Makanan Khas Korea Selatan Harus Kamu Tahu

Makanan Khas Korea Selatan
Makanan Khas Korea Selatan

Negara Korea memang kaya akan boyband atau girlband nya. Tidak hanya industri dunia hiburan atau perfilman yang tersohor ke seluruh dunia, tapi makanan khas Korea Selatan juga banyak digemari. Wisata kuliner Seoul adalah suatu keharusan yang perlu kamu cicipi jika sedang bepergian ke ibukota Korea Selatan ini. Di Indonesia pun, makanan khas negara ginseng tersebut mudah di dapat karena banyak restoran menyajikan menunya.

Makanan Khas Korea Selatan Terkenal

Budaya dan karakteristik suatu negara memang bisa tercermin dari cita rasa masakan khas yang dibuat oleh masyarakatnya. Khusus di negara Korea Selatan, ada rasa khas tersendiri yang hanya ditemukan di wisata kulinernya. Salah satu makanan khas yang terkenal yaitu kimchi. Mungkin hampir semua orang tahu makanan ini. Berikut ini beberapa makanan khas negara ginseng yang harus kamu tahu.

Bibimbap

Makanan yang pertama yaitu Bibimpab. Mungkin kamu familiar dengan hidangan ini ya guys karena banyak restoran di seluruh dunia menyajikannya. Bibimpab merupakan Korean signature dish. Arti kata Bibimpab dalam korea yaitu nasi campur. Makanan ini terbuat dari campuran nasi putih sebagai bahan dasar utamanya, namul (berbagai sayuran yang baru ditumis dan dibumbui), dan gochujang (saus cabai Korea).

Makanan Khas Korea Selatan
Makanan Khas Korea Selatan 1

Kamu bisa memvariasi isi makanan ini sesuai keinginanmu. Biasanya, orang-orang akan menambahkan daging sapi dan telur sapi setengah matang ke campuran Bibimbap. Sayurannya juga bisa kamu ganti sesuai selera. Bibimbap biasanya disajikan dalam mangkuk batu panas. Tujuannya untuk menjaga hidangan ini tetap panas saat mau dimakan.

Korea BBQ

Korean BBQ sebenarnya hampir sama seperti BBQ pada umumnya dengan cara dipanggang. Daging sapi, babi atau daging ayam umumnya yang digunakan. Tapi yang paling banyak disajikan di Korea Selatan adalah daging sapi dan babi. Di restoran, daging yang disajikan ada yang dibumbui atau tidak dibumbui dulu. Kamu bisa memilih mau memanggang yang mana karena rasanya sama-sama enak. Daging yang telah matang biasanya disajikan dan dimakan dengan cara membungkusnya dulu dengan daun selada segar dan kimchi. Yang membedakan hanya cara makannya dan bumbu yang digunakan.

Makanan Khas Korea Selatan
Makanan Khas Korea Selatan 2

Bulgogi

Makanan selanjutnya yaitu bulgogi. Bahan utama makanan ini adalah daging. Bulgogi dimasak dengan panggangan besi dan api panas. Daging yang digunakan biasanya terbuat dari daging sapi sirloin yang diiris tipis. Sebelum dipanggang, daging dilapisi dengan saus dulu untuk meningkatkan rasa. Makanan ini biasanya dilengkapi dengan potongan bawang, daun bawang, dan jamur untuk melengkapi rasa daging yang kuat.

Makanan Khas Korea Selatan
Makanan Khas Korea Selatan 3

Ayam Goreng

Makanan khas selanjutnya yaitu ayam goreng. Selain hidangan daging sapi dan babi, orang Korea juga suka makan ayam terutama jenis ayam goreng. Buat kita makan daging ayam merupakan makanan utama dan makanan berat. Tetapi di Korea Selatan, ayam goreng dikonsumsi sebagai hidangan pembuka, anju (makanan yang disajikan dan dimakan dengan minuman), atau sebagai makanan ringan setelah makan.

Makanan Khas Korea Selatan
Makanan Khas Korea Selatan 4

Ayam goreng khas negara ginseng ini agak sedikit berbeda dari lainnya. Ayamnya digoreng dua kali. Karena itulah, kulitnya lebih renyah dan tidak terlalu berminyak. Ayam biasanya dibumbui dengan bumbu, gula, dan garam, sebelum dan sesudah digoreng.

Soju

Hidangan khas Korea yang terakhir sebenarnya lebih ke pelengkap makanan. Orang Korea bila makan selalu ditemani dengan Soju. Soju adalah minuman beralkohol andalan di Korea Selatan. Soju merupakan minuman pendamping yang biasanya diminum sambil menikmati daging panggang. Untuk rasanya hampir mirip seperti Vodka. Hanya saja terasa lebih ringan dan sedikit lebih manis. Sudah jadi tradisi disana, kombinasi BBQ dan Soju dimusim dingin sebagai penghangat badan.

Makanan Khas Korea Selatan
Makanan Khas Korea Selatan 5

Kesimpulan

Negara Korea tidak hanya industri dunia hiburannya yang tersohor ke seluruh dunia, tapi makanan khas Korea Selatan juga banyak digemari.

Khusus di negara ginseng ini, ada rasa khas tersendiri yang hanya ditemukan di wisata kulinernya. Makanan khas yang terkenal seperti bibimbap, BBQ, bulgogi, ayam goreng, dan soju minuman pelengkapnya.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment