13 Manfaat Minum Air Putih – Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Minum air putih yang cukup setiap hari memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat minum air putih sebenarnya tidak hanya berhubungan dengan kesehatan ginjal, tetapi juga kecantikan dan kesehatan secara keseluruhan. Jika kamu terlalu sedikit atau terlalu banyak minum, maka bisa berdampak negatif pada kesehatan.

Kebutuhan cairan tubuh bisa berbeda pada setiap pria dan wanita. Tapi umumnya, pria membutuhkan 3,7 liter cairan per hari. Sementara itu, wanita membutuhkan 2,7 liter cairan setiap hari. Tidak hanya dengan air, kebutuhan cairan juga bisa kamu peroleh dari buah-buahan hingga sayuran.

13 Manfaat Minum Air Putih - Untuk Kecantikan dan Kesehatan

13 Manfaat Minum Air Putih

Kalau kamu tidak terlalu suka minum banyak air, mulai sekarang lebih baik ubah kebiasaanmu demi kesehatan tubuh. Nah langsung saja nih guys, berikut ini adalah 13 manfaat minum air putih untuk kecantikan dan kesehatan versi Taupedia.

Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Manfaat minum air putih yang mendasar tentu untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Soalnya, 60% dari tubuh manusia terdiri dari cairan yang berperan dalam berbagai proses seperti pencernaan, penyerapan nutrisi, sirkulasi, hingga menjaga suhu tubuh.

Bagus Untuk Kesehatan Kulit

Kulit kita mengandung banyak air yang berfungsi untuk mencegah tubuh kehilangan banyak cairan atau dehidrasi. Makanya saat mengalami dehidrasi, kulit akan terlihat kering dan keriput. Oleh karena itu, lebih baik penuhi kebutuhan cairan sehari-hari ya guys.

Melumasi Sendi

Manfaat minum air putih lainnya yaitu untuk melumasi sendi. Sebagian besar tulang rawan dalam tubuh terbentuk dari air yang berfungsi sebagai bantalan pada persendian. Jika tubuh kekurangan cairan, maka tulang rawan dalam tubuh akan kehilangan kemampuannya dan membuat persendian di tubuh terasa sakit.

Menjaga Tekanan Darah

Jika tubuh kurang cairan, maka sirkulasi darah juga akan terpengaruh. Darah akan menjadi lebih tebal dan kental, sehingga aliran darah tidak lancar seperti seharusnya. Akibatnya, tekanan darah menjadi semakin tinggi.

13 Manfaat Minum Air Putih - Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Menjaga Kesehatan Rongga Mulut

Salah satu manfaat minum air putih yang jarang orang tahu yaitu menjaga kesehatan rongga mulut. Cairan dalam tubuh akan membantu pembentukan air liur dalam rongga mulut. Air liur sendiri memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai pembersih alami rongga mulut. Sedangkan orang yang kekurangan produksi air liur akan memiliki risiko tinggi mengalami gigi berlubang.

Meningkatkan Fungi Otak

Agar otak berfungsi dengan maksimal, kamu harus memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh. Kehilangan cairan tubuh sedikit saja bisa mempengaruhi kinerja otak seperti gangguan konsentrasi, mempengaruhi suasana hati, dan memicu sakit kepala lho guys.

Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala

Seperti yang kita tahu, kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi bisa memicu sakit kepala dan migrain. Makanya, dengan minum air putih yang cukup bisa membantu meringankan sakit kepala dan migrain.

Bagus Untuk Sistem Sirkulasi Tubuh

Cairan sangat penting untuk memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh karena 90% kandungan darah adalah air. Selain itu, air juga akan membantu menghilangkan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh melalui keringat, urin, dan feses.

Meningkatkan Stamina Tubuh

Meminum air yang cukup ternyata juga penting untuk menjaga stamina. Sedikit saja cairan tubuh hilang, bisa langsung mempengaruhi kebugaran tubuh. Jadi, jangan heran ya kalau kamu gampang merasa lelah dan lemah setelah berolahraga atau cuaca sedang panas.

13 Manfaat Minum Air Putih - Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Melancarkan Pencernaan

Kalau kamu sembelit atau susah buang air besar, ada kemungkinan tubuh kekurangan cairan. Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu minum air putih yang cukup.

Mencegah Pembentukan Batu Ginjal

Terkena batu ginjal bisa sangat berbahaya karena bisa menyebabkan komplikasi. Dengan banyak minum air, maka akan membentuk urin di ginjal. Aliran urin inilah yang akan membantu melarutkan mineral dalam saluran kemih dan mencegah pembentukan batu ginjal.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum air putih untuk menurunkan berat badan memang sudah terkenal. Minum air putih yang cukup akan membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Jadi, tubuh bisa membakar lebih banyak kalori.

Bagus Untuk Sistem Pernafasan

Ketika mengalami dehidrasi, tubuh secara alami akan membatasi jalan pernafasan untuk meminimalkan kehilangan cairan tubuh. Pada orang tertentu, kondisi ini bahkan bisa memperburuk asma dan alergi lho guys.