Penyebab Kematian Mendadak Yang Sering Terjadi

Banyak sekali kasus atau berita yang telah terjadi tentang seseorang yang meninggal dunia secara mendadak. Terkadang kita sering terkejut oleh berita kematian tersebut, padahal orang yang meninggal tidak punya riwayat penyakit kronis tertentu. Penyebab kematian mendadak inilah yang harus kita ketahui. Pada dasarnya dari hampir kebanyakan kasus, hampir semua penyebab kematian mendadak berasal dari gaya hidup.

Penyebab Kematian MendadakPenyebab Kematian Mendadak

Meninggalnya seseorang memang bisa disebabkan oleh banyak hal dan faktor. Apakah penyebab kematian mendadak berasal dari dalam tubuh seperti malfungsi organ dalam atau faktor eksternal seperti kecelakaan. Oleh karena itu, penting bagi kita mampu menyadari tanda dan gejala yang dapat menyebabkan kematian mendadak. Berikut ini beberapa penyebab kematian mendadak yang kerap terjadi.

Serangan Jantung

Punya penyakit jantung memang bisa menyebabkan kematian tiba-tiba. Dari semua jenis penyakit jantung yang ada, serangan jantung merupakan penyebab utama kematian mendadak di usia muda. Disisi lain mereka tidak punya riwayat penyakit ini sama sekali. Orang yang punya resiko tinggi terkena serangan jantung adalah orang yang mengalami hipertensi, diabetes, kegemukan, kolesterol tinggi, dan merokok. Jadi, penting bagi kita untuk tetap hidup sehat.

Serangan JantungPendarahan Otak

Penyebab selanjutnya yaitu pendarahan otak. Pendarahan otak yang berlebihan bisa menyebabkan kematian mendadak. Khusus pada orang lanjut usia, pendarahan otak ini sering disebabkan karena stroke. Sedangkan pada anak muda atau remaja, pendarahan otak umumnya terjadi karena pecahnya aneurisma atau pelebaran pembuluh darah otak.

Sebenarnya tidak semua orang memiliki aneurisma di otak mereka. Diperkirakan hanya 2 dari 100 orang dewasa di dunia yang memiliki aneurisma otak. Kondisi ini umumnya tidak bergejala atau hanya menyebabkan sakit kepala tiba-tiba kemudian menghilang. Tapi jika terjadi berlebihan, bisa membawamu ke kematian.

Pendarahan OtakAritmia

Selain serangan jantung, aritmatia juga bisa menyebabkan kematian mendadak. Aritmia merupakan kondisi jantung yang berdetak secara tidak teratur. Untuk orang lanjut usia, kondisi ini biasanya disebabkan karena kelainan kongenital seperti penyakit kardiomiopati hipertrofik dan sindrom Brugada.

Detak jantung yang tidak beraturan ini lah yang bisa menyebabkan jantung berhenti tiba-tiba setiap saat jika kamu terlalu kaget atau panik. Aritmia biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun sebelumnya. Jadi jika kamu merasakan ada suatu hal yang tidak beres di jantung, segera periksa ke dokter.

AritmiaEmboli Paru

Penyebab kematian mendadak yang sering terjadi terakhir adalah emboli paru. Emboli paru merupakan penyakit yang ditandai dengan penyumbatan tiba-tiba di pembuluh darah paru yang menyebabkan oksigen tidak bisa masuk ke paru-paru dan seluruh darah di dalam tubuh. Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh orang-orang dengan gangguan pembekuan darah seperti orang yang berbaring atau duduk dalam kondisi yang sangat panjang atau orang dengan gangguan pembuluh darah.

Emboli ParuKesimpulan

Banyak sekali faktor penyebab kematian termasuk meninggal secara mendadak walaupun tanpa riwayat penyakit tertentu. Ditambah lagi, hampir semua penyebab kematian mendadak berasal dari gaya hidup. Supaya tidak terlalu beresiko terlalu besar, lebih baik menjaga gaya hidup sehatmu.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment