Aneka Variasi Bakso Unik Dan Enak Di Indonesia

Aneka Variasi Bakso
Aneka Variasi Bakso

Aneka Variasi Bakso – Bakso merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Baru-baru ini, kreasi olahan daging lezat ini lebih beragam. Ada beberapa aneka variasi bakso yang unik dan enak perlu kamu tahu guys. Munculnya kreatifitas dan inovasi di bidang kuliner karena persaingan yang sangat ketat. Seperti yang kita tahu, aneka variasi bakso inipun beragam dan banyak orang yang sudah berjualan mulai dari restoran bintang lima hingga pedagang keliling.

Aneka Variasi Bakso Di Indonesia

Persaingan bisnis di bidang kuliner inilah yang menuntut para pedagang membuat inovasi dan berbagai aneka variasi bakso. Kreasi ini lah yang menjadi daya tarik baru bagi pelanggan. Sehingga para pembeli tetap mengunjungi toko tersebut. Para pedagang bakso bahkan ada yang memodifikasi produk olahan mereka jual mulai dari bentuk hingga penyajian secara keseluruhan. Menariknya, bakso unik dan enak ini hanya ada di Indonesia guys. Berikut ini beberapa olahan aneka variasi bakso yang perlu kamu coba.

Bakso Beranak

Variasi bakso pertama yaitu bakso raksasa. Seperti yang  kita tahu kalau ukuran bakso normalnya hanya sebesar sendok makan atau lebih kecil. Akhir-akhir ini penggemar bakso di Indonesia dikejutkan dengan ukuran bakso beranak yang berukuran raksasa. Bakso beranak ini ukurannya bisa sampai 5 kali dari ukuran bakso biasa. Wah baru liat aja kayaknya udah bikin kenyang guys. Sesuai dengan namanya, ukuran bakso ini bahkan lebih besar dari mangkuk yang digunakan sebagai wadah. Yang lebih uniknya lagi nih guys, karena namanya bakso beranak dan ukurannya memang luar biasa besar, bakso berfungsi sebagai mangkuk yang dapat menampung satu porsi bakso di dalamnya. Intinya beberapa macam bakso kecil di dalam satu bakso besar sebagai wadahnya.

Aneka Variasi Bakso
Aneka Variasi Bakso 1

Bakso Bakar

Variasi selanjutnya yaitu bakso bakar. Sesuai namanya, penyajian bakso ini dibakar dulu seperti sate. Bakso bakar bisa juga sebagai pengganti ayam atau daging lainnya untuk sate. Baksonya ditusuk dengan bambu dulu, lalu diolesi dengan bumbu, dan dipanggang. Untuk sausnya, bisa menggunakan saus cabai atau menggunakan saus sate kacang yang khas. Karena pembuatannya lumayan gampang, bakso bakar cukup terkenal di berbagai tempat. Sudah banyak pedagang kaki lima atau pedagang keliling menjual bakso bakar ini.

Aneka Variasi Bakso
Aneka Variasi Bakso 2

Bakso Aci Garut

Aneka variasi bakso unik dan enak selanjutnya yaitu bakso aci garut. Nah. Bakso ini berbeda dengan olahan bakso pada umumnya yang menggunakan bahan dasar daging ayam atau daging sapi guys. Bahan utama bakso aci lezat ini tentu dibuat dengan pati tanpa campuran daging sama sekali. Tentunya kenyal ya bila dimakan. Sedangkan supaya memiliki rasa daging khas bakso, pada adonan patinya dicampur dengan kaldu ayam dan kaldu sapi. Walaupun berbeda, bakso aci garut ini sangat terkenal dan memiliki daya tarik tersendiri serta banyak penggemarnya.

Aneka Variasi Bakso
Aneka Variasi Bakso 3

Bakso Penyet

Variasi bakso terakhir yaitu bakso penyet. Bakso umumnya disajikan dengan kuah kaldu ayam atau sapi dan dicampur mie, irisan seledri, dan bawang goreng. Berbeda dengan bakso penyet, olahan ini disajikan sebagai hidangan pecel lele lengkap dengan saus tomat, mentimun, daun kemangi, dan lainnya. Seperti olahan penyet lainnya, baksonya digoreng dulu ya tidak direbus sebelum disajikan dengan sambal dan lalap. Buat para penggemar kuliner, bakso penyet bisa jadi alternative apabila kamu bosan dengan makanan berkuah.

Aneka Variasi Bakso
Aneka Variasi Bakso 4

Kesimpulan

Bakso merupakan makanan olahan daging yang biasa disajikan dengan kuah kaldu, mie, saun seledri, dan lainnya. Tetapi karena persaingan yang ketat di dunia kuliner, aneka variasi bakso yang unik dan enak pun muncul dan menjadi daya tarik sendiri. Variasi makanan ini seperti bakso beranak, bakso bakar, bakso penyet, dan bakso aci garut.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment