Tradisi Pernikahan Adat Chinese Perlu Kamu Tahu

Pernikahan Adat Chinese
Pernikahan Adat Chinese

Dalam tradisi Cina, upacara pernikahan adalah acara yang serius dan sakral. Ada beberapa tradisi pernikahan adat Chinese yang berbeda dari lainnya. Buat kamu yang keturunan tionghoa mungkin sudah tahu, tapi buat kamu yang penasaran nih, ada langkah-langkah dalam tradisi pernikahan adat Chinese perlu kamu ketahui. Persiapan dan prosesinya memiliki tahapan yang panjang. Pernikahannya akan diputuskan oleh keinginan kedua orang tua mereka, bukan oleh calon pengantinnya sendiri. Berbeda ya dengan tradisi kita.

Tradisi Pernikahan Adat Chinese

Prosedur pernikahan adat Chinese akan terus berlanjut setelah pengenalan mak comblang dan pertimbangan orang tua dari dua kondisi kedua keluarga termasuk kekayaan dan status harus sederajat dan cocok. Hal penting dalam tradisi pernikahan di cina dikenal dengan istilah three letters and six etiquettes (tiga surat dan enam etika). Berikut ini adalah tahapan proses pernikahan adat Chinese.

Three Letters and Six Etiquettes Meaning

Yang pertama yaitu adanya tradisi Three Letters and Six Etiquettes. Three Letters (tiga surat) itu terdiri dari surat pertunangan, surat hadiah yang berisi list daftar hadiah, dan surat pernikahan yang akan digunakan pada hari saat pengantin pria bertemu pengantin wanita di rumahnya. Sedangkan untuk six etiquettes (enam etika) artinya lebih merujuk ke enam langkah yang harus diikuti dalam tradisi Cina. 6 langkah tersebut mencakup lamaran, pencocokan tanggal lahir, menyajikan hadiah pertunangan, menyajikan hadiah pernikahan, memilih tanggal pernikahan, dan terakhir upacara pernikahan.

Proses Lamaran

Untuk proses lamaran dalam tradisi ada Chinese, keluarga calon pengantin pria akan mengundang seorang mak comblang untuk melamar bersama mereka ke rumah calon pengantin wanita. Jika prosesi lamaran berhasil, mak comblang tersebut akan diberi hadiah dan diadakan pesta besar untuk menunjukkan rasa terima kasih dari kedua keluarga mempelai. Yang paling penting nih, calon mempelai dilarang bertemu atau melihat satu sama lain sampai hari pernikahan mereka.

Pencocokan Tanggal Lahir

Setelah mengetahui nama lengkap dan tanggal lahir calon pengantin wanita, mereka akan meminta peramal nasib untuk memprediksi apakah mereka berdua cocok satu sama lain dan kehidupan pernikahannya akan bahagia atau tidak berdasarkan zodiak Cina. Proses awal ini merupakan proses yang penting bagi mereka.

Menyajikan Hadiah Pertunangan

Jika prediksi kecocokan kedua calon mempelai menunjukan pertanda baik, maka mak comblang akan mengambil hadiah pertunangan dari mempelai pria untuk orang tua gadis itu. Dia juga memberi tahu mereka kalau proses pernikahannya bisa berlanjut.

Pernikahan Adat Chinese
Pernikahan Adat Chinese 1

Menyajikan Hadiah Pernikahan

Setelah proses pertunangannya lancar, hadiah pernikahan dari keluarga mempelai pria juga akan disajikan kepada keluarga pengantin wanita untuk melambangkan rasa hormat dan kebaikan terhadap keluarga gadis. Ditambah lagi, hadiah yang layak juga menunjukan kemampuan mereka dalam memberikan kehidupan yang baik untuk putri mereka setelah menikah.

Memilih Tanggal Pernikahan

Untuk memilih tanggal pernikahan yang tepat, keluarga pengantin pria juga akan meminta peramal nasib untuk memilih tanggal sesuai dengan buku astrologi. Tradisi ini akan menunjukan waktu yang tepat untuk mengadakan upacara pernikahan.

Upacara Pernikahan

Setelah segala proses persiapan berhasil, tinggal hari upacara pernikahannya. Upacara pernikahan dimulai dengan pengantin pria dan rombongan bertemu pengantin wanita di rumahnya. Malam hari sebelum hari pernikahan, mahar pengantin perempuan akan dikirim ke rumah mempelai pria yang menunjukan status sosial dan kekayaan. Pas hari H, rambut pengantin wanita akan diikat dengan benang katun berwarna-warni dan mengenakan rok merah. Seperti yang orang Cina percaya kalau warna merah memberi kesan menyenangkan. Pengantin pria juga dalam gaun merah.

Pada saat rombongan pengantin pria tiba, akan dinyalakan musik dan petasan. Pengantin wanita kemudian akan memimpin di sepanjang karpet merah. Pengantin pria akan bersujud tiga kali untuk menghormati surga, orang tua dan pasangannya. Setelah proses pengucapan janji selesai, pengantin baru akan pergi ke kamar pengantin yang sudah dihiasi. Para tamu yang datang akan disuguhi pesta meriah.

Pada malam hari setekah pernikahan, ada kebiasaan untuk menggoda pengantin baru tersebut agar saling mengenal satu sama lain. Kemudian hari ketiga setelah menikah, pasangan baru tersebut akan kembali ke rumah orang tua mempelai wanita. Disana mereka mengadakan pesta makan malam dengan para kerabat.

Kesimpulan

Dalam tradisi pernikahan adat Chinese, upacara pernikahan adalah acara yang serius dan sakral. Persiapan dan prosesinya memiliki tahapan yang panjang.

Pernikahan akan terus berlanjut jika kondisi kedua keluarga memiliki kekayaan dan status yang sederajat dan cocok. Tradisi pernikahan di cina dikenal dengan istilah three letters and six etiquettes.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment