Cara Menghilangkan Stres Dengan Olahraga

Cara Menghilangkan Stres
Cara Menghilangkan Stres

Penting bagi kita untuk mengetahui cara menghilangkan stres dan salah satu cara yang paling mudah dengan olahraga. Pikiran tidak tenang, merasa banyak tekanan atau cemas berlebihan merupakan fenomena umum dan menjadi tren di kalangan anak muda saat ini. Bahkan beberapa publik figure juga mengalami kondisi tersebut. Banyak dari mereka yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan stres salah satunya berolahraga. Dengan berolahraga diyakini akan merangsang hormon yang menyebabkan efek bahagia.

Cara Menghilangkan Stres

Ada banyak faktor penyebab stres dan cemas berlebihan seperti putus dengan pacar, dimarahi orang tua, gagal berprestasi, di bully, dan lainnya. Bahkan hal sepele pun bisa saja menimbulkan tekanan. Nah, ketika seseorang kesal, mereka akan selalu merasa tertekan, kesepian, kehilangan semangat untuk melakukan aktivitas, sering cemas, dan suasana hati cepat berubah. Karena berolahraga bisa merangsang hormon efek bahagia, maka bisa mengurangi pikiran negatif kita. Berikut ini beberapa cara menghilangkan stres dengan olahraga.

Mendaki Gunung

Olahraga pertama adalah mendaki gunung. Yup, olahraga yang berhubungan langsung dengan alam memang bisa menenangkan hati dan pikiran jadi lebih jernih. Kamu bisa mengajak temanmu untuk mendaki dan mengacu adrenalinmu. Sesampainya disana, kamu akan menikmati pemandangan dan semilir angin malam. Dengan suasana yang mendukung, kamu bisa merenungkan sejenak dan temukan pikiran positifmu.

Cara Menghilangkan Stres
Cara Menghilangkan Stres 1

Dari olahraga ini, kamu harus memiliki pikiran bahwa “Setelah melalui jalur yang sulit, ada pemandangan yang indah menanti.” Sama artinya, “setelah ada hal sulit, pasti ada waktu bahagia yang menunggu didepan”. Kamu harus yakin akan hal itu. Kamu juga bisa mengabadikan momen saat berada di gunung dengan temanmu.

Berenang

Ketika stres, banyak tekanan, dan marah pasti terasa seperti terbakar hati dan pikirannya. Hal itu bukanlah kondisi yang baik. Dengan berenang, kamu bisa mendinginkan pikiramu dalam air. Kamu juga bisa meluapkan emosimu dalam air dengan berteriak sekencang-kencangnya tanpa ada orang yang dengar. Karena kondisi air yang dingin dan segar, secara tidak langsung akan mendinginkan kepala dan hatimu. Aliran air akan membersihkan emosi yang terkubur di dalam hati dan kamu akan merasa segar lagi.

Cara Menghilangkan Stres
Cara Menghilangkan Stres 2

Yoga

Olahraga ketiga untuk cara menghilangkan stres adalah yoga. Yoga memang terkenal untuk menenangkan pikiran. Olahraga ini adalah olahraga yang tenang dan semacam meditasi. Mengikuti yoga cocok nih buat kamu yang lagi gundah atau cemas.

Cara Menghilangkan Stres
Cara Menghilangkan Stres 3

Olahraga meditasi ini memusatkan hati dan pikiran ke ketenangan. Jika tidak punya banyak waktu mengikuti kelas yoga beramai-ramai dan tiba tiba kamu merasa tertekan, kamu bisa melakukan yoga di rumah. Duduklah dengan posisi menyilangkan kaki lalu tutup mata. Tarik napas dalam-dalam dan konsentrasikan pikiramu.

Olahraga Yang Terdapat Gerakan Smash

Olahraga lain yang menghilankan stres yaitu olahraga yang memiliki unsur smash seperti badminton, tenis, voli, atau lainnya. Saat kamu bermain olahraga ini, kamu bisa membayangkan orang yang menyakitimu berada tepat di depanmu sebagai lawan dari pertandingan. Kamu bisa smash lawanmu dengan sekuat tenaga. Jika perlu, sambil teriak agar hati terasa lebih ringan. Luapkan lah segala emosimu saat bermain. Dengan berteriak dan mengatakan apa yang benar-benar kamu benci, itu bisa memberi rasa lega.

Cara Menghilangkan Stres 5
Cara Menghilangkan Stres 5

Kesimpulan

Stres merupakan fenomena yang umum dan menjadi tren di kalangan anak muda saat ini. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menghilangkan stres dan kecemasan termasuk dengan olahraga.

Dengan berolahraga diyakini bisa merangsang hormon yang menyebabkan efek bahagia. Maka, stres atau tekanan yang kamu alami bisa menurun. olahraga yang bisa menghilangkan stres antara lain mendaki gunung, olahraga yang mengandung unsur smash, berenang, dan yoga.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment