5 Penyakit Autoimun Yang Rentan Menyerang Wanita

Setiap orang mempunyai kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh inilah yang bertugas untuk mencegah badan kita dari berbagai macam virus atau bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Nah, buat kamu nih para ladies, ada beberapa penyakit autoimun yang rentan menyerang wanita. Penyakit autoimun merupakan kondisi abnormal yang ditandai dengan kesalahpahaman kinerja sistem kekebalan tubuh dalam mengenali sel-sel tubuh.

Penyakit autoimun ini malah menganggap sel-sel dalam tubuh sebagai benda asing yang perlu dilawan dan dihancurkan. Untuk penyebab pastinya masih belum diketahui. Karena itulah penyakit autoimun ini sangat sulit disembuhkan dan membutuhkan waktu yang lama untuk perawatannya. Untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan cepat, kamu perlu tahu nih 5 penyakit autoimun yang paling umum pada wanita.

Penyakit Autoimun

Lupus

Banyak wanita atau bahkan beberapa selebritis Hollywood menderita penyakit lupus. Penyakit Lupus merupakan penyakit autoimun yang menyerang kulit, persendian, dan berbagai organ dalam. Untuk gejala umum lupus biasanya ditandai dengan timbulnya ruam merah pada kulit, sariawan di mulut, radang selaput paru paru, nyeri sendi, dan lain-lain. Jika kamu mengalami gejala yang mirip dengan gejala lupus ini, segeralah untuk berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5 Penyakit Autoimun Yang Rentan Menyerang Wanita
Lupus

Rematik

Rematik merupakan penyakit yang sering orang Indonesia alami. Penyakit ini menyebabkan peradangan pada sendi-sendi dan terjadi selama lebih dari enam minggu. Buat kamu yang belum tahu gejala rematik, rematik biasanya ditandai dengan gangguan pada sendi seperti rasa nyeri, bengkak, kemerahan, dan hangat ketika disentuh. Penyakit ini bisa diobati dengan NSAID (obat anti-inflamasi non-steroid) atau dengan DMARD (penyakit memodifikasi obat anti-rematik) yang tergantung pada tingkat keparahan penyakitnya. Untuk penanganan yang tepat, segeralah cek ke dokter.

5 Penyakit Autoimun Yang Rentan Menyerang Wanita
Rematik

Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang menyerang kulit dengan gejala utamanya yaitu timbul sisik tebal pada kulit di berbagai bagian tubuh. Area kulit yang sering terkena psoriasis adalah kulit kepala, siku, lutut, telapak tangan, dan kaki. Penyakit psoriasis bisa ditangani oleh dokter kulit dengan memberikan obat perawatan dalam bentuk krim steroid atau dengan DMARD (penyakit memodifikasi obat anti-rematik).

5 Penyakit Autoimun Yang Rentan Menyerang Wanita
Psoriasis

Penyakit Graves

Penyakit Graves merupakan penyakit autoimun yang menyerang kelenjar tiroid. Gangguan sistem imun ini menyebabkan kelenjar tiroid menjadi hiperaktif dalam menghasilkan hormon tiroid. Hipertiroidisme yang terjadi karena penyakit Graves kemudian menyebabkan metabolisme yang berlebihan. Gejala yang timbul apabila kamu terkena penyakit graves itu biasanya berkeringat, sulit tidur di malam hari, detak jantung lebih cepat dari biasanya, gemetaran, mudah emosi, dan lainnya. Penyakit ini bisa diobati dengan obat-obatan tiroid, pemberian zat radioaktif (I131) atau operasi pengangkatan kelenjar tiroid.

5 Penyakit Autoimun Yang Rentan Menyerang Wanita
Penyakit Graves

Sindrom Sjogren

Penyakit autoimun yang rentan menyerang wanita terakhir adalah sindrom sjogren. Sindrom Sjogren merupakan penyakit yang menyerang kelenjar yang fungsinya untuk menghasilkan air mata dan air liur. Penyakit ini menyebabkan kelenjar tersebut rusak sehingga susah untuk menghasilkan air mata dan air liur. Karena kondisi inilah orang-orang dengan sindrom Sjogren mengalami kondisi mata kering atau xeroftalmia dan mulut menjadi kering dan mudah mengalami sariawan. Untuk perawatan penyakit ini tergantung pada gejala yang terjadi. Jika kamu mengalami mata kering, maka perawatannya dengan memberikan air mata buatan. Tetapi jika mengalami kulit kering, maka kamu akan diberikan pelembab.

5 Penyakit Autoimun Yang Rentan Menyerang Wanita
Sindrom Sjogren


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment