9 Gaya Renang – Lengkap dan Nomor Yang Diperlombakan

Hampir semua orang suka berenang. Selain menyehatkan dan menyenangkan, manfaat renang juga bisa menjaga kesehatan dan melatih pernafasan karena seluruh tubuh aktif bergerak. Disisi lain, olahraga renang juga menjadi salah satu cabang olahraga yang diperlombakan dengan berbagai macam gaya renang dan nomor.

Gaya Renang - Lengkap dan Nomor Yang Diperlombakan

9 Gaya Renang dan Penjelasannya

Kalau kamu berniat menjadi atlet renang professional, tentu harus tahu terlebih dahulu semua macam-macam gaya dalam berenang dengan benar. Walaupun ada banyak gaya, tapi yang biasanya diperlombakan yaitu gaya dada, gaya bebas, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung. Setiap gaya tentu ada tekniknya tersendiri. Nah langsung aja nih guys, berikut ini adalah 9 macam gaya renang lengkap dengan penjelasannya.

1. Gaya Bebas (Freestyle)

Untuk para pemula, gaya bebas adalah hal yang dasar dan paling banyak digunakan orang. Seperti namanya, gaya bebas tidak terikat dengan teknik-teknik dasar atau aturan tertentu.

Cara melakukan gaya bebas termasuk mudah. Kedua tangan digerakkan jauh ke depan secara bergantian dengan gerakan mengayuh. Sementara, kedua kaki dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah secara bergantian. Untuk posisi badan menghadap ke permukaan air dan posisi wajah juga menghadap ke permukaan air. Untuk mengambil nafas, kamu bisa menoleh ke aras kanan atau kiri di atas permukaan air.

Gaya Bebas

2. Gaya Kupu-Kupu (Butterfly Stroke)

Selanjutnya adalah gaya kupu-kupu atau gaya lumba-lumba. Gaya yang satu ini mampu membakar kalori yang ada pada tubuh secara maksimal. Biasanya, perenang yang menggunakan gaya kupu-kupu dituntut untuk memiliki tenaga yang lebih kuat.

Cara melakukan gaya kupu-kupu yaitu posisi badan menghadap ke permukaan air. Kedua lengannya ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum mengayun secara bersamaan. Sementara, kedua kaki menendang ke atas dan ke bawah secara bersamaan seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba.

Saat ingin mengambil nafas, kedua tangan dan badan mengayun ke depan sambil mengangkat kepala untuk mengambil oksigen. Udara dihembuskan secara kuat dari dalam mulut dan juga hidung sebelum kepala muncul dari permukaan air dan saat kepala berada di permukaan air, udara dihirup lewat mulut.

gaya kupu-kupu

3. Gaya Dada atau Gaya Katak (Breaststroke)

Gaya dada sering disebut gaya katak karena teknik yang digunakan mirip seperti katak yang sedang berenang. Kekuatan yang digunakan untuk melakukan gaya dada adalah tangan dan kaki. Gaya dada merupakan gaya renang dengan posisi badan menghadap ke permukaan air dan tubuh selalu dalam keadaan tetap atau stabil serta kepala berada dalam air dalam waktu lama.

Cara melakukan gaya dada, kedua kaki menendang ke arah luar sementara kedua tangan diluruskan ke depan lalu kedua tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Untuk pernapasan dilakukan ketika mulut sedang berada di atas permukaan air.

Gaya Dada atau Gaya Katak

4. Gaya Punggung (Back Stroke)

Gaya punggung adalah kebalikan dari gaya bebas karena posisi punggung menghadap ke permukaan air atau dengan menengadahkan badan ke atas, bukan berbaring terkelungkup di air. Sementara posisi wajah tetap berada di atas permukaan air, sehingga bebas untuk mengambil nafas.

Cara melakukan gaya punggung yaitu dengan mengayun kaki dan tangan secara bergantian menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung berada di permukaan air untuk mengambil dan membuang napas dengan mulut atau hidung.

Gaya Punggung

5. Gaya Anjing

Sebagian besar dari kalian pasti jarang sekali melihat perenang menggunakan gaya renang anjing. Untuk gaya anjing memang tidak diikutsertakan dalam perlombaan apapun. Tapi kalau kamu melatih gaya ini tentu bisa menambah kemampuanmu saat berenang.

Cara melakukan gaya anjing persis seperti anjing yang sedang berenang dengan kepala berada diatas air. Sementara kedua tangan dan kaki digerak-gerakan di dalam air seperti anjing berenang.

Gaya Anjing

6. Gaya Samping

Gaya samping juga sama dengan gaya anjing yaitu jarang digunakan dan tidak diikutsertakan dalam perlombaan apapun. Sedangkan cara melakukan gaya samping, kamu bisa bisa menggunakan sisi bagian samping tubuh untuk melakukan aktivitas berenang.

Samping

7. Gaya Batu

Selain dari gaya renang resmi yang diperlombakan di atas, ada juga gaya lain yang banyak digunakan orang terutama bagi pemula yaitu gaya batu. Sebenarnya gaya batu ini sekedar gaya iseng buat orang-orang yang belum bisa berenang. Cara melakukan gaya batu tentu mudah, kamu hanya melipat kedua kaki sampai membentuk rangkulan tangan kemudian berputar-putar ke air dengan santai.

8. Gaya Luncur

Selain gaya batu, ada juga gaya luncur yang sering digunakan orang yang baru pertama latihan renang. Cara melakukan gaya luncur tentu mudah, kamu hanya perlu menendang suatu pijakan seperti tembok dan meluruskan seluruh tubuh ke depan. Gaya ini membuat kita tidak miring ke kanan ataupun ke kiri.

9. Gaya Tenggelam

Untuk gaya renang terakhir memang terdengar lucu, tapi sebagian orang juga melakukan gaya ini. Gaya tenggelam cocok untuk latihan menahan napas di dalam air. Cara melakukan gaya tenggelam tentu mudah sekali, kamu tinggal menenggelamkan seluruh tubuh ke dalam kolam dan selama mungkin menahan nafas. Memang sih tidak sepenting gaya sebelumnya, gaya yang satu ini juga dibutuhkan buat kamu yang mau latihan nafas di dalam air.

Nah buat kalian yang mau belajar renang, pastikan terlebih dulu ya kedalaman kolam, sungai atau lainnya yang akan digunakan untuk latihan dan tentu dibimbing oleh orang yang sudah ahli untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa juga mengenakan perlengkapan renang jika diperlukan.

Nomor Yang Diperlombakan Dalam Renang

Nomor perlombaan renang disusun berdasarkan jenis kelamin, gaya renang dan jarak tempuhnya. Untuk gaya yang diperlombakan itu ada 4, gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu.

Untuk nomor putra dan putri dalam perlomaan renang Olimpiade yaitu:

  • Gaya bebas: 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m (putri), dan 1500 m (putra).
  • Gaya punggung: 100 m dan 200 m.
  • Gaya kupu-kupu : 100 m dan 200 m.
  • Gaya dada : 100 m dan 200 m.
  • Gaya ganti perorangan : 200 m dan 400 m.
  • Gaya ganti estafet : 4 x 100 m.
  • Gaya bebas estafet : 4 x 100 m dan 4 x 200 m.
  • Renang marathon: 10 km.

Sedangkan untuk nomor perlombaan renang putra putri yang diakui Federasi Renang Internasional dalam rekor dunia yaitu:

  • Gaya bebas: 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m, 1500 m.
  • Gaya punggung: 50 m, 100 m, 200 m.
  • Gaya dada: 50 m, 100 m, 200 m.
  • Gaya kupu-kupu: 50 m, 100 m, 200 m.
  • Gaya ganti perorangan: 100 m (hanya lintasan pendek), 200 m, 400 m.
  • Gaya ganti estafet: 4×100 m.
  • Gaya bebas estafet: 4×100 m dan 4×200 m.