Manfaat Penting Asparagus Untuk Kesehatan

Sayur asparagus sering digunakan diberbagai macam hidangan. Kebanyakan orang mengkonsumsi sayuran ini tanpa tahu manfaat penting asparagus untuk kesehatan. Nah disini aku akan informasikan beberapa manfaat penting asparagus buat badan kita. Salah satu sayuran pertama yang memberi tanda munculnya musim semi diluar negeri adalah asparagus yang juga bermanfaat untuk proses penyembuhan. Sayuran ini termasuk kedalam keluarga bunga lili. Sayuran berwarna hijau ini dikemas dengan sumber vitamin, mineral, dan protein penting yang memiliki banyak daftar manfaat kesehatan.

Manfaat Penting Asparagus Untuk Kesehatan
Asparagus

Ada tiga jenis asparagus yaitu asparagus Amerika dan Inggris (berwarna hijau), Prancis (ungu), dan Spanyol dan Belanda (putih). Asparagus yang berwarna putih tumbuh karena jauh dari sinar matahari sehingga kekurangan klorofil pigmen hijau. Sedangkan asparagus yang ungu karena mengandung phytochemical dan anthocyanin yang memberikan warna unik pada sayuran ini. Kamu bisa memperoleh manfaat dan khasiat asparagus dari akarnya hingga tunasnya. Khasiatnya telah diuji dan terbukti secara ilmiah.

Manfaat Penting Asparagus

Asparagus kaya akan kandungan vitaminnya (vitamin A, vitamin B1 atau tiamin, vitamin B2 riboflavin, vitamin B3 atau niacin, vitamin B5 atau asam pantotenat, vitamin B6. Folat, vitamin C, vitamin E atau alfa tokoferol, dan vitamin K atau phylloquinone), mineral (zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, mangan, seng, selenium, dan potasium), serat makanan, dan protein. Itulah mengapa kita harus makan lebih banyak mengkonsumsi asparagus. Berikut ini merupakan daftar manfaat penting asparagus.

Membantu Dalam Kehamilan

Kandungan folat yang tinggi di asparagus sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Sayur ini dapat mengurangi bahaya lahir dengan berat badan rendah dan cacat lahir selama kehamilan.

Melancarkan Pencernaan

Asparagus juga memiliki kandungan serat dan air yang tinggi. Kandungan ini membantu mencegah sembelit, menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

Mencegah Kanker dan Tumor

Sayur ini juga mengandung antioksidan dan anti-inflamasi dengan kuantitas yang besar yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker serta tumor.

Mengontrol Diabetes

Kandungan anti-inflamasi atau anti peradangan di asparagus membantu mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2. Mengkonsumsi asparagus akan membantu menjaga kadar gula darah, meningkatkan sekresi insulin, dan memberikan efek anti-diabetes.

Menjaga Kesehatan Jantung

Asparagus memiliki serat yang mudah larut dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Ditambah lagi efek anti-inflamasi yang sangat baik dan tingkat antioksidan yang tinggi bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurunkan Resiko Depresi

Para peneliti telah menunjukkan bahwa asparagus adalah obat anti-kecemasan dan anti-depresan alami. Mengkonsumsi sayur ini membantu meningkatkan memori, meningkatkan produksi dan sekresi estrogen, serta memiliki efek revitalisasi dan menenangkan sistem saraf.

Meningkatkan Kesuburan

Asparagus mengandung zat anti-kecemasan. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan libido, jumlah sperma, dan motilitasnya pada pria. Pada wanita, asparagus efektif dalam sindrom menopause, anemia, dan meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment