Aneka Hidangan Sup Tradisional Khas Rusia

Makanan khas Rusia sangat beragam. Selain minuman tradisional, Rusia memiliki berbagai hidangan khas dan salah satunya yaitu aneka hidangan sup tradisional khas Rusia. Sup traditional khas rusia tak kalah enaknya dan sangat gampang untuk dibuat. Sehingga kamu dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah. Beberapa sup tradisional khas Rusia yaitu borscht, shchi, ukha, rassolnik, solyanka, botvinya, okroshka, dan tyurya. Sebenarnya sup khas Rusia dibagi menjadi dua jenis yaitu sup panas dan sup dingin. Untuk sup dingin biasanya disajikan di musim panas. Berikut ini merupakan sup tradisional khas Rusia.

Sup Tradisional Khas Rusia Yang Dingin

Botvinya

Nama sup dingin yang pertama yaitu Botvinya yang berasal dari kata Rusia “botva” yang berarti pucuk daun atau akar sayuran dalam Bahasa Rusia. Biasanya sup ini terbuat dari daun bit muda, mentimun, dan buah lainnya. Kemudian ditambahkan susu asam, mustard, bawang putih, dan bumbu lainnya.

Aneka Hidangan Sup Tradisional Khas Rusia
Botvinya

Okroshka

Okroshka merupakan sup dingin yang terbuat dari Kvass atau susu asam. Bahan utamanya yaitu dua jenis sayuran yang dicampur dengan daging atau ikan rebus dingin. Untuk proporsinya 1:1 jadi bahannya sama banyak. Nah untuk jenis sayurannya kan dua jenis, untuk sayur jenis pertama harus sayur yang memiliki cita rasa netral seperti kentang rebus, lobak, wortel atau mentimun. Sedangkan untuk jenis sayur yang kedua harus pedas seperti bawang, bumbu, peterseli, dan seledri lalu tambahkan krim kental.

Aneka Hidangan Sup Tradisional Khas Rusia
Okroshka

Sup Tradisional Khas Rusia Yang Panas

Shchi

Banyak bahan yang digunakan untuk sup panas terutama sup shchi. Bahan utama yang wajib digunakan untuk membuat sup ini yaitu kubis. Kubis dicampur dengan ikan atau daging jamur, wortel, basil, bawang, seledri, bawang putih, lada, dan bahan-bahan lain yang memiliki rasa asam seperti smetana, apel, sauerkraut, dan air acar. Sup shchi biasanya dimakan dengan roti.

Aneka Hidangan Sup Tradisional Khas Rusia
Shchi

Rassolnik

Sup panas kedua ini terbuat dari air acar mentimun yang memiliki rasa asin dan asam. Sesuai dengan nama supnya “rassol” yang berarti air asin atau air acar dalam Bahasa Rusia. Air acar dikenal untuk digunakan sebagai dasar untuk membuat sup sejak abad ke-15. Setelah itu beberapa bahan bisa ditambahkan. Yang biasa ditambahkan ke sup ini yaitu jeroan ayam atau unggas lainnya, ginjal dan hati sapi.

Aneka Hidangan Sup Tradisional Khas Rusia
Rassolnik

Solyanka

Solyanka adalah sup krim yang menggabungkan komponen shchi (sup kubis diatas) dan rassolnik (air acar dan mentimun acar). Kemudian bahan tersebut dicampur dengan beberapa rempah-rempah seperti zaitun, caper, tomat, lemon, jus lemon, kvass, dan jamur yang telah diasinkan atau dibumbui. Sebenarnya ada tiga jenis solyanka yaitu yang terbuat dari kaldu daging, kaldu ikan, dan kaldu jamur atau kaldu sayur. Semua jenis sup juga dicampur dengan air acar mentimun.

Aneka Hidangan Sup Tradisional Khas Rusia
Solyanka


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment