Mengungkap Misteri dan Sejarah Zombie

Kalian pasti tahu kan makhluk zombie? Zombie memang sangat terkenal, tapi tidak semua orang tahu misteri dan sejarah zombie. Zombie digambarkan sebagai mayat hidup. Karena saking terkenalnya, sudah banyak film dan game yang mengusung tema zombie. Sejarah zombie sebenarnya berasal dan muncul dari pulau Haiti di Karibia. Zombie sebenarnya orang yang dalam keadaan hampir mati dan kemudian dihidupkan kembali oleh para pendeta atau dukun Voodoo di Haiti.

Mengungkap Misteri dan Sejarah Zombie
Zombie

Para zombie dulu biasanya digunakan sebagai budak untuk sisa hidup mereka yang menyedihkan. Seperti manusia, zombie sebenarnya bisa bergerak, makan, mendengar, dan berbicara tetapi mereka tidak memiliki ingatan dan wawasan tentang kondisi mereka saat itu. Sejarah zombie telah ada selama berabad-abad yang lalu tetapi hanya pada tahun 1980 sebuah kasus baru didokumentasikan. Ceritanya dimulai pada 1962 di Haiti.

Pada waktu itu, seorang pria bernama Clairivius Narcisse djual ke salah satu dukun Voodoo oleh saudaranya sendiri. Clairivius dijual karena dia menolak untuk menjual bagian tanah warisannya. Setelah dia dijual oleh saudaranya, segera Clairivius dibuat mati dan dikuburkan oleh dukun Voodoo tersebut. Namun dia tidak benar-benar mati tetapi dia dijadikan zombie dan bekerja di perkebunan tebu dengan pekerja zombie lainnya seperti budak.

Misteri dan Sejarah Zombie

Pada tahun 1964, setelah pemilik zombie-zombie pekerja tersebut meninggal, para zombie akhirnya menyebar dan berkeliaran di pulau Haiti. Mereka berkeliaran dalam keadaan linglung selama sekitar 16 tahun sebelum mereka ditangkap semua. Dr.Wade Davis, seorang ahli etnobiologi dari Harvard University kemudian memutuskan pergi ke Haiti untuk memeriksa kebenaran cerita tersebut. Setelah Davis tiba disana, dia bertemu dengan beberapa dukun voodoo yang berlatih membuat zombie.

Pada dasarnya untuk membuat zombie itu dengan membuat orang tersebut hampir mati kemudian membuat mereka menjadi gila. Sehingga pikiran mereka bisa tenang. Sedangkan cara untuk membuat mati tidak seperti yang kita bayangkan seperti dengan ditikam, ditabrak atau cara membunuh lainnya. Tetapi untuk membuat hampir mati yaitu dengan cara mencampurkan kulit katak bufo dan ikan buntal yang kemudian ditambahkan ke makanan atau dioleskan ke kulit mereka. Karena kandungan racunnya yang berbahaya, beberapa menit kemudian para korban akan terlihat seperti mati dengan nafas dan detak jantung yang sangat lambat dan lemah.

Setelah dalam kondisi hampir mati, mereka akan dikuburkan oleh keluarga mereka. Para dukun harus menunggu sekitar beberapa jam untuk menggali kubur dan kemudian mengambil tubuhnya. Untuk membuat korbannya gila, para dukun memaksa mereka untuk memakan sejenis pasta yang terbuat dari Datura atau rumput jimson. Datura merupakan tanaman yang mengandung zat kimia atropin, hyoskiamin, dan skopolamin. Bila kandungan tanaman ini dikonsumsi akan menyebabkan kita kehilangan ingatan dan memecah pikiran dengan realitas. Kemudian setelah itu akan menghancurkan semua ingatan yang ada.

Setelah mengkonsumsi pasta yang terbuat dari Datura, mereka akan bingung dan tidak tahu segalanya. Setelah itu para zombie akan dijual ke perkebunan tebu sebagai pekerja budak. Faktanya, sejarah zombie itu tidak seperti yang digambarkan dalam game atau film-film yang umumnya mati kemudian bisa bangkit lagi, berjalan, lalu bisa bergerak menyerang manusia.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment