Makanan Khas Thailand Yang Perlu Kamu Tahu

Makanan Khas Thailand
Makanan Khas Thailand

Thailand memang terkenal akan banyak hal, salah satunya yaitu makanan khas Thailand yang populer. Banyak wisatawan dari seluruh penjuru dunia berkunjung setiap tahun ke pantai yang indah dan mengunjungi kuil-kuil menakjubkan di negara gajah ini. apalagi kerajan disana merupakan asal seni bela diri campuran Muay Thai. Namun, yang lebih terkenal dari semua itu adalah makanan khas Thailand. Makanan negara ini terkenal di seluruh dunia sebagai salah satu masakan paling lezat dan beraroma.

Makanan Khas Thailand

Bahan yang digunakan untuk menambah aroma dan rasa seperti cabai Thailand, bawang putih, bumbu dan banyak bahan aromatik lainnya. Makanan khas Thailand meliputi berbagai jenis hidangan termasuk mie, nasi, salad, sup, dan makanan panggang. Berikut ini makanan khas Thailand yang perlu kamu tahu.

Tom Yum Goong

Tom Yum adalah salah satu hidangan paling terkenal dari Thailand. Tom Yum merupakan sup asam dan pedas yang biasanya dibuat dengan serai, lengkuas, daun jeruk purut, cabai, bawang putih, jamur, tomat, bawang, ketumbar, saus ikan, dan banyak perasan jeruk nipis. Makanan ini dihidangkan dalam mangkuk besar atau dalam panci panas aluminium yang memiliki pembakar arang. Selain itu, tambahan sup yang paling penting ada daging. Daging yang biasa dipakai yaitu daging sapi, ayam atau babi, tetapi yang paling populer adalah udang.

Makanan Khas Thailand
Makanan Khas Thailand 1

Gaeng Keow Wan Gai

Makanan ini merupakan sup hijau Thailand. Bahan utama yang digunakan untuk hidangan ini adalah pasta kari hijau, santan, dan daging sesuai seleramu, tapi yang paling banyak digemari itu daging ayam. Pasta kari hijau tersebut dibuat dengan tumbukan. Bahan yang ditumbuk antara lain cabai hijau, bawang putih, bawang merah, dan berbagai bahan lainnya. Tambahan santan kelapa pada sop menambah rasa lebih pekat. Gaeng Keow Wan Gai biasanya dihidangkan dengan sepiring nasi untuk menemani.

Makanan Khas Thailand
Makanan Khas Thailand 2

Khao Soi

Khao Soi merupakan hidangan berbahan mie yang terkenal dari bagian utara Thailand. Kaldunya terbuat dari kari dan santan yang memberikan kaldu kaya akan rasa dan lebih kental. Setelah kaldunya jadi, kemudian diisi mie telur gepeng diatasnya. Atasnya lagi ditaruh mi telur goreng. Daging seperti ayam dan daging sapi biasanya ditambahkan juga. Makanan khas Thailand ini juga dilengkapi dengan bawang merah, acar mustar, dan air jeruk nipis.

Makanan Khas Thailand
Makanan Khas Thailand 3

Khao Pad

Khao Pad Merupakan nasi goreng khas Thailand. Proses pembuatannya hampir sama dengan nasi goreng biasa. Yang membedakan adalah beras Jasmine yang digunakan di Thailand. Bahan-bahan populer lainnya di Khao Pad adalah bawang, bawang putih, telur, dan terkadang irisan tomat. Kamu jug bisa menambahkan daging ayam, babi, udang, atau tuna. Alasan lain mengapa nasi goreng Thai berbeda adalah tambahan bumbu prik naam pla, saus ikan dengan cabai dan bawang putih.

Makanan Khas Thailand
Makanan Khas Thailand 4

Pad Grapao Moo Sab Kai Dow

Pad Grapao Moo Sab Kai Dow merupakan daging babi cincang dan menjadi salah satu makanan pokok budaya setempat. Daging babi cincang dimasak dalam wajan dengan daun kemangi Thailand, cabe, bawang putih, saus tiram, dan kecap.  Makanan khas ini disajikan dengan nasi putih dan telur goreng. Kuning telurnya tidak terlau matang, sehingga lembut saat membasahi nasi agar rasanya tambah enak.

Makanan Khas Thailand
Makanan Khas Thailand 5

Som Tam

Som Tam merupakan salad pepaya hijau pedas yang sangat populer dari Isan (daerah Timur Laut Thailand). Som Tam terbuat dari pepaya mentah yang diparut dan dicampur dengan berbagai bahan. Bahan campurannya yaitu cabai, bawang putih, air jeruk nipis, saus ikan, tomat, dan kacang panjang. Makanan ini sering dimakan dengan ayam panggang dan ketan.

Makanan Khas Thailand
Makanan Khas Thailand 6

Massaman Curry

Massaman Curry merupakan hidangan yang kaya akan rasa. Massaman Curry dikenal sebagai hidangan Muslim Thailand atau halal yang terkenal karena memiliki pengaruh budaya Persia. Rasanya berasal dari berbagai macam rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh, jinten, dan beberapa bahan lainnya. Makanan berkuah kental ini biasanya dicampur dengan daging ayam atau sapi serta kentang. Curry ini juga dihidangkan dengan nasi putih.

Makanan Khas Thailand
Makanan Khas Thailand 7

Kesimpulan

Thailand memang terkenal akan banyak hal termasuk makanan khas Thailand yang populer. Makanan negara ini terkenal di seluruh dunia sebagai salah satu masakan paling lezat dan beraroma.

Makanan khas negara gajah ini antara lain Tom Yum Goong, Gaeng Keow Wan Gai, Khao Soi, Khao Pad, Pad Grapao Moo Sab Kai Dow, Som Tam, dan Massaman Curry.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment