12 Peraturan Bola Basket – Terbaru dan Lengkap

Salah satu olahraga paling favorit adalah bola basket. Bermain bola basket bukan hanya sekedar memasukkan bola ke ring lawan, tapi ada peraturan bola basket yang harus diikuti. Apalagi, kalau kamu berniat menjadi pemain profesional.  

Paham peraturan bola basket tentu sangatlah penting mulai dari aturan perlengkapan, fasilitas, sampai aturan saat bermain. Sebenarnya, ada banyak sekali aspek yang perlu diatur dalam permainan bola basket untuk menjamin pertandingan berlangsung sesuai aturan dan disertai kejujuran dalam permainan.

12 Peraturan Bola Basket

Akhirnya, FIBA (Federasi Basket Internasional) membuat aturan-aturan dalam permainan basket. Peraturan bola basket tidak hanya tentang bagaimana cara bermain yang benar dan salah, tapi juga aturan tentang lapangan, bola basket, dan perlengkapan yang mendukung permainan. Selain peraturan, ada baiknya kamu juga tahu teknik dasar bola basket lengkap. Nah langsung saja nih guys, berikut ini adalah peraturan bola basket terbaru dan lengkap.

1. Ukuran Lapangan Bola Basket

Dalam standar NBA dan FIBA, ukuran lapangan bola basket dibagi menjadi 2 panjang dan lebarnya. Lapangan bola basket berbentuk persegi panjang dengan ukuran sebagai berikut:

  • Menurut FIBA, panjang lapangan 26 meter dan lebar 14 meter
  • Menurut NBA, panjang lapangan 28,5 meter dan lebarnya 15 meter
  • Garis tengah lingkaran di tengah lapangan 3,6 meter
  • Tinggi ring basket 2,75 meter
  • Diameter ring basket 0,45 meter
  • Ukuran papan pantul panjang x lebar: 1,80 x 1,20 m

2. Ukuran Bola Basket

Dalam pertandingan basket yang resmi, bola basket juga tidak boleh sembarangan dalam masalah ukurannya. Ukuran bola basket untuk pertandingan sah yaitu keliling bola tidak kurang dari 75 cm dan tidak lebih dari 78 cm. Beratnya juga tidak kurang dari 600 gram dan tidak lebih dari 650 gram.

Bahkan hingga pantulan juga dilihat secara teliti lho guys. Pantulan bola dibilang sah jika pantulan ke atas setinggi 1,2 hingga 1,4 meter dan dapat dijatuhkan dari ketinggian 1,8 meter.

3. Jumlah Pemain

Pemain basket terdiri dari 2 tim dan masing-masing tim harus terdiri dari 12 orang anggota. Tapi yang 12 orang pemain bukanlah jumlah pemain yang bertanding, melainkan secara keseluruhan saja. Untuk pemain yang bertanding di lapangan harus 5 pemain, sisanya 7 pemain sebagai cadangan. Makanya total pemain yang harus ada di lapangan saat bertanding yaitu 10 orang total dari 2 tim.

4. Waktu Permainan

Dalam sebuah permainan bola basket ada 4 kuartal atau 4 babak pertandingan. Masing-masing babak memiliki durasi 10 menit. Makanya, dalam suatu pertandingan basket berlangsung selama 4×10 = 40 menit untuk waktu bermain dan 10 menit untuk jeda istirahat antar babak.

Tapi jika sampai akhir pertandingan score kedua tim imbang, maka akan ada 2 babak tambahan yang akan dilangsungkan selama 10 menit setiap babak dan 2 menit sebagai waktu jeda antar babak.

5. Jumlah Wasit

Dalam permainan bola basket, ada 2 orang wasit yaitu wasit utama (refereee) dan umpire atau pengadil. Jalannya pertandingan di bawah pengawasan dan pimpinan wasit.

Tugas utama wasit (referee) yaitu untuk mengambil keputusan secara penuh dan mutlak atas sebuah permainan. Sedangkan tugas utama umpire (pengadil) yaitu sebagai asisten wasit utama dalam pembuatan keputusan apabila pelanggaran terjadi.

12 Peraturan Bola Basket - Terbaru dan Lengkap

6. Perlengkapan Pertandingan

Perlengkapan yang dipakai saat pertandingan juga ada aturannya. Ada sejumlah perlengkapan wajib yang memang aturannya harus ada dalam setiap kompetisi bola basket. Perlengkapan wajib yaitu jam pertandingan, lapisan pengaman tiang papan pantul, scoresheet, stopwatch khusus yang berfungsi sebagai pengawas waktu time-out, jam twenty four seconds, serta juga pencahayaan yang memadai.

7. Seragam Pertandingan

Seragam yang digunakan harus berbeda dengan warna yang dimiliki lawan. Seragam juga harus mempunyai nomor punggung yang ukurannya juga sudah ditentukan. Untuk nomor pemain yang berada di depan, tingginya adalah 10 cm sedangkan lebarnya 2 cm. Sedangkan untuk nomor yang dibelakang ukurannya juga sama yaitu 10 cm tinggi.

Antar pemain tak boleh ada yang sama nomor punggungnya dan ini adalah hal yang juga wajib. Seragam lengkap yang harus dipakai oleh para pemain yaitu kaos, celana pendek, dan juga kaos kaki. Bukan hanya itu, dalam pemakaian kaos pun harus dimasukkan ke dalam celana.

8. Aksesoris Tambahan

Sedangkan aturan aksesoris untuk pemain contohnya dekker yang berfungsi sebagai pelindung area tubuh atau handband maksimal berukuran 5cm. Pemain dilarang menggunakan aksesoris seperti anting, cincin, kalung, dan perhiasan lain selama bertanding agar pertandingan berjalan aman tanpa risiko terjadi kecelakaan akibat aksesoris tambahan pemain.

9. Peraturan Pemain Saat Bertanding

Tidak semua pemain bola basket bisa ikut bertanding. Yang bisa ikut bertanding harus pemain resmi yang sebelumnya sudah terdaftar untuk bertanding.

Sebelum pertandingan dimulai dan masuk pada scoresheet, nama pemain yang memang diajukan untuk ikut bertanding harus telah terdaftar. Ada juga pemain yang tidak bisa dikembalikan dalam daftar skor yaitu pemain yang mendapatkan ganjaran diskualifikasi.

10. Aturan Waktu Kedatangan

Dalam bola basket, waktu kedatangan juga diatur agar pertandingan berjalan lancar. Para pemain disarankan harus sudah hadir 30 menit sebelum pertandingan dimulai.

12 Peraturan Bola Basket - Terbaru dan Lengkap

11. Pelanggaran (Foul)

Pelanggaran dalam bola basket juga penting untuk dipahami agar kamu lebih waspada dan bisa menghindarkan diri dari melakukan pelanggaran ini. Berikut ini adalah pelanggaran dalam bola basket yang perlu diperhatikan:

  • Touching. Menyentuh tangan pemain dari tim musuh yang akan melakukan tembakan ke ring tim.
  • Pushing. Mendorong pemain lawan yang akan melakukan tembakan ke ring tim kamu secara sengaja.
  • Jumping. Lompatan yang dilakukan oleh seorang pemain dengan posisi seperti hendak menembak tapi justru malah tidak jadi.
  • Traveling. Membawa bola tanpa menggiring atau mendribble ketika bergerak lebih dari 3 langkah.
  • Technical Foul. Melakukan pelanggaran terhadap aturan yang sudah ditetapkan dalam pertandingan bola basket seperti protes terhadap keputusan wasit.
  • Unsportmanslike Foul. Pelanggaran keras seperti berniat mencederai pemain lawan yang akan membuat pemain menerima sanksi dari kompetisi .
  • Defensive Foul. Pelanggaran yang biasanya pemain tim lawan lakukan ketika kita sedang defense atau melakukan pertahanan.
  • Personal Foul. Pelanggaran ini dilakukan oleh seorang pemain dalam suatu tim di mana pemain tersebut diberi toleransi pelanggaran hanya sampai 4 kali. Tetapi jika sampai 5 kali, ia akan ditindak oleh wasit serta di-diskualifikasi.
  • Offensive Foul. Pelanggaran yang kali ini pada dasarnya seringkali dilakukan oleh tim lawan saat tim kita sedang melakukan serangan.
  • Team Foul. Wasit akan memberi izin untuk suatu tim berupa tembakan bebas saat tim musuh dinyatakan sudah melakukan pelanggaran sebanyak 5 kali atau lebih.
  • Double Dribble. Menggiring bola yang telah dipegang menggunakan kedua tangan pasca mendribble.
  • Foul out. Pelanggaran yang sudah ke-5 kalinya oleh seorang pemain dan  mengakibatkan pemain tidak lagi diizinkan bermain di dalam lapangan.
  • 3 Second Violation. Pelanggaran oleh seorang pemain menyerang dan tak menembak bebas setelah 3 detik berlalu.
  • 8 Second Violation atau 10 Second Violation. Pelanggaran oleh pemain saat menyerang sambil dan memegang bola tetapi tidak menembak atau mengoper selama 8 atau 10 detik lebih.
  • 24 Second Violation atau 30 Second Violation. Ketika pemain tim sedang menyerang dan tidak melakukan tembakan ke ring setelah 24 atau 30 detik berlalu.
  • Back Ball atau Back Court. Pelanggaran ketika suatu pemain sedang menggiring bola dan sudah melewati area timnya, tetapi dia mengoper atau menggiring ke areanya lagi.

12. Peraturan Bola

Untuk peraturan bola basket terakhir yaitu peraturan tentang bolanya. Berikut ini adalah beberapa peraturan mengenai bola:

  • Pemain dilarang keras untuk berlari sambil memegang bola karena wajib melemparkan dari titik tempat menerima bola. Namun boleh juga bila pemain hendak berlari di kecepatan biasa
  • Pemain bisa melemparkan bola ke segala arah memakai kedua tangan atau salah satu saja tapi dilarang yntuk meninju bola
  • Pemain diharuskan untuk memegang bola di antara telapak tangan
  • Gol bisa dianggap sah kalau bola yang suatu pemain lemparkan dari lapangan masuk ke dalam ring
  • Tim yang sukses memasukkan bola ke ring paling banyak ke lawannyalah yang diumumkan menjadi pemenang dalam pertandingan