Hidangan Penutup Dessert Khas Italia Terkenal

Setiap negara mempunyai hidangan penutup atau dessert yang berbeda-beda. Buat kamu yang lagi traveling ke Italia nih, ada beberapa makanan pencuci mulut atau dessert khas Italia yang terkenal enak. Beberapa negara lain bahkan ada yang menjual dessert khas italia ini. Dessert biasanya mempunyai rasa manis dan menyegarkan, terkadang ada yang berasa asin atau kombinasinya. Fungsi dessert sendiri yaitu sebagai hidangan yang menyegarkan setelah menyantap hidangan utama.

Negara Italia merupakan salah satu negara yang sukses di bidang kuliner. Bahkan dessert khas italia pun terkenal ke mancanegara. Seperti yang kita tahu, banyak makanan dan dessert khas Italia memiliki kualitas tinggi dan telah diakui oleh dunia. Karena terkenal kualitasnya, kebanyakan makanan Italia dikaitkan dengan makanan berkualitas bintang lima yang mahal. Berikut ini dessert khas Italia yang terkenal.

Dessert Khas Italia

Cassata

Hidangan penutup terkenal Italia pertama yaitu Cassata atau yang lebih dikenal cassata siciliana. Cassata merupakan salah satu menu makanan penutup tradisional Sisilia, Palermo, Italia. Makanan manis ini terdiri dari kue bolu yang dibasahi dengan jus buah. Setelah itu, kue bolu tersebut dilapisi dengan keju ricotta, kepingan coklat, atau potongan buah segar diatasnya. Kue Cassata juga dilengkapi dengan berbagai warna seperti merah muda, pastel atau berwarna hijau yang dihias dengan apik. Sedangkan Cassata dengan manisan buah diatasnya, menggambarkan ceri dan irisan khas jeruk dari Sisilia.

Hidangan Penutup Dessert Khas Italia Terkenal
Cassata

Rum Baba

Dessert khas Italia selanjutnya yaitu Rum Baba atau baba au rhum. Rum Baba merupakan salah satu menu makanan penutup yang terkenal dari Italia. Dessert ini terbuat dari telur, ragi, susu, dan mentega. Kadang-kadang Rum Baba juga diisi dengan krim kue atau krim lainnya. Untuk ukurannya, Rum Baba biasanya dibuat dalam porsi individu yang kecil. Tetapi, kadang-kadang dibuat dalam bentuk yang lebih besar. Sebenarnya, sejarah kue ini dibawa dari Perancis. Hanya saja sangat populer dan dikenal sebagai Neapolitan khusus. Bentuk asli rum baba itu mirip dengan babka, kue ragi silindris yang tinggi.

Hidangan Penutup Dessert Khas Italia Terkenal
Rum Baba

Cannoli

Cannoli merupakan salah satu kue khas Italia yang juga berasal dari wilayah Sisilia dan merupakan makanan pokok dari masakan Sisilia. Di Italia, Cannoli umumnya dikenal sebagai Cannoli Siciliani. Dessert yang satu ini juga memiliki rasa manis. Cannoli sangat populer di masakan Italia-Amerika. Hidangan penutup ini terdiri dari adonan berbentuk tabung. Adonan berbentuk tabung tersebut kemudian digoreng dan diisi dengan krim manis yang biasanya mengandung ricotta. Ukuran Cannoli sendiri ada beragam. Yang pasti ukuran dessert ini tidak lebih besar dari jari kita.

Hidangan Penutup Dessert Khas Italia Terkenal
Cannoli

Panna Cotta

Dessert khas italia yang enak terakhir itu Panna Cota. Panna cotta merupakan hidangan pencuci mulut Italia yang memiliki rasa manis pada krim dengan gelatin. Panna Cota sebenarnya hampir mirip seperti pudding yang ditambah krim khusus. Untuk krim dessert ini, krim bisa dibumbui dengan menambah rempah-rempah atau dengan menambahkan rum, kopi, vanili, dan rasa lainnya. Hidangan penutup ini sering disajikan dengan coulis berry, karamel atau saus cokelat diatasnya yang menambah rasa manis. Untuk toping lainnya, kamu bisa menambahkan buah atau dengan minuman ainnya.

Hidangan Penutup Dessert Khas Italia Terkenal
Panna Cotta


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment