Penyebab Vertigo, Gejala, Dan Pengobatan

Vertigo memiliki gejala sensasi atau diri kita dan keadaan sekitar tampaknya berputar-putar secara tiba-tiba. Untuk tahu cara mengatasinya, tentu saja kita harus tahu dulu penyebab vertigo. Vertigo biasanya menandakan bahwa kamu mungkin memiliki gangguan di salah satu dari dua bagian tubuh penting seperti telinga bagian dalam atau sistem saraf pusat.

Penyebab VertigoVertigo lebih parah gejalanya dari pada pusing biasa dan masih banyak orang yang juga salah pemahaman tentang penyebab vertigo. Sebenarnya, serangan vertigo dapat bervariasi mulai dari pusing ringan hingga berat yang muncul secara berkala dalam waktu yang lama. Serangan yang parah dapat berlanjut selama beberapa hari sehingga penderita tidak dapat melakukan aktivitas secara normal.

Penyebab Vertigo

Secara umum, vertigo merupakan gejala yang dipicu oleh distorsi atau gangguan mekanisme keseimbangan di telinga bagian dalam. Penyebab vertigo adalah adanya gangguan peradangan di telinga bagian dalam atau di dalam sistem saraf. Biasanya gejala vertigo muncul dengan gejala lain yang mengkhawatirkan seperti gerakan mata tak terkendali, hilangnya koordinasi otot, mual, dan muntah. Untuk lebih jelasnya, penyebab vertigo dapat dibagi menjadi dua kategori.

Vertigo Perifer (Peripheral Vertigo)

Tipe vertigo ini adalah jenis yang paling umum terjadi. Vertigo perifer dipicu oleh distorsi mekanisme keseimbangan di telinga bagian dalam yang dapat menyebabkan peradangan. Kondisi berikut diketahui menyebabkan vertigo.

  • Vestibular Neuritis. Vestibular Neuritis merupakan peradangan sistem vestibular yang dapat membingungkan otak sehingga menyebabkan vertigo. Sistem vestibular adalah sekelompok organ yang membantu menjaga keseimbangan kita, tapi tidak mempengaruhi pendengaran kita
  • Penyakit Meniere. Penyakit ini timbul karena jumlah cairan abnormal di telinga bagian dalam yang dapat menyebabkan gejala vertigo berulang, menyebabkan gangguan pendengaran permanen, tinnitus, dan perasaan tertekan di telinga
  • Labirinitis. Labirinitis ditandai oleh adanya peradangan di telinga bagian dalam atau labirin, jaringan saluran yang berisi cairan di telinga bagian dalam yang membantu kemampuan tubuh untuk seimbang
  • Vertigo Posisi Paroksismal Jinak (BPPV). BPPV menyebabkan vertigo ketika kristal kalsium karbonat terlepas dari lapisan telinga bagian dalam. Kamu bisa terkena kondisi ini jika terkena infeksi telinga, operasi telinga, cedera kepala atau istirahat di tempat tidur yang lama

Vertigo Central (Central Vertigo)

Kondisi ini disebabkan karena ada masalah dalam Sistem Saraf Pusat. Vertigo sentral cenderung memiliki durasi serangan yang lebih lama dibandingkan dengan vertigo perifer karena sifatnya yang lebih serius.

  • Migrain. Migrain adalah sakit kepala yang lebih menyakitkan dibandingkan dengan sakit kepala yang biasa. Penyebab pasti migrain sebagian besar tidak diketahui sehingga sulit bagi dokter untuk mendiagnosa vertigo
  • Neuroma Akustik. Neuroma akustik adalah kondisi yang didefinisikan oleh tumor jinak yang tumbuh di saraf utama telinga bagian dalam yang mengarah ke otak. Saraf ini berperan dalam keseimbangan dan pendengaran
  • Sklerosis Multipel. Kondisi ini adalah kondisi autoimun dimana myelin atau lapisan defensif yang menutupi sel-sel saraf meradang yang menyebabkan masalah koordinasi antara otak dan otot

Masalah Leher

Leher kita mengandung saraf yang bekerja sama dengan telinga bagian dalam untuk membantu menjaga keseimbangan dan menjaga otak kita tetap waspada. Jika ada malfungsi pada leher yang dapat membingungkan organ keseimbangan lain, maka akan menyebabkan vertigo.

Gejala Vertigo

Gejala utama yang terkait dengan vertigo adalah hilangnya keseimbangan. Tanda-tanda ini akan memicu orang dengan vertigo mengalami:

  • Kesulitan berdiri atau berjalan
  • Mual
  • Muntah
  • Berkeringat kadang disertai nistagmus (kelainan gerakan mata)
  • Pusing

Pengobatan Vertigo

Vertigo sebenarnya bukan penyakit tetapi sebuah gejala yang disebabkan oleh peradangan di telinga bagian dalam atau adanya kerusakan dalam sistem saraf kita.

pengobatan vertigoLatihan Untuk Penanganan Yang Disebabkan BPPV

BPPV dapat diobati dengan bantuan ahli terapi fisik. Jika diperlukan, dokter akan merekomendasikan beberapa langkah khusus untuk menangani BPPV.

  • Latihan Brandt-Daroff
  • Semont Maneuver
  • Epley Maneuver

Manuver Sederhana Untuk Labirinitis

Labirinitis umumnya disebabkan oleh infeksi virus dan dapat disembuhkan tanpa pengobatan. Namun, jika kamu mengalami kehilangan pendengaran mendadak, penting mengunjungi spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) atau spesialis audiovestibular.

Menangani Yang Disebabkan Penyakit Meniere

Jika kamu mengalami vertigo karena penyakit Meniere, penting bagi kita untuk menemukan tempat yang nyaman. Jika tinnitus juga terjadi, kamu bisa menggunakan terapi suara dan teknik relaksasi seperti yoga.

Rehabilitasi vestibular (VRT) adalah teknik lain yang dapat kamu coba untuk membantu menjaga keseimbangan. Dalam kasus yang parah, pembedahan mungkin diperlukan untuk membantu kamu mengelola kondisi yang lebih baik dalam jangka panjang.

Menggunakan Obat-obatan

Durasi minum obat yang diberikan oleh dokter tergantung pada tingkat keparahan vertigo tetapi umumnya selama tiga hari sampai dua minggu. Obat-obatan yang biasanya diberikan adalah:

  • Proklorperazin
  • Antihistamin
  • Betahistin

Menggunakan Aromaterapi

Cara terakhir ini mungkin bisa jadi alternatifmu paling aman. Aromaterapi adalah praktik menggunakan minyak esensial untuk mengobati berbagai kondisi yang dapat membantu meringankan vertigo saat kambuh. Minyak esensial yang paling efektif untuk melawan vertigo adalah Kemangi, Cypress (semacam pohon cemararosemary), Lavender, Jahe, Peppermint, Mawar, Rosemary, Sage, dan Tangerine.

Kesimpulan

Vertigo sebenarnya bukan penyakit tetapi sebuah gejala yang disebabkan oleh peradangan di telinga bagian dalam atau adanya kerusakan dalam sistem saraf kita. Vertigo memiliki gejala sensasi atau diri kita dan keadaan sekitar tampaknya berputar-putar secara tiba-tiba. Setelah kamu tahu penyebab vertigo, lebih baik langsung ke dokter untuk penanganan yang tepat.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment