Cara Menghilangkan Rasa Pedas Dengan Makanan

Rasa pedas sebenarnya tidak termasuk rasa yang bisa dirasakan lidah, tetapi sensasi yang muncul akibat zat kimia bernama capsaicin. Buat kamu yang suka makanan pedas, ada banyak cara menghilangkan rasa pedas. Salah satunya dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini. Sensasi rasa pedas pada makanan akan terasa nikmat dan menagihkan. Banyak orang hanya meminum air dingin untuk menghilangkan rasa pedas, padahal ada cara lain yang lebih efektif.

Cara Menghilangkan Rasa Pedas Dengan Makanan
Makanan Pedas

Menghilangkan Rasa Pedas Dengan Makanan

Saat kita menyantap makanan pedas, maka lidah dan mulut akan terasa panas seperti terbakar. Ini dikarenakan adanya zat capsaicin pada bumbu atau makanan tersebut. Biasanya, orang-orang akan langsung minum air untuk menghilangkan rasa pedas. Tetapi sering kali setelah minum rasa pedas tidak hilang, sebaliknya malah membuat kita kembung karena terlalu banyak minum air. Nah, rasa pedas itu sebenarnya bisa dihilangkan dengan makanan, bukan minuman saja. Berikut makanan yang bisa menghilangkan rasa pedas.

Baca juga 4 Makanan Paling Aneh Yang Ada Di Indonesia

Jeruk Nipis

Makanan pertama yang bisa menghilangkan pedas yaitu buah jeruk nipis. Jeruk nipis memang terkenal akan sejuta manfaatnya. Saat makan makanan pedas, maka lidah kita akan terasa panas seperti terbakar. Buat kamu yang ada jeruk nipis di rumah, caranya bisa dengan memotong jeruk nipis dan langsung menghisapnya. Walaupun rasanya kadang asam, jeruk nipis dipercaya memiliki efek mendinginkan lidah dari rasa terbakar.

Susu

Makanan selanjutnya yaitu susu atau produk olahan susu lainnya nih seperti keju dan yogurt. Makanan ini diyakini dapat meredakan rasa pedas di lidah dan bibir. Rasa pedas bisa hilang karena susu mengandung lemak yang bisa menetralisir rasa pedas di mulut. Jadi, jika kamu makan makanan yang super pedas nih, jangan lupa sediakan susu disampingnya. Meminum susu atau produk olahan susu lainnya lebih efektif dari pada air putih.

Selai kacang

Selai kacang juga bisa menetralisi rasa pedas. Makan selai kacang bisa membantu menetralisir rasa pedas di lidah karena mengandung banyak lemak. Ditambah lagi rasanya yang enak dan manis yan bisa menutupi rasa pedas tersebut. Oleh karena itu, selai kacang sangat efektif mendinginkan rasa pedas di lidah.

Gula

Makanan lain yang ampuh untuk menghilangkan rasa pedas adalah gula. Ketika kamu makan makanan pedas dan lidahmu terasa panas terbakar, taruh gula di lidahmu dan hisap selama 30 detik. Setelah menghisap gula maka rasa pedas akan langsung berkurang. Itu karena gula bisa menyerap rasa pedas di lidah.

Nasi

Makanan selanjutnya yang efektif mengatasi pedas yaitu nasi. Butir nasi dipercaya untuk menyerap rasa pedas dan panas di mulut. Untuk membuktikannya , kamu bisa langsung mencobanya walau memang akan mengakibatkan kita tambah kenyang jika makan nasi. Untuk menghilangkannya, makan beberapa sendok nasi putih ketika kamu merasa pedas.

Jus Buah

Jenis makanan yang terakhir yaitu jus buah atau memakan buahnya yang masih segar langsung juga bisa. Biasanya, efek lain yang akan kamu rasakan karena terlalu pedas adalah timbulnya pusing. Jika kamu mengalami ini, maka kamu akan merasa dehidrasi. Segeralah minum jus buah untuk menetralisir rasa pedas dan menghilangkan pusing di kepala.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment