Pencegahan Virus Corona

Virus Corona atau novel Coronavirus (nCoV) adalah virus baru yang berasal dari Wuhan, China. Infeksi virus corona bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV) bahkan kematian. Karena penyebaran virus ini sangat cepat, ada beberapa langkah pencegahan virus corona yang perlu kamu lakukan.

9 Pencegahan Virus Corona - Virus Baru Dari Wuhan China

Pencegahan virus corona standar yaitu mencuci tangan secara teratur, menutupi mulut dan hidung ketika batuk dan bersin, memasak daging dan telur sampai benar-benar matang. Walaupun sampai saat ini belum ada vaksin untuk mencegah virus ini, kamu bisa melakukan beberapa langkah pencegahan.

Pencegahan Virus Corona

Saat ini memang tidak ada vaksin untuk mencegah penyakit coronavirus 2019 (COVID-19). Oleh karena itu, cara terbaik agar tidak terinfeksi yaitu dengan menghindari terkena penyakitnya.

1. Cuci Tangan Sesering Mungkin

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, terutama setelah pergi ke kamar mandi, sebelum makan, dan setelah batuk atau bersin. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol dengan setidaknya 60% alkohol.

Selalu cuci tangan dengan sabun dan air jika tangan tampak kotor. Mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan antiseptik berbasis alkohol menghilangkan virus jika ada di tangan.

9 Pencegahan Virus Corona - Virus Baru Dari Wuhan China

2. Wajib Menggunakan Masker

Menggunakan masker tidak hanya melindungi diri dari virus corona tapi juga dari penyakit pernapasan lainnya. Masker harus digunakan oleh orang yang menunjukkan gejala corona. Hal ini berguna untuk membantu mencegah penyebaran penyakit kepada orang lain. Penggunaan masker juga penting untuk petugas kesehatan.

3. Tutupi Batuk dan Bersin Dengan Tisu

Saat batuk dan bersin, tutup mulut dan hidung dengan tangan, saputangan atau tisu. Kalau memakai tisu, jangan lupa untuk langsung membuang tisu ke tempat sampah yang tertutup dan bersihkan tanganmu dengan alkohol atau sabun dan air. Menutupi mulut dan hidung ketika batuk dan bersin bisa mencegah penyebaran kuman dan virus.

4. Hindari Kontak Dekat Dengan Penderita

Pertahankan jarak setidaknya 1 meter (3 kaki) antara kamu dan penderita terutama saat mereka batuk, bersin, dan demam. Hal ini perlu dilakukan karena ketika seseorang yang terinfeksi corona, batuk atau bersin mereka akan mengeluarkan tetesan liur kecil yang mengandung virus. Jika kamu terlalu dekat, kamu bisa menghirup virus dan langsung tertular.

5. Hindari Menyentuh Mata, Hidung, dan Mulut

Sebelum menyentuh mata, hidung, dan mulut, lebih baik cuci tangan dulu sampai bersih. Hindari menyentuhnya langsung, karena tangan menyentuh banyak permukaan yang dapat terkontaminasi oleh virus. Jika kamu menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang terkontaminasi, maka virus akan berpindah de dirimu sendiri.

9 Pencegahan Virus Corona - Virus Baru Dari Wuhan China

6. Tetap Di Rumah Saat Sakit

Jika kamu mengalami gejala awal seperti demam atau batuk, lebih baik tetap berada di dalam rumah sampai benar-benar sembuh agar tidak menularkan virus kepada orang lain.

7. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Karena virus bisa menempel dimana saja, jangan lupa juga untuk membersihkan dan desinfeksi benda atau permukaan yang sering disentuh tangan menggunakan semprotan pembersih biasa.

8. Hindari Konsumsi Produk Hewani Mentah dan Setengah Matang

Masaklah daging mentah, susu, atau organ hewan dengan hati-hati dan benar-benar matang agar terhindar dari kontaminasi virus. Jika kamu makan makanan mentah atau masak olahan daging setengah matang, dikhawatirkan virus masih belum mati.

9. Hindari Kontak Dengan Hewan

Pencegahan virus corona terakhir yaitu pastikan mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air setelah menyentuh hewan seperti kucing dan anjing liar, tikus, burung, kelelawar. Terutama jika telah kontak langsung dengan hewan yang sedang sakit.

Pencegahan Virus Corona

Scroll to top