Hwajeon Kue Khas Korea dari Kelopak Bunga Asli

Mana si orang yang ga tahu negara Korea. Yup, Korea terkenal karena boyband dan girlband nya yang digemari para remaja bahkan hampir diseluruh dunia. Tapi kali ini aku akan bahas Hwajeon kue khas korea dari kelopak bunga asli. Hwajeon merupakan kue khas Korea dari kelopak bunga asli yang dibuat selama musim semi. Kue ini biasanya dimakan saat piknik atau bepergian. Sebenarnya Hwajeon sejenis kue beras yang biasanya digunakan sebagai makanan penutup atau camilan. Bentuknya lebih mirip pancake dengan rasa yang cenderung manis.

Hwajeon Kue Khas Korea

Kue Hwajeon khas korea ini termasuk unik karena taburan bunga di atasnya. Bunga yang paling umum digunakan untuk bahan kue hwajeon adalah bunga Jindallae atau azalea, bunga mawar, bunga krisan, bunga sakura, atau bunga pir. Kue hwajeon khas Korea ini merupakan hidangan tradisional yang selalu muncul di festival musim semi Korea. Dengan tekstur yang sangat lembut dan meleleh di mulut disertai aroma bunga yang harum, kue ini punya banyak penggemar. Jenis bunga yang digunakan sudah pasti bunga yang memiliki rasa manis, tidak beracun, dan pastinya bisa dimakan. Jadi aman kog guys untuk dikonsumsi.

Hwajeon Kue Khas Korea dari Kelopak Bunga Asli
Hwajeon Kue Khas Korea

Kue Hwajeon khas korea ini selalu dimakan pada saat hwajeon nori, sebuah tradisi yang telah berlangsung sejak Dinasti Goryeo dan masih dilakukan sampai sekarang. Hwajeon biasanya dimakan bersama dengan jindallae hwachae. Jindallae hwachae merupakan minuman yang terbuat dari campuran air, madu, azalea, dan gukhwaju atau anggur beras yang terbuat dari azalea. Tradisi mengkonsumsi hwajeon disebut kkot darim berarti ‘membuat bunga’.

Pada musim semi festival Samjinnal, para wanita di Korea akan pergi piknik dan membawa tepung beras dengan wajan yang tebal. Mereka akan mengambil bunga azalea yang sedang mekar disana langsung dan segera membuat kue hwajeon. Kue hwajeon sudah menjadi kewajiban untuk piknik. Kemudian kue ini akan dimakan bersama sambil menikmati pemandangan pegunungan di musim semi.

Membuat kue ini sebenarnya sangat mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tepung beras ketan, garam, air panas, minyak sayur, bunga azalea (bisa diganti dengan bunga krisan atau seruni), dan madu. Sedangkan untuk peletakan kelopak bunga pada kue ini membuat tampilan visual yang khas. Orang Korea biasanya makan hwajeon yang masih hangat dengan sirup atau madu sehingga rasanya akan lebih manis. Apabila kamu sedang berkunjung ke korea dan ingin mencicipi kue hwajeon, jangan khawatir guys karena kamu dapat dengan mudah menemukan penjual hwajeon di tempat umum atau pasar di Korea Selatan.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment