Kisah Legenda Nyi Roro Kidul Dari Indonesia

Legenda Nyi Roro Kidul
Legenda Nyi Roro Kidul

Legenda Nyi Roro Kidul – Kisah legenda Nyi Roro Kidul memang sangat terkenal di Indonesia terutama bagi penduduk yang tinggal di pantai selatan Pulau Jawa. Kisahnya sebagai penguasa Laut Selatan sudah menjadi cerita rakyat Jawa yang sangat tersohor bahkan telah diangkat ke layar lebar. Kalau kita berbicara tentang Nyi Roro Kidul, banyak orang yang mengaitkan dengan artis Suzanna karena perannya yang memukai dalam film horror dan suka memakan bunga melati. Meskipun keberadaannya masih misterius, kisah Ratu Laut Selatan masih sering diperbincangkan.

Legenda Nyi Roro Kidul

Sampai hari ini, masih banyak masyarakat yang percaya akan keberadaan Ratu yang cantik jelita ini. Namun, ada banyak versi asal-usul legenda Nyi Roro Kidul. Salah satu versi yang cukup populer yaitu diambil dari buku cerita rakyat Yogyakarta.

Asal-Usul Kisah Nyi Roro Kidul

Asal-usul kisah Nyi Roro Kidul berawal dari seorang putri cantik bernama Kadita. Ayahnya merupakan seorang raja bernama Munding Wangi. Karena kecantikan Kadita yang menawan, dia sering disebut sebagai Dewi Srengenge (matahari yang indah). Hanya saja, memiliki anak perempuan yang menawan seperti Kadita tidak membuat Raja  Munding Wangi senang. Raja tidak senang karena dia tidak ingin anak perempuan melainkan ingin anak lelaki.

Pada akhirnya, Raja Munding Wangi kemudian menikah lagi dengan Dewi Mutiara. Mereka pun dikaruniai seorang putra. Karena ini anak putra pertamanya, Raja sangat senang sekali. Walaupun Mundi Wangi bahagia memiliki putra yang diidamkan sesuai keinginan,  rasa sayang kepada Kadita tetap tidak akan memudar. Di sisi lain, Dewi Mutiara berharap putranya bisa menjadi raja kelaknya untuk memimpin kerajaan.

Legenda Nyi Roro Kidul
Legenda Nyi Roro Kidul 1

Dewi Mutiara bahkan akan melakukan apa pun untuk mewujudkan keinginan terpendamnya tersebut. Dia sampai tega mengusir Kadita, anak tirinya keluar dari kerajaan. Hal ini lah yang kemudian membuat Raja Munding Wangi marah. Walaupun di ingin anak lelaki, tapi Raja tidak akan membiarkan siapa pun menyakiti putrinya yang cantik.

Karena merasa terancam dan takut, Dewi Mutiara terus berusaha mengusir Kadita dengan berbagai alasan tapi tetap tidak berhasil. Keesokannya, Dewi Mutiara mengirim seorang dukun untuk mengutuk Kadita dengan penuh kudis di sekujur tubuhnya. Ketika Kadita terbangun, dia menyadari kalau seluruh tubuhnya berbau busuk dan seketika menangis histeris.

Mendengar kabar buruk itu, sang raja sangat sedih. Dia bahkan memanggil dokter untuk menyembuhkan penyakit Kadita. Sayangnya, usaha itu tetap tidak berhasil. Raja Mundi Wangi kemudian menyadari kalau penyakit putrinya terasa ganjil dan tidak wajar. Akhirnya, sang Raja mengirim Kadita keluar dari kerajaan untuk menghindari gosip tentang penyakit anehnya di semua negara.

Menjadi Ratu Penguasa Laut Selatan

Dalam perjalanannya selama tujuh hari tujuh malam, Kadita sampai di Laut Selatan. Melihat air laut yang jernih dan bersih, diapun tergoda untuk melompat dan berenang di laut. Ajaibnya, ketika tubuhnya yang penuh kudis terkena air laut, penyakitnya sedikit demi sedikit menghilang dan bahkan membuat Kadita menjadi lebih cantik dari sebelumnya. Untuk sekarang, Kadita memiliki kekuasaan penuh atas Laut Selatan yang dikenal sebagai Nyi Roro Kidul.

Sebagai Penguasa Ratu Laut Selatan, keberadaannya masih sangat dihormati oleh masyarakat setempat dan menjadi bagian dari budaya sampai sekarang. Ada sebagian orang yang tidak percaya legenda ini dan mengatakan kalau cerita rakyat ini adalah sebuah mitos yang sengaja diciptakan untuk memperkuat legitimasi raja-raja kuno. tapi, ada beberapa tempat yang konon menjadi penghubung dunia nyata dengan Nyi Rorol Kidul.

Kesimpulan

Legenda Nyi Roro Kidul sangat terkenal di Indonesia terutama bagi penduduk yang tinggal di pantai selatan Pulau Jawa. Meskipun keberadaannya masih misterius, kisah Ratu Laut Selatan masih sering diperbincangkan.

Menurut salah satu versi, asal-usul legenda yang paling populer yaitu diambil dari buku cerita rakyat Yogyakarta. Dikatakan kalau Nyi Roro Kidul adalah putri Kadita yang dikutuk terkena kudis sekujur tubuh. dia kemudian diusir dari kerajaan dan setelah dia mandi di laut selatan penyakitnya hilang. Sampai sekarang dia menjadi Ratu Laut Selatan.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment