Manfaat dan Nutrisi Strawberry Untuk Kesehatan

Diantara kalian pasti sudah pernah makan buah strawberry. Strawberry merupakan salah satu buah yang paling terkenal di seluruh dunia. Banyak orang tidak tahu manfaat dan nutrisi strawberry untuk kesehatan. Padahal buah ini dianggap sebagai buah super karena kaya akan nutrisi dan antioksidan. Kandungan tersebut yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Manfaat kesehatan dan nutrisi strawberry sangat beragam diantaranya untuk perawatan mata, meningkatkan fungsi otak, mengatur tekanan darah tinggi, radang sendi, dan berbagai penyakit kardiovaskular.

Manfaat dan Nutrisi Strawberry

Strawberry merupakan buah berair yang memiliki warna merah cerah, teksturnya berair, dan rasa manis. Buah ini sering dimakan mentah langsung karena enak rasanya atau pun dibuat ke salad buah, custard, dan berbagai resep makanan lainnya. Strawberry juga banyak dibuat ke berbagai makanan olahan seperti es krim, selai, jeli, labu, sirup, permen, makanan yang dipanggang, cokelat, dan bahkan dalam obat-obatan. Buah super ini tidak hanya kaya akan antioksidan dan polifenol tetapi juga nutrisi, vitamin, dan mineral. Berikut ini merupakan manfaat dan nutrisi strawberry untuk kesehatan.

Manfaat dan Nutrisi Strawberry Untuk Kesehatan
Strawberry

 

Perawatan Mata Sehingga Penglihatan Lebih Jelas

Kandungan anti-oksidan seperti flaveniod, phytochemical fenolik, dan zat mineral lainnya dalam strawberry membantu mengurangi atau menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Sehingga dapat melindungi mata kita dari kerusakan yang serius seperti mata kering, degenerasi saraf optik, degenerasi makula, defek penglihatan, dan peningkatan kerentanan terhadap infeksi.

Mengurangi Peradangan

Selain itu, kandungan antioksidan yang ada dalam strawberry juga akan mengurangi peradangan secara signifikan.

Mencegah Cacat Lahir Untuk Wanita Hamil

Strawberry merupakan sumber asam folat dan folat yang membantu untuk mencegah bayi cacat lahir. Kandungan folat juga sangat penting karena dapat meningkatkan perkembangan otak dan tulang bayi.

Mengurangi Berat Badan

Buah strawberry mengandung nutrisi penting yang membantu menurunkan berat badan dengan merangsang metabolisme dan mengurangi nafsu makan. Buat kamu yang mau diet, makan strawberry bisa menjadi asupan alternatifmu. Untuk informasi diet, kamu juga bisa baca tentang Mitos Dan Fakta Tentang Diet Yang Populer.

Mengurangi Hipertensi

Kalium dan magnesium dalam strawberry dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh natrium dan berbagai faktor risiko lainnya. Kalium sendiri berperan sebagai vasodilator.

Meningkatkan Fungsi Otak

Buah strawberry memiliki kandungan phytochemical yang kuat dan jumlah besar vitamin C yang dapat menghentikan efek radikal bebas ke otak seperti penuaan dini otak dan sistem saraf. Selain itu, strawberry juga kaya kandungan yodium yang sangat membantu untuk mengatur berfungsinya otak dan sistem saraf.

Mencegah Kanker

Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari strawberry adalah sifat anti kankernya. Sifat anti kankernya karena kandungan vitamin C, folat, anthocyanin, quercetin, dan kaempferol yang memperkuat kekebalan tubuh terhadap kanker dan pertumbuhan tumor.

Mengobati Arthritis dan Asam urat

Radikal bebas merupakan penyebab utama artritis dan asam urat. Sedangkan buah ini berlimpah antioksidan dan detoksifier yang membantu mengobati kondisi seperti ini.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Buah ini sangat kaya vitamin C yang dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ditambah lagi kandungan vitamin yang tinggi membantu sistem kekebalan tubuh dalam menyembuhkan batuk dan pilek.

Mencegah Penyakit Jantung dan Meningkatkan Fungsi Jantung

Strawberry memiliki kadar polifenol yang tinggi yang dapat menurunkan perkembangan penyakit kardiovaskular. Selain itu buah ini juga kaya akan potasium dan serat yang sepenuhnya mendukung kesehatan jantung.

Mengurangi Alergi dan Asma

Strawberry mengandung quercetin. Quercetin merupakan anti-inflamasi yang dapat menghentikan gejala alergi seperti mata berair dan hidung berair. Selain itu, vitamin C didalamnya adalah antioksidan yang dapat menurunkan insidensi asma.

Perawatan kulit

Buah strawberry sangat baik untuk kulit kita. Kandungan vitamin C bisa melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerutan dini dan bercak kulit. Buah ini juga mengandung asam ellagic yang membantu kulit tampak lebih muda dan segar. Strawberry juga kaya akan asam salisilat, asam alfa hidroksil, vitamin C, dan flavonoid yang dapat mengurangi kulit berminyak dan jerawat.

Baca juga tentang Mitos Dan Fakta Jerawat Yang Harus Kamu Tahu.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment