Macam-Macam Cabang Olahraga Unik Olimpiade

Banyak sekali jenis cabang olahraga yang diperlombakan di Olimpiade seperti atletik, akuatik, basket atau lainnya. Tapi apakah kamu tahu kalau dulu ada beberapa cabang olahraga unik dan aneh yang pernah dilombakan. Olimpiade merupakan acara olahraga internasional empat tahun sekali yang menggabungkan olahraga musim panas dan musim dingin.

Cabang OlahragaCabang Olahraga Unik Di Olimpiade

Ajang olahraga empat tahunan ini tentu diikuti ribuan atlet yang berlaga di berbagai cabang dan dari seluruh penjuru dunia. Olimpiade adalah kompetisi olahraga terbesar yang menghubungkan banyak negara besar di dunia. Berbicara tentang Olimpiade, berikut ini beberapa cabang olahraga yang sangat aneh pernah dilombakan.

Tarik Tambang

Bagi kita, tarik tambang mungkin salah satu permainan traditional yang rutin diadakan saat perayaan kemerdekaan RI, 17 agustus atau beberapa acara lain. Tapi siapa sangka, ajang tarik tambang atau Tug Of War pernah tampil selama dua dekade dalam pelaksanaan olimpiade musim panas tahun 1900 hingga tahun 1920.

Tarik TambangMenembak Burung Merpati

Olahraga unik selanjutnya yaitu menembak burung merpati. Buat kamu nih yang lahir tahun 90 an pasti familiar dengan salah satu game nintento yang menembak burung. Yup, ternyata menembak merpati pernah lo masuk ke kompetisi Olimpiade yang diadakan pada tahun 1900.

Cabang ini hanya pernah masuk sekali untuk diperlombakan. Dalam permainan, ratusan burung merpati akan diterbangkan dan kemudian ditembaki oleh para peserta. Siapa yang paling banyak menembak tentu jadi pemenangnya. Hal ini tentu membuat adegan penuh darah di lokasi acara diadakan.

MenembakKabaddi

Pada tahun 1936, olahraga Kabaddi pernah dimasukkan dalam acara Olimpiade. Kabaddi sendiri adalah olahraga paling populer di India yang sering dimainkan terutama di kalangan masyarakat desa. Sebenarnya, Kabaddi pada jaman dulu dianggap sebagai olahraga untuk melatih keterampilan bertempur.

Kabaddi juga mencakup olahraga yang sama dan populer saat itu dengan nama yang berbeda di setiap wilayah di India. Sebagai contoh, olah raga ini di Bangladesh akan mereka sebut “Hadudu”, sedangakn di Maladewa mereka menyebutnya “Baibalaa”.

KabaddiKarya Seni

Cabang olahraga seni memang benar-benar pernah dilombakan Di Olimpiade dari tahun 1912 hingga 1948. Komite Olimpiade Internasional menyelenggarakan kompetisi seni di mana para seniman, penulis, perancang, musisi, dan pekerja seni lainnya dapat menyerahkan karya mereka untuk dinilai. Karya yang terbaik akan diberikan medali.

karya seniDuel Pistol

Kamu pasti pernah menonton adegan duel para koboi di film kan. Nah cabang ini hampir mirip, hanya saja duel pistol di sini dilakukan antara atlet dengan target berupa manekin yang didandani seperti koboi. Para peserta yang bermain akan diminta untuk melindungi wajah mereka saat menembak. Olahraga unik ini cuma bertahan sebanyak dua kali, yakni pada tahun 1906 dan 1912 saja.

Duel PistolLompat Jauh Kuda

Seperti yang kita tahu, lompat jauh biasanya dilakukan oleh manusia. Menariknya pada tahun 1990, ketika Olimpiade diadakan Perancis sebagai tuan rumah, ada cabang olahraga yang cukup aneh yaitu lompat jauh yang dilakukan oleh kuda. Rekor lompat terjauh kuda pada saat itu 20 kaki atau hanya 9 meter lebih pendek dengan rekor yang pernah dicapai oleh manusia.

Lompat JauhKesimpulan

Banyak sekali jenis cabang olahraga yang diperlombakan di Olimpiade dan beberapa diantaranya merupakan cabang yang aneh seperti duel pistol, tarik tambang, menembak merpati atau lainnya. Hanya saja, cabang olimpiade yang unik itu sudah tidak lagi diperlombakan.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment