Misteri Bawah Laut Yang Belum Terpecahkan

Sebagian besar permukaan Bumi ditutupi oleh perairan yang luas. Meskipun lautan merupakan bagian terluas dari planet kita, manusia hanya berhasil menjelajahi lautan sekitar lima persen. Di balik kedalamannya samudra, masih banyak misteri bawah laut yang belum terpecahkan.

Misteri Bawah Laut

Misteri Bawah Laut

Walaupun luasnya lautan yang dijelajahi baru sedikit, ada beberapa misteri bawah laut yang tidak terduga. Berikut ini beberapa misteri bawah laut yang masih belum terpecahkan sampai sekarang.

Putri Duyung

Putri duyung merupakan makhluk legendaris dan misterius. Diceritakan, makhluk ini akan menggoda para pelaut yang berlayar di lautan lepas dengan wajah cantik mereka dan lagu-lagu yang indah. Mitologi Yunani bahkan menyebutkan kalau makhluk setengah manusia dan setengah ekor ikan ini menjadi cobaan terberat bagi para pelaut.

Sampai saat ini belum diketahui apakah putri duyung fakta atau hanya sekedar mitos belaka. Walaupun banyak yang percaya, ada beberapa yang tidak percaya dan menyangkal keberadaan makhluk ini.

Putri Duyung

Segitiga Bermuda

Area Segitiga Bermuda mungkin sudah sering kita dengar. Peristiwa misterius pertama yang terjadi di wilayah ini dimulai pada tahun 1918. Waktu itu kapal Angkatan Laut AS menghilang di Samudera Atlantik. Sebelumnya, tidak ada panggilan darurat sama sekali dari kapal perang tersebut dan tiba-tiba menghilang.

Setelah hilangnya kapal AS ini, banyak kejadian lain yang terjadi di area Segitiga Bermuda seperti peralatan kapal dan pesawat yang tidak berfungsi atau bahkan hilangnya pesawat atau kapal yang melewati daerah ini. Teori hilangnya alat transportasi di wilayah ini kemudian mulai bermunculan. mulai dari teori secara ilmiah, supernatural, hingga konspirasi tentang keberadaan alien.

Segitiga Bermuda

Bloop

Bloop merupakan suara yang direkam oleh NOAH (badan ilmiah yang berfokus pada lautsn dan kondisi atmosfer) di Samudra Pasifik. Ynag membuat suara ini unik karena suara ini dideteksi oleh monitor stasiun yang berjarak 3.100 mil. Walapun NOAH telah menyimpulkan bahwa suara tersebut berasal dari gletser yang pecah, banyak ilmuwan lain yang percaya suara ini berasal dari makhluk laut yang sangat besar.

Bloop

Monster Bawah Laut

Pada tahun 2017, bangkai binatang laut raksasa terdampar di pantai Pulau Seram, Maluku. Makhluk ini memiliki panjang 49 kaki atau 15 meter dan berat sekitar 35 ton. Penduduk sekitar menganggapnya sebagai cumi-cumi raksasa. Sejumlah ahli maritim yang datang menduga bahwa makhluk tersebut adalah cumi-cumi raksasa atau sperma paus.

Kejadian yang sama juga terjadi di Pantai Cagdianao, Kepulauan Dinagat, Filipina pada Februari 2017. Sedangkan pada tahun 2008, sebuah kapal penelitian Korea Selatan di Laut Antartika tidak sengaja merekam mahluk yang lewat di bawah kapal mereka. Diduga, makhluk raksasa tersebut adalah spesies cumi-cumi kolosal.

Monster Bawah Laut

Penemuan Kota Atlantis Di Jepang

Mitos tentang Kota Atlantis juga ditemukan di Laut Jepang. Pada tahun 1986, seorang penyelam lokal di dekat pulau Yonaguni Jima menemukan bekas formasi bangunan bawah laut. Beberapa orang percaya kalau reruntuhan itu adalah kota kuno yang terkubur oleh gempa bumi yang kuat seperti Atlantis.

Namun, Profesor Robert Schoh dari Universitas Boston mengatakan bahwa struktur itu adalah kasus geologi dasar yang alami dan klasik. Hingga saat ini, belum terpecahkan mengapa struktur tersebut memiliki kemiripan dengan struktur istana.

Atlantis

Kesimpulan

Masih banyak misteri bawah laut yang belum terpecahkan oleh manusia. Meskipun telah dilengkapi dengan peralatan canggih saat ini, kita masih belum mengungkap semua misteri yang ada di bawah laut.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment