Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Hampir semua orang sepertinya suka buah yang satu ini. Ya, buah mangga dianggap sebagai raja buah-buahan karena rasanya yang lezat. Tidak hanya itu, manfaat buah mangga untuk kesehatan juga sangat banyak jika dikonsumsi secara teratur. Buah mangga mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang memastikan kesehatan kita lebih optimal. Manfaat buah mangga antaranya dapat membantu melawan kanker, menurunkan berat badan, diabetes, perawatan kulit, dan lainnya.

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

 

Buah mangga termasuk genus Mangifera yang berasal dari Asia selatan khususnya dari Myanmar, India, Pakistan, Cina, Thailand, dan Indonesia. Mangga sudah dikenal sejak 4.000 tahun yang lalu. Untuk saat ini, India memang tetap menjadi penghasil mangga utama dunia. Tetapi negara Thailand, Cina, Brasil, dan Meksiko juga menanam buah manga. Karena popularitas buah mangga, buah ini dapat dikonsumsi dan diolah dalam berbagai jenis makanan seperti jeli, selai, labu, acar, bumbu perendam, dan rempah-rempah yang mencakup rasa mangga murni.

Manfaat Buah Mangga

Mangga memiliki sejuta manfaat. Bahkan selama beberapa dekade, mangga telah digunakan untuk menenangkan perut dan obat herbal. Buah ini tidak hanya rendah lemak, kolesterol, dan sodium. Tetapi, buah mangga juga kaya akan serat makanan, vitamin (vitamin A, C, B6, K, folat), mineral (kalium, magnesium, tembaga), dan antioksidan kuat yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut manfaat buah mangga untuk kesehatan guys.

Melawan Kanker

Jumlah antioksidan di dalam buah mangga akan membantu melindungi tubuh kita terhadap berbagai macam kanker. Diantaranya kanker kolon, payudara, leukemia, dan prostat.

Menjaga Tekanan Darah

Mangga memiliki kandungan vitamin yang mengesankan dan menjamin kesehatan secara keseluruhan. Ini merupakan salah satu solusi alami yang sangat baik untuk pasien tekanan darah tinggi.

Menurunkan Kolesterol

Buah Mangga memiliki kadar vitamin C, pektin, dan serat yang tinggi, kandungan tersebut akan membantu menurunkan kadar kolesterol serum.

Perawatan Kulit (Menyembuhkan Jerawat dan Anti Penuaan)

Buah mangga dapat membantu membersihkan pori-pori tersumbat yang dapat menyebabkan jerawat dan komedo. Apalagi kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi membantu menghasilkan protein kolagen yang dapat memperlambat proses penuaan alami kulit. Untuk menikmati manfaat kesehatan ini, caranya keluarkan pulpa manga dan oleskan pada kulit selama sekitar 10 menit.

Meningkatkan Gairah dan Kejantanan

Buah manga dikenal buah cinta yang kaya vitamin E. Banyaknya kandungan ini akan meningkatkan kejantanan pada pria dan mengatur hormon seksual sehingga meningkatkan gairah.

Melancarkan Pencernaan

Enzim pencernaan pada mangga membantu meningkatkan pencernaan alami yang lebih efisien.

Menurunkan Panas

Mangga memiliki sifat ayurveda yang membantu mendinginkan tubuh dari kepanasan sebagai akibat dari paparan sinar matahari.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Mangga memiliki banyak vitamin B6 yang sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Buah ini akan meningkatkan konsentrasi dan fungsi memori.

Kesehatan Ginjal

Buah mangga menjaga kesehatan ginjal dengan membantu pencegahan terjadinya batu ginjal.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan beta karoten dan karotenoid membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga membuat badan kita tahan terhadap bakteri dan racun.

Menyembuhkan Anemia

Mengkonsumsi buah mangga secara teratur dapat membantu menyembuhkan anemia. Buah mangga dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Mengontrol Diabetes

Beberapa penelitian tentang manfaat mangga menunjukkan bahwa mangga merupakan obat alami yang bagus untuk diabetes untuk pengelolaan kadar gula darah mereka.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment