Nutrisi Dan Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Brokoli dikenal sebagai sayuran yang lezat dan kaya akan nutrisi. Tetapi ada juga orang yang tidak suka mengkonsumsi brokoli. Nutrisi dan manfaat brokoli untuk kesehatan lebih banyak dari sayuran lainnya. Bahkan banyak penelitian yang menunjukkan kalau sering mengkonsumsi brokoli bisa menurunkan resiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Bukan hanya itu saja, manfaat brokoli untuk kesehatan juga bisa membuat kulit dan rambut lebih sehat, meningkatkan energi, dan menurunkan berat badan. Jadi sangat cocok nih sayur brokoli masuk dalam daftar makanan untuk diet sehatmu. Informasi lebih lanjut tentang diet, baca juga Mitos dan Fakta Tentang Diet Yang Populer.

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan
Brokoli

Sayuran yang berwarna hijau ini merupakan kerabat dekat kubis dan kembang kol. Sebenarnya ada tiga jenis utama brokoli. Pertama calabrese brokoli yang paling umum dijumpai. Sprouting brokoli dan kembang kol ungu merupakan dua varietas lain dari sayuran ini dan banyak ditemukan di Eropa dan negara-negara Mediterania. Pembudidaya sayur brokoli terbesar di dunia sekarang adalah Cina yang diikuti oleh India, tetapi konsumen utama tetap negara-negara barat. Untuk mengkonsumsi brokoli, sayur ini bisa dimakan matang atau mentah. Tetapi cara terbaik dengan  mengukusnya, menggoreng sebentar, atau memakannya mentah sebagai salad hijau.

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Brokoli mengandung senyawa organik unik seperti fitonutrien glukosinolat, flavonoid, dan berbagai senyawa antioksidan lainnya. Sayur hijau ini juga mengandung mineral, dan vitamin (vitamin C, K, serat makanan, folat, potasium, selenium, vitamin A, B6, mangan, triptofan, dan fosfor). Selain lezat rasanya dan pengolahannya yang gampang. Brokoli juga memiliki berbagai manfaat kesehatan dan bisa sebagai obat. Berikut ini merupakan manfaat brokoli untuk kesehatan.

Melawan Kanker

Brokoli secara alami menjadi obat untuk banyak jenis kanker. Hal ini disebabkan karena adanya senyawa anti-karsinogenik yang kuat seperti glucoraphanin, diindolylmethane, beta-karoten, selenium dan nutrisi lain seperti vitamin C, A, dan E, seng, kalium dan asam amino. Nutrisi lain tersebut juga agen anti kanker yang baik.

Baik Untuk Detoksifikasi

Kandungan serat dalam brokoli membantu membuang racun dalam tubuh melalui saluran pencernaan. Kandungan nutrisi lain seperti vitamin C, sulfur, dan asam amino tertentu juga membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat dari tubuh dengan memurnikan darah dan menyingkirkan masalah yang berkaitan dengan racun.

Meningkatkan Kesehatan Tulang Dan Sistem Imun

Brokoli mengandung kalsium dan vitamin K, magnesium, seng dan fosfor tinggi. Zat ini penting untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis serta cocok untuk anak-anak, lansia, dan ibu menyusui.

Perawatan Kulit dan Anti Penuaan

Kandungan zat seperti antioksidan, vitamin C, dan mineral seperti tembaga dan seng dalam brokoli membantu menjaga kulit agar tetap sehat dan membuatnya bercahaya, sehat, serta berseri-seri.

Perawatan Mata

Zeaksantin, beta karoten, vitamin A, fosfor, dan vitamin lain seperti B kompleks, C, dan E yang ditemukan dalam brokoli akan membantu melindungi mata terhadap degenerasi makula dan katarak.

Mengatur Tekanan Darah dan Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan serat yang tinggi bersama dengan beta karoten, asam lemak omega 3, dan vitamin lainnya membantu mengurangi kolesterol jahat, dan menjaga jantung berfungsi dengan baik dengan mengatur tekanan darah.

Membantu Dalam Kehamilan

Brokoli merupakan salah satu jenis sayur yang penuh nutrisi penting untuk ibu hamil. Serat dalam brokoli akan menghilangkan konstipasi yang sangat umum terjadi selama kehamilan. Kandungan folat di dalamnya juga memastikan kalau tidak akan ada cacat lahir.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment