekali-kali melambaikan uang atau berteriak minta perhatian untuk dilayani karena hal itu tidak sopan. Beri saja sinyal kalau kamu siap untuk melakukan pembelian dengan memegang uang di tanganmu. Kamu tidak perlu khawatir menunggu lama atau di rebut antriannya. Semua pembayaran di bar-bar Inggris dalam bentuk tunai. Hal ini karena tidak banyak pub melakukan pembayaran via kartu kredit. Jadi kamu harus siapkan tunai yang banyak guys di dompetmu.

Etika Mengunjungi Bar Di Inggris
Etika Mengunjungi Bar Di Inggris 1

Setelah selesai, biarkan gelas atau piring di atas meja saat kamu siap untuk pergi. Sedangkan untuk cara bergaul dalam bar, orang-orang Inggris biasanya membeli minuman untuk orang lain atau bahkan semua orang disana. Hal ini artinya kontrak sosial yang tidak diucapkan.

Memberi Tip Di Bar Inggris

Tidak ada kebiasaan memberi tip di bar atau pub Inggris. Menawarkan tip kepada bartender atau pelayan merupakan hal yang tidak umum mereka lakukan. Daripada memberi tip uang, lebih baik  menawarkan minuman kepada pelayan bar atau barmaid yang sangat membantu menurutmu. Pelayan tersebut pasti akan meminum minuman pemberianmu tetapi menunggu sampai waktu penutupan bar.

Memulai Percakapan Di Bar

Kamu mungkin bebas berbicara dengan orang asing yang duduk atau berdiri disebelahmu. Yang perlu diingat, jangan pernah mengulurkan tangan, langsung saja berbicara. Negara Inggris merupakan negara bebas termasuk kebebasan berbicara dan berperilaku tentang apa pun di pub.

Waktu Tutup Bar Inggris

Waktu tutup pub atau bar disana sedikit berbeda. Waktu tutup pub ditandatangani ketika pelayan bar atau barmaid membunyikan bel besar atau dengan lampu berkedip. Biasanya tutup pukul 11 malam di hari biasa dan 10:30 malam pada hari Minggu. Pelayan akan membunyikan bel dua kali. Bel pertama berarti pemesanan terakhir. Sedangkan bel kedua berarti bar ditutup. Apabila sudah bunyi bel 2 kali tapi kamu masih belum menghabiskan minuman atau makananmu, maka mereka akan memberi waktu tambahan 20 menit untuk menyelesaikan.

Kesimpulan

Bar atau Pub (Public House) adalah bagian penting dari kehidupan dan budaya masyarakat di Inggris. Setidaknya ada beberapa etika mengunjungi bar di Inggris yang perlu kamu tahu. Hal ini penting agar kamu tidak salah bertingkah atau dianggap aneh disana.

Ketika ke bar Inggris, kamu harus mencari meja kosong sendiri baru memesan minumam dan jangan pernah memberi tip pada pelayan. Kamu juga bebas bergaul dan berbicara denagn siapa saja disana. Untuk waktu tutup akan ditandai dengan bunyi bel 2 kali.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment