Prahlad Jani Hidup Tanpa Makan dan Minum

Semua makhluk hidup di dunia pasti membutuhkan makanan dan minuman untuk kelangsungan hidup. Tetapi semua ini tak berlaku untuk pria asal India yang satu ini guys, Prahlad Jani hidup tanpa makan dan minum. Prahlad Jani merupakan salah satu misteri dari India yang belum terpecahkan. Dia dikenal juga sebagai Mataji. Dia merupakan seorang sadhu India yang mengklaim bahwa telah hidup tanpa makan dan minum sejak tahun 1940 sampai sekarang. Dia percaya bahwa Dewi Amba telah menopang hidupnya sehingga memungkinkan dia hidup tanpa makanan ataupun minuman.

Prahlad Jani Hidup Tanpa Makan dan Minum
Prahlad Jani

Sejak tahun 1970-an, Prahlad Jani dulunya hidup sebagai seorang pertapa di gua dekat kuil Gujarati, Ambaji. Dia selalu bangun jam 4 pagi setiap hari dan menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk bermeditasi daripada melakukan aktifitas lain. Kebanyakan orang menyangkal keaslian fenomena ini karena kita tahu kalau diilmu kedokteran, manusia jarang sekali ada yang bisa bertahan hidup lebih dari seminggu tanpa air dan beberapa bulan tanpa makanan. Sedangkan orang yang menerapkan diet kelaparan yang ekstrim saja dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada tubuh mereka. Bahkan hal ini bisa menyebabkan kematian.

Prahlad Jani

Observasipun telah dilakukan terhadap Prahlad Jani sebanyak dua kali, pada tahun 2003 dan pada tahun 2010. Kedua observasi tersebut melibatkan Dr.Sudhir Shah, seorang ahli saraf di Ahmedabad. Dalam kedua observasi itupun, para peneliti menegaskan bahwa Jani bisa bertahan hidup sehat tanpa makan dan minum selama periode pengujian. Pada obervasi pertama di 2003, Dr.Sudhir Shah dan dokter lain mengamati dia selama 10 hari. Setelah 10 hari, juru bicara rumah sakit mengatakan kalau Jani secara fisik sebenarnya normal. Hanya berat badannya saja yang turun sedikit.

Pada tes observasi kedua di 2010 dari tanggal 22 April dan selama 15 hari, Prahlad Jani kembali diamati oleh Dr Sudhir Shah dan timnya yang terdiri dari 35 peneliti dari India. Setelah lima belas hari observasi tanpa makanan, air, dan pergi ke toilet, Jani bahkan dilaporkan memiliki kesehatan yang lebih baik daripada seseorang yang lebih muda darinya. DIPAS menyatakan pada tahun 2010 bahwa penelitian lebih lanjut telah direncanakan.

Sebagian orang ada yang percaya dan ada juga yang tidak percaya bahwa manusia seperti itu memang benar ada. Di sisi lain, banyak para peneliti tidak setuju dengan hasil studi tersebut. Mereka yang tidak setuju dan mengatakan kalau hasil observasi itu tidak mungkin atau curang karena tubuh manusia dapat mengkonsumsi sumber daya tubuh mereka sendiri. Kemudian para ilmuwan dari Austria dan Amerika Serikat juga menawarkan diri untuk bergabung dalam penelitian terhadap Prahlad Jani tersebut. Kita mungkin tidak pernah tahu kebenaran dan bagaimana dia masih bisa bertahan hidup masih belum bisa dijelaskan.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment