Beragam Omelet Telur Asia

Omelet telur merupakan makanan umum hampir diseluruh dunia khususnya daerah Asia. Ada beragam omelet telur dari Asia yang harus kamu tahu karena setiap negara punya cara pengolahannya sendiri. Omelet merupakan jenis makanan yang sangat gampang dibuat, hanya dengan mengaduk telur sampai putih dan kuning telur tercampur kemudian diberi bumbu dan tambahan bahan sebagai isian atau campuran. Telur yang telah diaduk kemudian digoreng memakai minyak goreng atau mentega hingga matang.

Beragam Omelet Telur Dari Asia

Nah beberapa negara Asia berikut ini memiliki variasi omelet sendiri yang bergantung pada bahan tambahannya, berikut ini adalah beragam omelet telur dari Asia.

1. Banh Xeo

Omelet telur yang pertama yaitu dari negara Vietnam yang diberi nama Banh Xeo. Banh Xeo dari Vietnam ini mirip dengan pancake karena penyajiannya yang dilipat. Bahan utamanya memang telur, tapi Banh Xeo memiliki bahan tambahan unik seperti tepung, santan, bubuk kunyit, dan bawang yang digoreng sampai matang. Biasanya, omelet ini disajikan dengan tumisan jamur, tauge, seafood, dan daging kemudian dilipat menjadi setengah lingkaran.

Beragam Omelet Dari Asia Yang Harus Kamu Tahu

2. Fuyunghai

Fuyunghai merupakan telur dadar khas Cina yang sangat terkenal. Fuyunghai terbuat dari telur yang dikocok kemudian dicampur dengan berbagai sayuran seperti kubis, wortel, daun bawang, dan daging atau seafood. Setelah diberi bahan tambahan dan bumbu dapur, adonan tersebut tinggal digoreng membulat seperti mangkuk.

Fuyunghai biasanya disajikan dengan saus pedas yang terbuat dari tomat, nanas, dan kacang polong sehingga rasa yang dibuat dari Fuyunghai adalah rasa asam manis.

Beragam Omelet Dari Asia Yang Harus Kamu Tahu

3. Pajeon

Omelet telur selanjutnya Pajeon dari Korea. Pajeon merupakan telur dadar Korea yang terbuat dari campuran telur, tepung, daun bawang, daging cincang, dan seafood. Yang membedakan pajeon dengan omelet lainnya yaitu tidak mencampurkan daun bawang dengan telur, tapi meletakkan lembaran di wajan yang telah diberi minyak wijen.

Setelah itu baru menuangkan adonan telur tersebut di atas daun bawang. Pajeon dimakan dengan saus yang terbuat dari kecap, minyak wijen, bawang cincang, dan bubuk cabai.

Beragam Omelet Dari Asia Yang Harus Kamu Tahu

4. Kerak Telor

Nah ini kerak telor merupakan makanan traditional khas Indonesia. Kerak Telor terbuat dari telur ayam atau telur bebek yang dicampur dengan beras ketan. Cara membuat kerak telor sangat unik dengan membakarnya dengan panci menghadap ke bawah. Setelah itu kemudian diberi taburan udang ebi yang dipadukan dengan bawang goreng dan kelapa bakar yang sudah dibumbui dengan cabe merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula pasir.

Beragam Omelet Dari Asia Yang Harus Kamu Tahu

5. Khai Yat Sai

Khai Yat Sai merupakan omelet telur khas dari Thailand. Khai Yat Sai bentuknya besar karena isian omeletnya banyak. Cara pembuatannya pun gampang. Seperti biasa telur didadar terlebih dulu kemudian ditaruh dalam mangkuk dan diberi berbagai macam isian. Isiannya berupa tumisan seperti tumis yang terbuat dari daging babi, tomat, bawang, ketumbar, cabe, kecap ikan, kecap, dan lain-lain.

Beragam Omelet Dari Asia Yang Harus Kamu Tahu

6. Tortang Talong

Omelet yang satu ini tidak kalah enaknya. Tortang Talong merupakan omelet khas Filipina yang terbuat dari campuran telur dan terong ungu. Sebelum dikombinasikan dengan telur, terung dibakar terlebih dahulu sampai lunak lalu tekan. Terong yang dibakar kemudian ditaruh wajan yang berisi minyak, kemudian disiram dengan adonan telur dan digoreng sampai matang.

Beragam Omelet Dari Asia Yang Harus Kamu Tahu

7. Omurice

Omelet telur yang terkahir yaitu Omurice dari Jepang. Tentu saja omelet dari Jepang sudah sangat terkenal dan sering digunakan sebagai menu makan malam. Omurice merupakan telur yang digoreng dengan tipis dan kemudian diisi nasi di dalamnya dan digulung. Omurice biasanya disajikan dengan saus kari.

Beragam Omelet Dari Asia Yang Harus Kamu Tahu
Beragam Omelet Telur Asia

Scroll to top