Fakta Menarik Manfaat Merokok Bagi Kesehatan

Informasi negatif mengenai rokok dan kebiasaan merokok sudah kita dengar sejak lama dan banyak orang yang mempercayainya karena sudah terbukti. Sampai sekarang yang kita dengar adalah dampak buruk dari asap rokok dan zat yang terkandung di dalamnya. Tapi tidak demikian dengan para peneliti, mereka terus mengadakan penelitian tentang manfaat merokok bagi kesehatan.

Manfaat Merokok Bagi KesehatanManfaat Merokok Bagi Kesehatan

Para ilmuwan coba menggali adakah zat yang terkandung dalam sebatang rokok untuk kesehatan. Ternyata dari beberapa penelitian, ada fakta menarik tentang manfaat merokok bagi kesehatan yang tidak banyak orang tahu. Yang perlu diingat, merokok juga berbahaya bila dikosumsi melebihi kemampuan tubuh manusia untuk menetralkan racun. Berikut ini manfaat merokok bagi kesehatan.

Merokok Mengurangi Resiko Penyakit Susut Gusi Parah

Biasanya, disebutkan kalau tembakau adalah akar dari semua permasalahan penyakit gigi dan mulut. Padahal sebuah studi menunjukkan bahwa sebenarnya perokok beresiko lebih rendah terhadap penyakit gusi.

Perokok Lebih Kuat dan Cepat Sembuh dari Serangan Jantung dan Stroke

Penelitian besar menunjukkan manfaat positif merokok terhadap restenosis atau penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah menjadi terbatas. Perokok memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bertahan dan penyembuhan yang lebih cepat dari serangan jantung dan stroke.

Nikotin Membunuh Kuman Penyebab Tuberculocis (TBC)

Seorang peneliti dari University Of Central Florida (UCF) menyatakan senyawa nikotin ini menghentikan pertumbuhan kuman TBC dalam sebuah tes laboraturium, bahkan bila digunakan dalam jumlah kecil saja.

Manfaat Merokok Bagi KesehatanMerokok Mencegah Asma dan Alergi

Sejumlah studi dari penduduk Swedia menunjukkan dalam analisis multi variasi, beberapa anak dari para ayah yang merokok sedikitnya 15 batang sehari cenderung memiliki peluang yang lebih rendah untuk menderita alergi rhino-conjunctivis, asma alergi, eksim atopik dan alergi makanan, dibandingkan dengan anak-anak dari para ayah yang tidak pernah merokok.

Merokok Mencegah Kanker Kulit yang Langka

Seorang peneliti  pada National Cancer Institute bependapat bahwa merokok dapat mencegah pengembangan kanker kulit yang biasanya menimpa orang tua di Mediterania, wilayah Italia Selatan dan Yunani. Bukan berarti merokok disarankan untuk populasi itu, namun yang penting adalah merokok tembakau dapat membantu untuk mencegah kanker kulit yang langka.

Merokok Mengurangi Resiko Parkinson

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa merokok melawan penyakit Parkinson. Sebuah penelitian terbaru menambah kuat bukti sebelumnya. Penelitian baru tersebut menunjukkan hubungan temporal antara kebiasaan merokok dan berkurangnya risiko penyakit Parkinson. Bahkan efek perlindungan terhadap Parkinson berkurang setelah perokok menghentikan kebiasaan merokoknya.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa manfaat merokok bagi kesehatan yang selama ini disembunyikan dan tidak banyak orang tahu. Yang perlu diingat, merokok memang sangat nikmat namun rokok juga sangat berbahaya bila dikosumsi melebihi kemampuan tubuh manusia untuk menetralkan racun.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment