20 Manfaat Renang – Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Renang merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia. Selain populer, berenang menjadi cara terbaik untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh dan sistem kardiovaskular. Satu jam berenang saja mampu membakar kalori hampir sama dengan berlari. Ada banyak manfaat renang baik untuk kesehatan tubuh dan mental yang bisa kamu dapatkan jika dilakukan secara teratur.

20 Manfaat Renang – Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Manfaat Renang Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah manfaat renang untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu tahu.

1. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang

Salah satu manfaat renang terbesar adalah menjaga kesehatan di seluruh tubuh mulai dari kepala hingga kaki. Berenang dianggap sebagai cara yang lebih tepat untuk meningkatkan kekuatan otot dibandingkan dengan latihan aerobik atau olahraga lainnya.

Dengan berenang, otot dan tulang menjadi lebih kuat karena semua otot tubuh akan bergerak dan terbentuk dengan sempurna. Kalau olahraga lain seperti lari, biasanya hanya akan menggerakkan otot dibagian tertentu saja.

2. Menyehatkan Jantung dan Paru-Paru

Selain mengencangkan otot, berenang juga membuat jantung dan paru-paru semakin kuat. Bahkan para ahli mengatakan kalau berenang bisa mengurangi risiko kematian. Dibandingkan dengan orang yang tidak aktif berenang, para perenang memiliki sekitar setengah risiko kematian.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu cara sehat untuk mengendalikan tekanan darah adalah renang. Beberapa penelitian menunjukkan, lebih dari 40 orang mengalami perubahan yang baik dalam hal mengendalikan tekanan darah setelah berenang secara rutin. Berenang bisa meningkatkan kemampuan darah dan bisa mengendalikan tekanan darah.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Dengan rajin berenang akan membantumu tidur lebih nyenyak di malam hari. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Trusted Source, penelitian terhadap orang dewasa yang menderita insomnia, dengan rutin berenang maka kualitas hidup dan tidur mereka meningkat.

Meningkatkan Kualitas Tidur

5. Membakar Kalori

Kalau kamu ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, kamu bisa berenang dengan teratur. Hanya dengan berenang selama setengah jam saja, akan menghabiskan 200-300 kalori dalam tubuh.

6. Merawat Kesehatan Kulit

Berenang secara rutin membuat kulit lebih sehat, lembut, dan terlihat awet muda. Berenang bisa memperbaiki kondisi kulit yang rusak akibat debu dan kotoran yang diserap kulit saat beraktivitas setiap hari. Tapi, jangan lupa ya untuk memakai pelindung tabir surya kalau mau berenang di bawah sinar matahari.

7. Melatih Pernapasan dan Bagus Untuk Penderita Asma

Gerakan pada renang tidak hanya bermanfaat pada otot kaki atau tangan, namun sangat baik untuk paru-paru, jantung, serta diafragma yang bisa membuat pernapasan lebih panjang. Makanya, renang sangat baik untuk para penderita asma agar memperkuat pernapasan mereka. Dengan berenang, kamu bisa meningkatkan kapasitas paru-paru dan bisa mengatur pernapasan.

8. Mengurangi Resiko Arthritis

Arthritis merupakan peradangan menyakitkan pada sendi yang bisa mengakibatkan kekakuan sendi. Salah satu olahraga yang paling dianjurkan untuk mengurangi resiko Arthritis adalah renang. Dengan berenang bisa membantu mengurangi rasa sakit karena menggerakkan seluruh bagian tubuh tapi tidak terlalu memberi beban serta ketegangan pada sendi.

Ketika berenang berat beban akan menjadi ringan dibanding saat tidak berada di air. Sedangkan sebuah studi menunjukkan, dengan berenang, orang-orang dengan osteoarthritis dilaporkan mengalami penurunan rasa nyeri dan kekakuan persendian yang signifikan.

9. Membantu Mengurangi Rasa Sakit

Selain bisa mengurangi resiko terkena arthritis, berenang juga bisa meredakan rasa sakit tertentu. Biasanya, renang dianjurkan untuk orang yang mengalami masalah punggung dan rasa sakit atau pegal. Renang gaya punggung adalah latihan yang sangat bagus untuk memperkuat dan melonggarkan tulang punggung.

Membantu Mengurangi Rasa Sakit

10. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Jika olahraga lain seperti pergi ke gym, hanya akan melenturkan bagian tubuh tertentu. Tapi dengan berenang, semua otot tubuh bergerak dan membantu persendian serta ligamen tetap fleksibel dan longgar.

11. Hidup Lebih Lama

Sebuah penelitian dari South Carolina menunjukkan, kalau berenang secara teratur membantu orang hidup lebih lama. Dalam studi tersebut, para ilmuwan melakukan penyelidikan terhadap 40.547 pria di berbagai usia dari 20 hingga 90, selama 32 tahun penuh. Temuan menunjukkan bahwa orang yang berenang menurunkan tingkat kematian hingga 50% daripada pejalan kaki, pelari atau orang lain tanpa latihan.

12. Meninggikan Badan

Berenang bisa menjadi cara alami untuk menambah tinggi badan. Apalagi kalau kamu ingin memiliki kaki yang panjang dan jenjang. Maka dengan melakukan renang dengan rutin dapat menjadi solusi yang terbaik. Gerakan pada renang akan bermanfaat untuk menguatkan otot dan tulang dan dapat mendukung hormon untuk membuat badan menjadi lebih tinggi.

13. Melatih Keseimbangan Tubuh

Manfaat renang tidak hanya melatih otot tubuh, tapi juga bisa melatih keseimbangan pada tubuh. Cara melatih keseimbangan tubuh yaitu dengan berlatih mengambang di atas air. Agar bisa mengambang, kamu perlu mengatur titik berat pada tubuh agar bisa mengambang dengan benar dan baik.

14. Menurunkan Resiko Diabetes

Karena berenang bisa membakar kalori, maka otomatis bisa menurunkan resiko terkena diabetes. Cukup dengan berenang 3 kali dalam seminggu selama 30 menit, akan bermanfaat untuk membakar 900 kalori tubuh. Tapi yang perlu diingat, usahakan berenang dengan gerakan yang benar dan baik agar manfaat ini bisa dirasakan.

15. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Saat hamil, dibutuhkan daya tahan tubuh yang baik dan kuat supaya proses persalinan nantinya lancar dan sekaligus menjaga kesehatan bayi. Dengan berenang secara rutin bisa membuat kandungan lebih kuat. Yang perlu diperhatikan, jangan sampai mempergunakan otot berlebihan karena akan membuat tubuh mudah lelah.

20 Manfaat Renang – Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

16. Membantu Perkembangan Sistem Motorik Pada Bayi

Tidak hanya baik untuk orang dewasa, renang juga baik dilakukan pada bayi untuk melatih sistem motorik pada tubuh mereka, seperti gerakan kaki dan gerakan tangan. Dengan sistem motorik yang baik, maka akan membuat bayi lebih atraktif dan aktif, serta membantu proses pertumbuhan pada tubuh.

17. Olahraga Yang Terjangkau

Kamu tidak harus punya kolam renang di rumah untuk mendapatkan manfaat renang bagi tubuh. Banyak sekali fasilitas kolam renang umum yang bisa menjadi pilihan. Biaya masuk kolam renang yang terbuka untuk umum pun tergolong tidak terlalu mahal. Jadi, kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Manfaat Renang Untuk Kesehatan Mental

Selain bagus untuk kesehatan seluruh tubuh, berenang juga bermanfaat untuk kesehatan mental kamu. Berikut ini adalah manfaat renang untuk kesehatan mental.

1. Mengurangi Stress dan Menenangkan Pikiran

Berenang secara rutin bisa mengurangi tingkat stres, mengurangi depresi, hingga memperbaiki pola tidur. Menurut sebuah survei, 74% orang merasa tekanan hidup dalam pikirannya berkurang ketika sedang berenang. Ketika berenang, kamu akan merasakan ketenangan, pikiran menjadi lebih jernih, dan sejenak melupakan masalah yang membebani pikiran.

2. Meningkatkan Suasana Hati atau Mood

Para peneliti mengevaluasi sekelompok penderita demensia dan melihat peningkatan suasana hati mereka setelah berpartisipasi dalam program renang selama 12 minggu. Berenang dan olahraga air lainnya tidak hanya bermanfaat secara psikologis bagi penderita demensia, tapi juga terbukti bisa meningkatkan mood menjadi lebih baik.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Dengan berenang, memungkinkan lebih banyak oksigen mengalir ke otot dan memaksa kamu untuk mengatur pernapasan. Oleh karena itu, hal ini bisa meningkatkan fungsi otak melalui proses yang dikenal sebagai hippocampal neurogenesis, di mana otak akan menggantikan sel-sel yang hilang akibat stres.