Hal Sepele Yang Bisa Memicu Penyebab Stres

Stres merupakan salah satu penyakit masyarakat umum yang sering kita jumpai sekarang. Banyak sekali hal yang bisa memicunya, termasuk hal sepele yang tidak terpikirkan oleh kita pun bisa jadi pemicu penyebab stres. Stres adalah sumber dari berbagai masalah kesehatan fisik dan kesehatan mental yang dapat dialami oleh siapa saja. Oleh karena itu penting bagi kita tahu penyebab stres.

Penyebab Stres

Hal Sepele Penyebab Stres

Ada banyak hal tak terduga yang dapat menjadi penyebab stres seperti suasana panas atau makanan. Hal biasa pemicu stress antara lain seperti perasaan sedih, putus cinta, dan keuangan. Ternyata, ada beberapa penyebab lain yang mungkin belum pernah kamu pikirkan sebelumnya. Berikut ini beberapa hal sepele yang bisa menyebabkan stres.

Suhu Panas

Penyebab yang pertama adalah suhu panas. Kita pasti sering mengalami hal ini ketika berkendara di jalan dan ditambah lagi macet. Suhu panas memang bisa mempengaruhi mood seseorang. Hal ini terjadi karena gangguan afektif musiman atau Seasonal Affective Disorder (SAD). Depresi jenis ini dipicu karena sinar matahari di bumi terlalu banyak sehingga suhu bumi terlalu panas.

Meningkatnya suhu udara terkait dengan kepekaan terhadap panas dan ketidakseimbangan hormon. Kata Dr. Alfred Lewy seorang direktur laboratorium gangguan tidur dan mood di direktur laboratorium, ketika panas kita akan kehilangan nafsu makan dan mengalami insomnia.

Suhu PanasDonat

Tak banyak orang yang menyangka kalau makanan enak ini bisa jadi pemicu stres. Menurut Helen Bond dari British Dietetic Association, suasana hati manusia ditentukan oleh pasokan energi glukosa darah ke otak. Hal ini bisa meningkatkan kadar dopamine sehingga dapat meningkatkan mood kita.

Kadar glukosa biasanya bisa kita temukan dimakanan manis yang mengandung gula. Namun tidak dapat dilakukan oleh makanan yang terbuat dari gandum seperti donat. Menurut Helen, neurotransmitter yang disebut phenylethylamine akan muncul ketika kita makan makanan berbahan gandum dan akan menimbulkan perasaan cemas.

manfaat donatInternet

Internet memang jelas bisa membuat kita stres dan masalah lainya. Ditambah lagi, “Teknologi bisa membuat otak lelah. Jika kamu terus-menerus menggunakan internet atau telepon, gejala depresi akan mudah muncul,” kata Dr Richard Graham, pecandu teknologi di Capio Nightingale Hospital, London.

Menurut Dr. Richard juga, kalau penggunaan internet yang berlebihan bisa mengakibatkan kurangnya kepercayaan pada kehidupan social di kehidupan nyata. Sebuah penelitian pernah diadakan di Cina kepada 1000 remaja tentang hal ini. Hasilnya remaja yang menggunakan internet secara berlebihan dapat berisiko dua setengah kali depresi.

InternetPil Kontrasepsi

Ternyata pil KB pun bisa memicu stres. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Monash University Australia pada tahun 2005, wanita yang sudah menikah dan menggunakan pil kontrasepsi, akan lebih gampang tertekan daripada mereka yang tidak memakannya. Depresi terjadi karena pil kontrasepsi dianggap terkait dengan jalur serotonin di otak.

Menurut Dr Ailsa Gebbie, wakil kepala fakultas Seks dan Kesehatan Reproduksi di Royal College of Obstetricians and Gynecologists, “Sangat mungkin bahwa pil kontrasepsi dapat mengubah mood wanita menjadi lebih sensitif”. Buat ibu rumah tangga apabila mau menghindari hal ini, bisa menggunakan KB cara lain.

efek minum pil kb terlalu lamaCahaya Lampu Jalan Malan Hari

Hal sepele terakhir yang bisa menjadi penyebab stres yaitu cahaya lampu jalan pada malam hari. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ohio University, jika terlalu banyak cahaya di kamar baik itu dari lampu jalan, lampu tidur, atau bahkan cahaya dari TV dapat memicu dampak negatif pada otak. Mereka menemukan cahaya di malam hari dapat menyebabkan perubahan pada hippocampus. Bagian itu adalah area otak yang berhubungan dengan depresi.

lampu jalanKesimpulan

Banyak sekali hal yang bisa jadi penyebab stres termasuk hal sepele yang tidak terpikirkan oleh kita bisa jadi pemicu stres. Hal tak terduga yaitu suhu panas, donut, internet, pil KB, dan cahaya lampu. Setelah tahu hal tersebut, kamu bisa mengurangi hal yang bisa memicu depresi.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment