Kisah Legenda Jack O Lantern Lentera Halloween

Orang-orang yang merayakan Halloween pada tanggal 31 Oktober pasti akrab dengan Jack O Lantern, lentera Halloween. Kisah Jack O Lantern sebenarnya memiliki banyak fakta menarik. Awal mulanya pada jaman dahulu, Jack O Lantern berarti seorang pria yang membawa lentera. Nama ini juga merupakan nama untuk igniis fatis atau memiliki arti harapan palsu untuk menakuti para pelancong.

Jack O LanternNamun seiring berjalannya waktu, Jack O Lantern menjadi istilah lentera lobak yang didefinisikan oleh Thomas Darlington (1887). Dari cerita rakyat dari Cheshire Selatan, Lentera ini dibuat dengan cara mengambil isi lobak lalu mengukir wajah manusia dan meletakkan lilin di atasnya. Untuk sekarang, lentera Halloween ini kebanyakan dibuat menggunakan labu kuning yang dibentuk kepala manusia.

Kisah Legenda Jack O Lantern

Kisah awal mula Legenda Halloween ini bermula dari seorang pria muda bernama Jack atau lebih dikenal sebagai Stingy Jack. Dia adalah seorang petani malas yang tinggal di sebuah desa pedesaan di Irlandia. Dia sangat malas untuk bekerja dan bahkan lebih memilih mencuri makanan dari penduduk desa setempat.

Suatu hari, akhirnya Jack tertangkap sedang mencuri makanan dari penduduk desa dan mereka mengejarnya. Pria pemalas ini kemudian berusaha lari secepat mungkin agar dia tidak tertangkap penduduk. Untungnya, dia berhasil bersembunyi di sebuah gua. Di dalam gua tersebut, dia malah bertemu dengan sesosok iblis yang ingin mengambil nyawanya.

Jak pun ketakutan dan menemukan ide menawari iblis tersebut kalau dia ingin membayar semua makanan yang dia curi terlebih dulu dari penduduk desa sebelum nyawanya diambil. Iblis tersebut akhirnya menyetujui permintaannya dan mengubah dirinya menjadi koin perak dan kemudian segera masuk ke dompetnya. Dia sangat licik dan kemudian menutup dompet itu sehingga iblis tidak akan bisa keluar mengambil nyawanya.

jack o lantern storyKarena setan tersebut terperangkat dalam dompetnya, Jack melakukan penawaran dan membuat perjanjian kepada setan jika dia melepaskan iblis jahat tersebut maka dia tidak boleh mengambil nyawanya. Karena terpaksa, Iblis dalam gua akhirnya menyetujui permintaan pria pemalas licik itu. Beberapa waktu kemudian, Jack meninggal dunia dalam keadaan berdosa.

Lentera Halloween

Setelah meninggal dalam keadaan berdosa karena menipu iblis dan mencuri makanan penduduk inilah jiwanya tidak diterima di surga ataupun neraka. Sekarang jiwanya tetap hidup dalam kehampaan dan kegelapan. Dia mengeluh karena dia tidak bisa pergi tanpa pencerahan dalam kehampaan dan kegelapan. Setan dineraka pun kemudian mengolok-olok keadaanya.

Iblis itu kemudian melemparkan beberapa batu bara panas dari neraka yang tidak bisa padam. Kemudian dia mengambil beberapa labu untuk menaruh bara api neraka tersebut di dalam labu itu dan pergi keliling dunia mencari tempat istirahat untuknya. Sejak itu, dia dikenal sebagai hantu Jack O’Lantern.

Kesimpulan

Kisah legenda Jack O’Lantern merupakan seorang pria malas yang suka mencuri dan pernah menipu iblis. Karena dia meninggal dalam keadaan berdosa dia tidak diterima di neraka atau surga tapi dalam kehampaan dan kegelapan. Untuk mencari tempat istirahat, dia menaruh batu bara neraka dalam labu kuning keliling dunia. Hingga sampai sekarang dikenal sebagai hantu Jack O’Lantern.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment