Mengungkap Rahasia Dibalik Misteri Mati Suri

Banyak orang telah mengalami mati suri. Rahasia dibalik misteri mati suri pun masih jadi bahan perdebatan dan bahkan dihubungkan dengan hal-hal supranatural. Mati suri sering terjadi pada beberapa orang yang sedang sekarat. Bahkan dalam beberapa kasus, mati suri terjadi secara tiba-tiba pada beberapa orang. Banyak pertanyaan muncul tentang misteri mati suri. Pertanyaan tersebut muncul karena orang yang telah didiagnosis mati secara akurat dan secara medis, tetapi beberapa menit kemudian orang tersebut tiba-tiba bangun atau hidup lagi.

Rahasia Dibalik Misteri Mati Suri

Mati suri memiliki arti tampaknya mati, tetapi sebenarnya tidak. Orang yang telah mengalami mati suri, banyak yang merasa seperti mereka sedang mengalami mimpi yang aneh. Tidak ada orang yang tahu apa yang sebenarnya terjadi pada saat mati suri. Hal ini masih menjadi misteri mati suri tersendiri. Umumnya, pengalaman mati suri memiliki karakteristik umum tertentu, tetapi ada juga pola yang berbeda. Berikut ini ciri umum ketika seseorang mengalami mati suri.

Mengungkap Rahasia Dibalik Misteri Mati Suri
Mati Suri
  • Out of body experience (OBE) atau pengalaman diluar tubuh. Banyak orang merasa kalau mereka telah meninggalkan tubuh mereka sendiri. Sehingga mereka bisa melihat dokter yang bekerja untuk mereka atau orang sekitar
  • Merasa tenang dan tenteram. Perasaan ini termasuk kedamaian, kematian, daya tahan emosional dan fisik
  • Intensitas murni dari cahaya yang tidak menyakitkan. Intensitas cahaya ini terkadang memenuhi seluruh ruangan, tetapi ada juga yang hanya melihat cahaya datang dari surga atau Tuhan
  • Seakan-akan memasuki dimensi lain. Hal ini tergantung pada keyakinan dan pengalaman
  • Sedang berjalan di terowongan. Banyak orang menemukan diri mereka tiba-tiba berada di terowongan dengan cahaya diujung. Mereka juga bertemu dengan makhluk dimensi lain
  • Dapat berkomunikasi dengan roh. Sebelum mengalami mati suri, banyak orang melaporkan kalau mereka dapat berkomunikasi dengan roh-roh lain dan bisa memerintahkan untuk kembali ke tubuhnya

Teori Tentang Mati Suri

Untuk menjelaskan misteri mati suri ini, ada beberapa teori yang muncul. Teori yang menjelaskan mati suri dibagi menjadi dua kategori dasar yaitu penjelasan secara ilmiah (medis, fisiologis dan psikologis) dan penjelasan secara supranatural (spiritual dan religius).

Teori Secara Supranatural

Teori secara supranatural, orang mati suri sebenarnya mengalami dan mengingat hal yang terjadi dengan kesadaran tetapi tanpa tubuh. Ketika seseorang mendekati kematian, jiwanya akan meninggalkan tubuh dan mulai merasakan hal-hal yang biasanya tidak bisa mereka rasakan. Jiwa tersebut kemudian akan melewati perbatasan antara hidup di dunia dan hidup di akhirat.

Teori Secara Ilmiah

Sedangkan teori secara ilmiah, mati suri merupakan proses yang kompleks, subyektif, dan emosional. Mekanisme dibalik pengalaman mati suri adalah cara kerja otak untuk memproses informasi sensorik. Yang dilihat orang hanyalah jumlah semua informasi sensorik yang diterima otak pada saat tertentu saja. Ini terjadi mungkin karena disebabkan obat-obatan atau trauma yang menyebabkan otak seseorang menutup. Beberapa ahli mengatakan, gangguan neurologis atau informasi berlebihan yang dikirim ke korteks visual otak menciptakan gambaran cahaya terang yang secara bertahap menjadi lebih besar. Otak bisa menafsirkan ini seperti sedang bergerak di terowongan gelap. Makanya orang yang mati suri, banyak yang mengalami hal yang sama.

Selama seseorang mengalami mati suri, tubuhnya rentan karena otak menafsirkan informasi yang salah. Sedangkan kombinasi antara efek trauma dan kekurangan oksigen di otak menghasilkan pengalaman terbang ke angkasa atau sedang menatap tubuh kita sendiri. Timbulnya perasaan tenang dan tenteram ini dipicu oleh peningkatan kadar endorfin yang diproduksi oleh otak selama mengalami trauma. Ditambah lagi, neurotransmiter di otak penutup akan menciptakan ilusi yang indah bagi semua orang yang dekat dengan kematian atau mengalami mati suri. Itulah beberapa penjelasan secara ilmiah tentang pengalaman ketika mati suri.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment