Beberapa Tipe, Gejala, Dan Pencegahan Diabetes

Pencegahan Diabetes – Banyak orang di Indonesia menderita diabetes. Diabetes merupakan penyakit kronis jangka panjang yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Agar tidak terkena diabetes diusia muda, kita perlu tahu dulu tentang tipe, gejala, dan pencegahan diabetes. Sebenarnya, diabetes bukanlah penyakit gula darah seperti yang kita telah tahu, melainkan gangguan insulin dan leptin. Hal ini terjadi karena gangguan pada sistem metabolisme dalam tubuh.

Tipe, Gejala, Dan Pencegahan Diabetes

Glukosa berperan sangat penting bagi kesehatan kita. Glukosa merupakan energi utama untuk otak dan sel-sel yang membentuk otot dan jaringan di tubuh kita. Sebelum mengetahui gejala dan pencegahan diabetes, ada dua tipe diabetes yang perlu kita tahu. Penyakit ini memiliki dua tipe utama yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Beberapa Tipe Gejala Dan Pencegahan Diabetes
Pencegahan Diabetes

Tipe Dan Karakteristik Diabetes

Seperti yang kita tahu kalau diabetes dibagi menjadi 2 tipe yaitu tipe 1 dan 2. Sebenarnya karakteristik diabetes pada tipe 1 dan 2 hampir sama. Sedangkan gejala tipe 1 dan 2 hampir tidak bisa dibedakan. Namun, ada beberapa hal yang bisa membedakan antara gejala diabetes tipe 1 dan 2.

Diabetes Tipe 1 (Diabetes Mellitus)

Diabetes tipe 1 dikenal juga sebagai diabetes mellitus dan gejalanya sering datang tiba-tiba. Diabetes tipe 1 umumnya menyerang orang di bawah usia 20 tahun. Para penderita biasanya punya badan yang kurus. Diabetes tipe 1 merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa dalam darah atau gula darah tinggi.

Diabetes ini disebabkan oleh kerusakan pankreas sehingga produksi insulin pun berkurang. Oleh karena itu, para penderita diabetes mellitus ini perlu diberi insulin selama sisa hidup mereka. Jika mengalami kegagalan atau tidak segera ditangani bisa mengakibatkan kematian. Diabetes tipe 1 ini sangat sulit diprediksi dan dicegah karena merupakan kelainan genetik yang ada sejak lahir.

Diabetes Tipe 2

Untuk diabetes tipe 2 biasanya menyerang orang yang berusia di atas 35 tahun. Apalagi orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas. Gejala diabetes tipe 2 akan berkembang secara bertahap. Gejalanya ditandai dengan penyembuhan luka yang lambat atau rasa sakit dan mati rasa di kaki. Diabetes tipe 2 disebabkan oleh resistensi insulin. Insulinnya memang sudah cukup, namun tidak berfungsi dengan baik dalam mengontrol kadar gula darah. Sehingga para penderitanya harus mengkonsumsi obat-obatan. Tipe 2 ini bisa dicegah dibanding tipe 1 karena biasanya menyerang orang dengan kebiasaan makan yang tidak sehat dan jarang berolahraga.

Gejala Diabetes

Segala jenis umur baik muda atau tua, hidup sehat atau tidak, penting bagi kita untuk mengetahui gejala awal diabetes. Dikarenakan penyakit diabetes tidak datang tiba-tiba. Ada beberapa gejala diabetes yang biasa dialami oleh penderitanya. Berikut ini adalah beberapa gejala diabetes secara umum.

  • Haus yang berlebihan
  • Sering buang air kecil terutama di malam hari
  • Rasa lapar yang ekstrim bahkan setelah makan
  • Berat badan yang tidak biasa
  • Meningkatnya kelelahan
  • Penglihatan kabur
  • Lambatnya penyembuhan luka
  • Iritabilitas
  • Mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki
  • Mual dan muntah
  • Infeksi yang sering di kulit, kandung kemih, dan vagina

Pencegahan Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis jangka panjang yang tidak bisa disembuhkan secara total. Oleh karena itu pencegahan perlu dilakukan secara dini.

Sekali saja kamu menderita diabetes, maka kamu harus hidup dengan penyakit ini selama sisa hidupmu. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari diabetes dengan beberapa pencegahan. Berikut beberapa tips untuk menghindari gejala diabetes pada usia muda.

  • Mengkonsumsi makanan sehat. Penyakit diabetes bisa terjadi apabila gaya hidup dan pola makan kita tidak sehat. Untuk mencegah diabetes dikemudian hari, mulailah mengkonsumsi makanan sehat. Kurangi asupan gula, makanan berlemak, makanan cepat saji, atau gorengan setiap hari.
  • Gerakan tubuh atau berolahraga secara teratur. Kurangnya olahraga juga bisa menyebabkan diabetes walau kecil kemungkinannya. Tapi pencegahan pun perlu dilakukan. Mulailah perbanyak kegiatan di luar ruangan daripada bermain gadget di ruangan.
  • Mengontrol berat badan. Kita tahu kalau obesitas tipe 2 sering menyerang orang obesitas. Untuk mencegahnya, kendalikan berat badanmu dengan berdiet sehat dan berolahraga secara teratur.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment