Makanan Khas Papua Unik Perlu Kamu Tahu

Bila kita mengunjungi daerah lain, memang tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan khas daerah tersebut. Salah satunya jika mengunjungi Papua yang sangat terkenal akan budaya dan makanan khas Papua yang beragam dan enak. Mencicipi makanan khas Papua akan menjadi tantangan baru buat pecinta kuliner karena meskipun terlihat  aneh, tapi memiliki rasa yang enak dan unik.

Makanan Khas PapuaMakanan Khas Papua

Makanan khas Papua sangat beragam. Buat kamu yang tidak terbiasa mungkin akan terasa aneh jika melihatnya untuk pertama kali. Jangan khawatir, walau tampak tak lazim, makanan tersebut bisa dimakan dan tentunya kita perlu menyesuaikan lidah. Banyak jenis makanan daerah ini tidak dikonsumsi di daerah lain. Berikut ini beberapa makanan khas Papua yang perlu kamu tahu.

Papeda

Makanan pertama yang paling popular adalah papeda. Saking populernya, makanan tradisional ini banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung. Papeda sebenarnya terbuat dari tepung sagu yang diproses sedemikian rupa sampai mengental dan rasanya gurih.

Walaupun terlihat agak aneh seperti bubur, tapi rasanya enak dan sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Kamu bisa menemukan hidangan satu ini di tempat-tempat ramai. Bahkan para pedagang kaki lima juga menjajakan papeda.

PapedaKue Lontar

Kue lontar adalah salah satu makanan khas Papua yang terbuat dari pohon palem lontar. Biasanya, pohon lontar ini hanya diambil daun dan buahnya. Kalau di Papua, pohon ini bisa diubah menjadi kue yang lezat. Sepintas, bentuk kue lontar memang mirip dengan kue catur atau kue susu, makanan khas Bali. Sekarang, sudah banyak yang mengkreasi kue lontar dengan menambah susu dan gula.

Kue LontarSate Ulat Sagu

Sate ulat sagu juga tidak kalah terkenal dari makanan lain. Sate pada umumnya tentu memiliki rasa yang enak karena terbuat dari daging di bakar. Di Papua, bahan untuk sate terbilang cukup ekstrim yaitu menggunakan ulat. Ulat yang digunakan bukanlah ulat kecil yang berbulu, melainkan ulat sagu.

Ulat sagu besarnya hampir sejari orang dewasa. Makanan unik ini sangat sehat dan menawarkan banyak manfaat kesehatan. Di Irian, sate ulat dianggap bisa meningkatkan energi dan menurunkan kolesterol. Buat kamu yang penasaran nih, ulat sagu ternyata sangat kenyal ketika dimakan dan bisa membuat kamu ketagihan.

Sate Ulat SaguSagu Lempeng

Seperti hal nya beras sebagai makanan pokok daerah lain, sagu merupakan salah satu makanan pokok di Papua. Kue sagu merupakan camilan khas masyarakat Irian. Kue ini biasanya dikonsumsi dengan teh atau kopi pada sore hari. Sadu lempeng ini sedikit berbeda dengan kue pada umumnya yang lembut. Lempeng sagu cukup keras dan kamu mungkin merasakan sakit gigi saat menggigit.

Sagu LempengKue Bagea

Makanan khas Papua terakhir yaitu kue bagea. Kue ini merupakan oleh-oleh tradisional yang tahan lama dan bisa bertahan hingga 3 hari. Kue bagea merupakan abon gulung yang diisi dengan berbagai rasa di dalamnya. Kue ini tidak hanya memiliki rasa yang gurih tetapi juga manis. Varian rasanya seperti rasa ayam, stroberi, cokelat dan isian lainnya.

Kue BageaKesimpulan

Papua adalah bagian dari Indonesia sangat terkenal dengan budaya dan makanan khas Papua. Makanan Papua sangat beragam dan unik, tapi enak rasanya. Makanan tradisional terkenal dari daerah ini adalah kue Lontar, sagu lempeng, papeda, sate ulat dagu, dan kue Bagea.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment