Senam Zumba – Penjelasan Lengkap dan Manfaatnya

Sekarang, senam Zumba di Indonesia semakin banyak diminati. Hampir di semua tempat latihan senam dan fitness atau Gym mengadakan senam ini. Zumba sendiri adalah olahraga yang sejenis senam Aerobik yang menggabungkan tarian dan gerakan kebugaran.

Senam Zumba - Penjelasan Lengkap dan Manfaatnya

Senam Zumba terinspirasi oleh tarian dan musik latin dan menggunakan berbagai gerakan termasuk Cumbia, Merengue, Salsa, Reggaeton, Mambo, Rumba, Flamenco, dan Hip Hop.

Zumba banyak digemari karena memiliki banyak keunggulan seperti membakar kalori dan mengencangkan otot dengan cepat. Ditambah lagi, jenis musik yang digunakan bernada ceria dan menyenangkan.

Sejarah Senam Zumba

Sebenarnya, senam Zumba pertama kali diciptakan dengan tanpa sengaja pada tahun 2001 oleh Alberto Perez yang berasal dari Columbia, Amerika Selatan. Alberto sendiri adalah seorang instruktur aerobik. Pada saat itu, Alberto yang akan mengajar senam aerobik ternyata lupa membawa CD senam Aerobik yang biasa digunakan.

Alberto Perez

Kemudian, Alberto berinisiatif mengambil semua CD yang ada di mobilnya yang bergenre latin, salsa, meringue, rumba, hingga reggaeton. Dia pun mencoba membuat gerakan senam yang yang dicampur dengan gerakan tarian latin ke dalam kelas aerobik tersebut.

Dan setelah kelas berakhir, ternyata dia mendapat respon positif dan para muridnya sangat menyukai gerakan-gerakan baru itu. Sejak saat itulah Zumba akhirnya tercipta. Kemudian Alberto mematenkan kelas zumba pada tahun 2001. Kata “Zumba” sendiri diambil dari bahasa Columbia “Zum-zum” yang artinya adalah “Gerak Cepat”.

Kemudian pada tahun 2002, Alberto bekerja sama dengan pengusaha dan mulai menjual DVD senam dengan musik Latin yang mereka namakan Zumba. Bahkan sampai sekarang, Zumba sudah berkembang dengan sangat pesat keseluruh belahan dunia.

Zumba mulai populer tahun 2003 di Amerika dan dibawa ke Indonesia pada tahun 2009. namun mulai diminati oleh masyarakat Indonesia baru sejak awal tahun 2012.

Gerakan Senam Zumba

Gerakan Zumba memang terkesan santai dan menyenangkan seperti menari, tapi tidak dilakukan secara asal. Gerakannya terdiri dari 70% dansa dan 30% fitness serta dirancang untuk dilakukan berulang kali dengan menggerakkan sebagian besar otot tubuh. Makanya, Zumba sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Gerakan Senam Zumba

Selain itu, gerakan Zumba juga dirancang sedemikian rupa agar mudah dipraktikkan oleh orang dengan berbagai usia, tingkat kebugaran, dan kemampuan. Saat melakukan Zumba, kamu akan langsung disuruh mengikuti gerakan instruktur. Ingat ya, sebelum memulai zumba jangan lupa pemanasan terlebih dulu.

Semua gerakan dalam tarian Zumba dilakukan dengan cepat dan bertenaga sehingga menimbulkan kontraksi serta tarikan otot. Gerakan Zumba memang perpaduan tarian latin, tapi gerakan paling banyak adalah kardio seperti meloncat, berputar, bergerak cepat dan lainnya. Gerakannya juga lebih terfokus pada pinggul, pinggang, dan kaki sehingga bagus untuk pembentukan postur dan lekuk tubuh.

Manfaat Senam Zumba

Dengan banyaknya variasi zumba yang tersedia, ada banyak manfaat Zumba yang bisa kamu dapatkan. Manfaat senam Zumba untuk kesehatan antara lain:

1. Menurunkan Berat Badan

Jenis olahraga apapun memang bisa menurunkan berat badan. Tapi Zumba terkenal lebih efektif menurunkan berat badan karena menggerakkan seluruh tubuh dan dilakukan dalam durasi yang lumayan lama. Jangan lupa ya imbangi juga dengan pola makan yang sehat.

2. Membakar Kalori

Ketika berlatih zumba, seseorang akan mengeluarkan keringat lebih banyak. Hal ini menandakan pembakaran kalori terjadi lebih banyak. Makanya selain bisa menurunkan berat badan, kalori dalam tubuh pasti terbakar. Dengan melakukan senam Zumba selama 60 menit, bisa membakar sekitar 450 kalori.

3. Membentuk Tubuh Lebih Ideal

Zumba juga cocok buat kamu yang mau memiliki lekuk tubuh indah dan ideal. Perpaduan berbagai gerakan mulai dari hip-hop, cha-cha, salsa, hingga tari perut, bisa membentuk tubuhmu menjadi lebih ideal.

Manfaat Senam Zumba

4. Tampil Lebih Percaya Diri

Dengan memiliki lekuk tubuh yang lebih ideal dan bagus, tentu akan menambah rasa percaya dirimu. Kamu tidak akan lagi memiliki timbunan lemak di perut dan bisa memkaia segala jenis pakaian dan tampil cantik.

5. Menjaga Kesehatan Otot dan Tulang

Seperti yang sudah kita tahu, Zumba dilakukan dengan menggerakkan hampir semua otot tubuh. Oleh karena itu, aliran darah dan suplai oksigen ke otot akan lebih lancar dan membantu otot terhindar dari asam laktat. selain menjaga kesehatan otot, Zumba juga bisa melatih tulang dan sendi jadi lebih sehat.

6. Meningkatkan Stamina

Dengan rajin berolahraga termasuk Zumba, maka kamu akan merasa lebih sehat dari sebelumnya dan tentu stamina tubuh meningkat. Hal ini disebabkan pertukaran darah kotor dalam tubuh segera cepat tergantikan dengan darah bersih sehingga sel-sel juga lebih sehat. Selain itu juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

7. Membuat Pikiran Lebih Jernih dan Tajam

Ketiak melakukan Zumba, otot jantung memompa darah ke seluruh tubuh dan melakukan pertukaran darah dari seluruh tubuh kembali ke jantung lebih cepat. Akibatnya peredaran darah di otak lebih cepat dan asupan oksigen ke otak juga lebih banyak karena darah bersih yang dari jantung membawa oksigen. Sehingga pikiran kita lebih jernih dan tajam.

8. Menurunkan Stres dan Penat

Selain menyehatkan otak, Zumba juga bisa mengatasi stres dan penat. Hal ini dikarenakan, lagu yang digunakan penuh semangat dan menyenangkan. Dengan diiringi musik upbeat, tentu dapat membuat mood menjadi lebih baik dan lebih bersemangat.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

gerakan zumb amampu meningkatkan kerja jantung. Selain itu, zumba juga bisa memperlancar peredaran darah sehingga kolesterol jahat tidak menumpuk dalam pembuluh darah.

10. Mengencangkan Payudara

Manfaat terkahir Zumba yaitu bisa mengencangkan payudara. karena gerakan zumba mengharuskan setiap orang aktif bergerak, maka tubuh menjadi lebih tegak. Makanya kalau rutin melakukan olahraga ini bisa membuat payudara tampak kencang dan tak kendur.