Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Perlu Kamu Tahu

Memiliki tubuh yang selalu sehat adalah keinginan banyak orang. Berbagai macam cara ditempuh. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa manfaat puasa ternyata baik untuk kesehatan tubuh? Penyelidikan kedokteran modern telah mengakui manfaat puasa bagi kesehatan.

Manfaat Puasa Bagi KesehatanManfaat Puasa Bagi Kesehatan

Ahli kedokteran menyarankan kepada semua orang agar melakukan puasa. Dengan puasa, seseorang terhindar dari berbagai macam penyakit. Manfaat puasa bagi kesehatan tidak hanya baik untuk kesehatan jasmani, tapi juga baik untuk menjaga kesehatan rohani. Berikut ini manfaat puasa bagi kesehatan.

Mengurangi Kadar Gula Darah

Selama berpuasa tubuh kita meningkatkan pemecahan glukosa agar tubuh bisa memperoleh energi. Hal ini akan mengurangi produksi insulin yang terletak pankreas, dan glukagon diproduksi untuk memfasilitasi pemecahan glukosa. Dengan demikian puasa berarti bisa mengurangi gula darah.

Meningkatkan Pembakaran Lemak

Respon pertama oleh tubuh terhadap puasa adalah memecah glukosa. Ketika persediaan glukosa sudah habis, maka ketosis dimulai dengan memecah lemak untuk melepaskan energi. Lemak yang disimpan dalam ginjal dan otot juga akan dipecah untuk menghasilkan energi.

Manfaat Puasa Bagi KesehatanMengatasi Masalah Peradangan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa mempromosikan penyembuhan penyakit peradangan dan alergi. Contoh dari penyakit peradangan adalah seperti rematik atau rheumatoid arthritis, dan penyakit kulit seperti psoriasis. Beberapa ahli juga menyatakan bahwa puasa bisa meningkatkan penyembuhan penyakit radang usus seperti kolitis ulserativa.

Mengurangi Hipertensi

Puasa bermanfaat mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi tanpa menggunakan obat. Puasa juga membantu mengurangi risiko aterosklerosis, yaitu tersumbatnya arteri oleh partikel lemak yang menyebabkan darah tinggi. Selama puasa, metabolisme tubuh kita dalam batas yang stabil, sehingga dampak akhirnya adalah penurunan tekanan darah..

Meningkatkan Kebiasaan Diet Yang Sehat

Puasa akan mengurangi keinginan kita untuk makan atau ngemil makanan olahan, namun lebih mendorong keinginan kita untuk makan-makanan alami, terutama air, dan buah-buahan. Ini adalah salah satu cara yang baik untuk mempromosikan gaya hidup yang sehat.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ketika seseorang menjalankan diet yang seimbang di antara waktu puasa, maka mereka akan mendapatkan peningkatan kekebalan tubuh. Hal ini karena terjadi pelepasan racun dan pengurangan timbunan lemak dalam tubuh selama puasa.

Kesimpulan

Ada banyak manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat puasa bagi kesehatan tidak hanya baik untuk kesehatan jasmani, tapi juga baik untuk menjaga kesehatan rohani.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment