Latihan Fisik Pemain Sepak Bola Profesional

Olahraga sepak bola banyak sekali penggemarnya entah wanita ataupun pria. Perlu kamu ketahui bahwa latihan fisik pemain sepak bola profesional sangat ketat. Sepak bola memang olahraga yang membutuhkan banyak kekuatan dan daya tahan fisik yang kuat. Oleh karena itu latihan fisik rutin sangat dibutuhkan agar para pemain profesional bisa bertahan lama di lapangan hijau ketika kompetisi. Dengan rutin latihan, kondisi fisik menjadi lebih bugar dan mereka bisa bermain dengan maksimal dalam pertandingan. Berikut ini program latihan fisik pemain sepak bola professional yang bisa menjadi acuan dalam latihan fisikmu.

Latihan Fisik Pemain Sepak Bola

Latihan Ketahanan Tubuh

Ketahanan tubuh dapat dilatih dengan jogging dan gerakan lain yang sebagian besar bersifat aerobik. Kamu bisa melakukan jogging selama 40 hingga 60 menit dengan berbagai variasi kecepatan yang dapat dikombinasikan. Tujuan latihan ini untuk meningkatkan otot tubuh dan daya tahan kardiovaskulamu. Sedangkan latihan fisik berikutnya untuk meningkatkan kecepatan, intensitas, dan kualitas gerak. Sehingga dapat meningkatkan kekuatan stamina ketika bertanding. Dengan latihan yang rutin, para pemain bisa melakukan gerakan cepat dalam waktu yang lama, stabil, dan konsisten.

Latihan Fisik Pemain Sepak Bola Profesional
Latihan Ketahanan Tubuh

Latihan Kekuatan

Untuk melatih kekuatan, latihan beban terbukti sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan para pemain sepakbola dan bisa kamu tiru. Latihan kekuatan ini bisa dilakukan dengan melakukan push-up, pull-up, back-up, squat rush, dan lompat jongkok. Setelah itu baru lanjutkan dengan latihan menggunakan beban yang sebenarnya.

Latihan Fisik Pemain Sepak Bola Profesional
Latihan Kekuatan

Latihan Kecepatan

Kecepatan merupakan salah satu hal paling penting yang harus dimiliki seorang pemain sepak bola. Para pemain diharuskan bisa bergerak cepat tanpa kehilangan keseimbangan. Untuk melatih kecepatan kamu bisa berlari bolak-balik dengan jarak 6 kilometer. Kualitas latihan juga bisa ditingkatkan dengan menambahkan beban dan rintangan. Selain lari bolak-balik, lari jarak pendek dengan intensitas tinggi juga sangat efektif untuk meningkatkan kecepatan.

Latihan Fisik Pemain Sepak Bola Profesional
Latihan Kecepatan

Latihan Kelincahan dan Fleksibilitas

Sebagai atlit terutama pemain sepak bola professional dituntut fleksibel dan lincah dalam gerak. Latihan ini bertujuan agar dapat mengubah arah dan berbalik dengan mudah ketika bermain sepak bola. Apalagi fleksibilitas dapat mencegah terjadinya cedera pada persendian dan otot. Untuk latihan fleksibilitas, kamu bisa melakukan peregangan dengan benar seperti mencium lutut, lilin, dan lainnya.

Latihan Fisik Pemain Sepak Bola Profesional
Latihan Kelincahan dan Fleksibilitas


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment