Legenda Mae Nak Hantu Thailand Terkenal

Mae Nak Phra Khanong
Mae Naak Phra Khanong

Hampir semua warga Thailand tahu legenda hantu Mae Nak Phra Khanong yang disebut juga Mae Nak atau Nang Nak. Kisah hantu ini bahkan sudah diangkat ke beberapa film dan menjadi semakin terkenal. Mae Nak sendiri merupakan seorang hantu wanita yang meninggal saat menunggu suaminya pulang perang. Karena rasa cintanya yang besar, arwahnya jadi gentayangan sampai suami tercintanya pulang perang 2 tahun kemudian.

Legenda Mae Nak

Legenda urban ini biasanya digunakan oleh para ibu-ibu di sana untuk menakut-nakuti anak mereka agar tidak nakal. Bahkan ada yang mengatakan kalau anak-anak masih keras kepala, maka hantu Mae Nak Phra Khanong akan memakan otak mereka.

Awal Kisah Hantu Nang Nak

Kisah hantu Mae Nak ini dimulai pada periode kerajaan di Thailand tepatnya pada tahun 1850-an. Diceritakan kalau ada seorang wanita bernama Nang Nak yang tinggal di daerah Phra Khanong. Daerah itu merupakan sebuah desa di tepi ibukota Bangkok. Nang Nak pada saat itu tinggal dengan suaminya yang tampan bernama Nai Mak. Kehidupan mereka awalnya normal bahkan sampai wanita itu hamil. Pada masa itu sedang terjadi perang di Thailand dan suaminya diharuskan jadi tentara untuk melayani negara.

Karena kewajiban itulah, terpaksa Nang Nak harus tinggal sendirian di desanya dalam keadaan hamil. Dia terus menunggu suaminya pulang perang dengan setia. Akhirnya setelah 2 tahun berlalu, suaminya Mak kembali ke desa dengan selamat. Tetapi saat memasuki desa, Mak merasa ada sesuatu yang aneh dengan kampung halamannya. Bahkan dia merasa seperti orang asing disana karena seluruh desa tidak mengenalnya.

Mae Nak Phra Khanong
Mae Naak Phra Khanong 1

Sesampainya di rumah, Mak disambut hangat oleh istri dan putrinya yang telah lahir dan masih kecil. Seolah-olah kehidupan lama mereka kembali normal. Setelah beberapa waktu tinggal dirumah, Mak mulai menyadari bahwa banyak hal yang janggal di dirumahnya. Suatu hari, Mak akhirnya menyadari kalau rumah itu tampak bersih dan rapi, tapi sebenarnya rumah itu berantakan dan tidak terawat. Akhirnya, dia sadar kalau semua ini adalah ilusi dari roh yang menghantui. Ternyata, istri dan anaknya telah meninggal saat melahirkan dikarenakan pendarahan hebat saat persalinanan.

Hantu Thailand Terkenal

Mae Nak yang meninggal saat melahirkan menjadi roh penasaran untuk menipu suaminya karena rasa cintanya yang sangat besar itu. Awalnya, para tetangganya sudah mencoba mengatakan yang sebenarnya kepada Mak tentang istri dan anaknya. Akan tetapi karena Nak tidak menginginkan dan menolak kenyataan tersebut, dia malah membunuh tetangganya. Mak bahkan terus menjadi pembunuhan berantai bagi siapa saja yang mencoba memberi tahu Mak kalau istri dan anaknya telah meninggal.

Setelah sadar dengan keadaan yang sebenarnya, akhirnya Mak mencari bantuan kepada seorang biksu untuk menenangkan roh gentayangan istrinya Nak. Terjadilah pertarungan hebat antara biksu dan roh Nak. Akhirnya, semangat roh istrinya menyerah dan rohnya berubah menjadi sebuah bros. Bros ini kemudian disimpan oleh keluarga kerajaan Thailand. Sejak saat itu cerita hantu Mae Nak menjadi terkenal ke penjuru negara bahkan sampai sekarang.

Kesimpulan

Mae Nak Phra Khanong merupakan legenda hantu Thailand yang sangat terkenal. Hantu ini merupakan seorang wanita yang telah meninggal saat menunggu suaminya pulang perang.

Karena rasa cintanya yang besar, roh nya menjadi gentayangan dan tetap menunggu suami pulang. Sampai akhirnya suami sadar dia telah meninggal dan meminta biksu untuk menenangkan arwah gentayangannya.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment